AYAM SAUS KARAMEL


Haiii...lagi-lagi postingan tentang daily menu ayam. Menu ayam lagi...jangan pada bosen ya, soalnya emang anak-anak suka makan menu ayam dan juga berbagai macam variasi menu bisa didapatkan ketika kita mengolah ayam. Salah satunya adalah ayam goreng saus karamel ini. Resep aslinya adalah Ayam Goreng Karamel Pedas  milik teh Ricke Indriani. Makasih share-nya ya Bunda...Jelas enaknya kan. Tapi tentunya dimodif lagi sesuai selera keluarga. Aku bikinnya gak pedas, karena untuk menu anak-anakku dan juga menjadikan karamelnya sebagai saus. Hmmm...yummy deh. 

Bikinnya simple banget dan juga cepat.
Ini adalah resepnya ya...

AYAM SAUS KARAMEL

Bahan:

500 gr ayam
1 sdt air jeruk nipis
1/4 sdt garam
2 siung bawang putih
1 ruas jahe iris korek api
1 sdt cabe merah giling (skip)
2 sdm gula (bisa dikurangi atau ditambah ya)
1 sdm saus tomat (asllinya saus cabe)
1 sdm madu
1 sdt kecap
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
125 ml air (aslinya gak pake)

Cara Membuat:
Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sejenak.
Panaskan minyak dan goreng ayam hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Tumis bawang putih dan jahe, masukkan gula dan biarkan sampai berkaramel.
Masukkan ayam, aduk hingga rata dan ayam terbalut karamel.
Tambahkan air, masukkan madu, kecap, garam dan merica. Masak hingga mendidih dan air agak menyusut.
Test rasa, angkat apabila rasanya dirasa sudah pas.
Siap dihidangkan.

Mudah ya membuatnya, anak-anak pun suka. Saus karamelnya enak banget, pas manisnya dan cocok banget dihidangkan dengan nasi hangat. Yuks dicoba :)
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==