GREEN CHOCO BREAD PUDDING


Sebenarnya gak yakin juga posting ini di blog, penampilannya berantakan banget, fotonya juga kacau, tapi gpp ya tetap tampil di blog aku, soalnya rasanya enak sih hihihihi. Udah lama banget pengen bread pudding, semakin mupeng liat postingan teman-teman. Akhirnya diniatin deh bikin bread pudding. Kebetulan punya roti tawar pandan, jadi terpikir bikin bread pudding pandan seperti yang ada di Pawonomah. Bahan-bahan lainnya udah lengkap kecuali susu cair, yup berangkatlah aku ke supermarket untuk beli susu UHT.
Sampai rumah, segera deh sibuk di dapur,dimulai dengan memotong-motong roti tawar, menyiapkan bahan-bahan lainnya dan mulai memanaskan oven. Saat akan mencampur susu dengan telur dan gula, kaget bukan kepalang...susu yang keluar warnanya coklat. Alamaaak tepok jidat. Ternyata aku salah ambil, yang kubeli ternyata susu coklat. Huhuhuhu.... Kebetulan aku niat pakai susu UHT low fat, kuambillah yang kemasan warna putih dengan hanya memeriksa tangga kadaluarsanya aja, tanpa menyadari kalau itu sebenarnya susu coklat. Parah pisan euy.

Tapi ya udah lah gpp, nekad aja tetap dibikin bread pudding,, walau udah kebayang bagaimana berantakannya penampilan bread pudding-ku nanti kalau udah jadi hiiiks.
Resep yang kupakai sama seperti dengan resep yang dulu pernah kupakai, bisa klik disini, yaitu resep yang berasal dari dapurnya  Teh Ricke Indriani.  Kutuliskan kembali ya

 GREEN CHOCO BREAD PUDDING

Bahan:

8 lembar roti tawar pandan, potong-potong (aku memotong menjadi 4 bagian)
400 ml susu cair (aku pakai susu coklat)
100 ml whipcream cair
80-100 gr gula kastor (tergantung selera manisnya ya)
50 gr margarin, lelehkan
3 telur utuh
3 kuning telur
1 sdt vanilla

Isian dan topping
kismis
keju cheddar parut
DCC serut
chocochips

Cara Membuat:
Siapkan pinggan tahan panas atau alufoil cup, olesi permukaannya dengan margarin, sisihkan.
Kocok lepas semua telur, campurkan dengan susu cair, whipcream, gula kastor dan vanilla, aduk rata menggunakan whisk hingga gula larut.
Tambahkan margarin leleh, aduk rata
Tata sebagian roti di dasar pinggan, tuang 1/3 bagian campuran susu, biarkan meresap.
Taburi dengan keju parut, chocochips, DCC serut dan kismis.
Tata kembali sisa roti, tuang 1/3 bagian campuran susu, biarkan meresap kembali.
Tuang sisa campuran susu, taburi kembali permukaannya dengan kismis, DCC serut, chocochips dan keju parut.
Panggang au bain marie (steam bake) selama kurang lebih 45-60 menit hingga matang.
Angkat dan sajikan hangat

Walaupun bread pudding ini termasuk dalam golongan hot dessert, tapi enak juga kok dinikmati dingin-dingin. Untuk roti tawarnya kalau kurang suka yang memakai kulit, boleh aja memakai yang tanpa kulit. Kalau aku sih suka yang memakai kulit, karena nanti akan ada sensasi crunchy-nya hehehehe. Semua kembali kepada selera masing-masing ya.
Jujur aja, sebenarnya udah bete aja liat penampilan bread pudding yang berantakan ini, gak ada cantik-cantiknya karena tragedi pake susu coklat tadi. Makanya foto-fotonya pun asal jepret aja, sekali jepret jadi. eh...ternyata setelah dicobain, rasanya tak seburuk rupanya lho. Beneran deh..enak juga. 

Selain di alufoil cup, aku juga buat di pinggan tahan panas dan penampilannya tidak kalah berantakannya hehehehe


Hiiiks.berantakan banget ya, tapi please don't judge book by its cover ya *halaaah bosone*

Dan ini foto tekstur bagian dalamnya, fotonya ngeblur banget deh :(


Daaan..karena hasilnya berantakan gini, adanya masih penasaran ama bread pudding. Next week bikin lagi yuk ^_^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==