FUYUNGHAY AYAM


Menu Chinese food yang satu ini sangat populer dimana-mana. Selain karena rasanya yang enak, disebabkan juga karena banyaknya keturunan Cina yang bermukim di seluruh penjuru dunia. Tak heran kalau Chinese food menjadi makanan yang populer. 

Fuyunghay dikenal juga dengan nama Chinese Omelet atau telur dadar gaya Cina, padahal pembuatannya bukan dengan didadar lho, tapi digoreng. Fuyunghay selalu dipadukan dengan saus asam manis yang segar. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya rasa gurih dari telur goreng yang dipadukan dengan saus asam manis. Fuyunghay bisa diisi dengan berbagai macam isian, dengan isian utama berupa daging. Bisa berupa daging ikan, kepiting, udang atau ayam. Isi lainnya bisa berupa sayuran, misalnya wortel, kol ataupun tauge, bahkan sekarang cukup populer isian fuyunghay yang berupa tahu. Semua kembali pada selera masing-masing ya.

Saat liburan tahun baru di Surabaya kemarin, sempat menikmati fuyunghay yang menurutku istimewa. Yang bikin istimewa yaitu sausnya yang enaaak banget, beda dengan saus asam manis biasa. Penasaran banget, akhirnya tadi siang bikin deh. Sausnya lumayan sih, not bad..walau masih kalah dengan saus fuyunghay resto Nusantara di Surabaya heuheuheu...

Seperti biasa, kalau masak suka asal cemplung aja, tapi kurang lebih resepnya sebagai berikut ya

FUYUNGHAY AYAM

Bahan:
3 butir telur kocok lepas
100 gr fillet ayam cincang kasar
2 siung bawang  putih cincang kasar
1,5 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
1 buah wortel, iris tipis memanjang
kol secukupnya, iris kasar
1 daun bawang iris halus
2 sdm tepung sagu
minyak untuk menggoreng dan menumis

Bahan Saus:
1/2 bawang bombay iris halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang kasar
3 buah tomat
1 buah wortel potong tipis memanjang
1 buah nanas potong-potong
5 sdm saus tomat
1 sdm saus inggris
1 sdm saus tiram
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
3 sdm gula pasir (sesuai selera ya)
1 daun bawang potong-potong
350 ml air
1 sdm tepung sagu larutkan dengan sedikit air
minyak goreng utk menumis

Cara Membuat Fuyunghay:
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan ayam, dan aduk hingga berubah warna.
Bumbui dengan 1 sdt garam, merica dan gula pasir. Angkat dan sisihkan.
Campurkan wortel dan kol dalam telur kocok lepas, tambahkan tumisan ayam. Bumbui dengan 1/2 sdt garam, aduk hingga merata.
Masukkan tepung sagu, aduk rata.
Panaskan minyak secukupnya, goreng fuyunghay hingga kering dan matang. Bisa digoreng dalam beberapa kali gorengan ya.
Angkat dan tiriskan

Cara Membuat Saus:
Rebus tomat dalam air hingga mendidih, angkat dan buang bijinya kemudian blender hingga lembut.
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
Tambahkan wortel, tumis sebentar hingga agak layu.
Masukkan air tomat, masak hingga mendidih, tambahkan saus tomat, saus inggris, saus tiram, garam, merica dan gula pasir. Masak hingga mendidih kembali.
Masukkan larutan tepung sagu, masak hingga meletup-letup.
Tambahkan nanas, test rasa kembali.
Masukkan daun bawang, aduk sebentar.
Angkat

Penyelesaian:
Tata fuyunghay di atas piring saji.
Panas-panas tuangkan sausnya secara perlahan di atas fuyunghay.
Siap disajikan

Minyak yang digunakan untuk menggoreng fuyunghay jangan terlalu banyak ya, agar telur tidak banyak menyerap minyak. Tapi tentu berbeda dengan kita membuat telur dadar yang hanya menggunakan minyak sedikit saja. Sebenarnya saus asam manis fuyunghay akan lebih lengkap bila ditambahkan kacang polong, penampilannya pun akan semakin cantik deh. Sayangnya aku gak punya kacang polong, ya seadanya aja deh.
Dinikmati dengan nasi hangat enaaak, langsung disantap tanpa nasi juga oke rasanya.
Selamat mencoba, semoga cocok ya. Happy cooking


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==