SUS WARNA-WARNI

Libur tlah tibaaa...horeeee. Masih belum ada kesempatan berlibur ke luar kota, tapi anak-anak tetap aja seneng. Feel free...gak ada PR, gak ada les dan libur belajar. It's time to play kids. Tadi siang, rumahku rame banget, ada ponakan dan teman-teman anakku. Bikin snack apa ya buat mereka?? Yang pasti bukan cake, karena mereka suka yang ringan-ringan aja dan bunda-nya juga yang gak repot bikinnya. Langsung aja inget kalau anak-anak suka sus. Jadi..singsingkan lengan, umek di dapur sebentar dan taraaa...jadilah snack buat mereka.


Sus-nya colourfull karena memang dibuat khusus untuk anak-anak, biar mereka tambah senang ya. Untuk fillingnya, aku memakai vla napoleon. Baru kali ini nyobain vla napoleon, enak juga...beda dengan vla vanilla biasa karena ada pemakaian whipcream-nya. 

Resep sus, pastinya udah pada tau kan? Sudah beberapa kali juga diposting disini, tapi gak ada salahnya ya, ditulis kembali.


SUS WARNA-WARNI

Bahan:
200 ml air
100 gr margarin
120 gr terigu protein tinggi (bisa juga kok pake all purpouse)
3 butir telur ukuran sedang
1/4 sdt baking powder
1/2 sdt  pasta pandan
1/2 sdt pasta jeruk
1/2 sdt pasta strawberry

Filling :
Vla Napoleon

Cara Membuat:
Campur terigu dan baking powder, aduk rata, sisihkan
Masak margarin dan air hingga mendidih dan margarin larut (gunakan api kecil aja ya)
Masukkan terigu, aduk hingga kalis dan adonan menjauh dari pinggir panci, angkat dan biarkan hingga dingin
Setelah hangat atau dingin, masukkan telur satu per satu, kocok hingga tercampur rata
Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri masing-masing dengan pasta pandan, pasta jeruk dan pasta strawberry. Aduk hingga tercampur rata dan masukkan ke dalam 3 piping bag yang telah diberi spuit
Spuitkan melingkar ke atas di loyang yang telah dipoles tipis margarin
Oven dengan suhu 200'C selama kurang lebih 30 menit (tergantung masing-masing oven ya). Apabila sudah terlihat busa di sus, api bisa sedikit dikecilkan. Jangan sesekali membuka oven sebelum sus matang ya
Setelah matang, angkat dan letakkan di rak kawat, dinginkan
Setelah dingin, gunting bagian kulit sus (jangan sampai terputus ya), siap untuk diisikan filling


Untuk Vla Napoleon , memakai resep dari NCC, tapi tadi cuma bikin 1/2 resep aja ya. Here the recipe

VLA NAPOLEON

Bahan:
400 ml susu segar
50 gr gula pasir (aslinya 1/2 resep memakai 100 gr)
2 kuning telur
50 gr maizena
50 ml whipcream cair
1 sdt vanilla 
1 sdm mentega tawar

Cara Membuat:
Larutkan maizena dengan sedikit susu, aduk hingga rata sisihkan
Kocok lepas kuning telur dan campurkan dengan sedikit susu, sisihkan.
Didihkan susu dengan gula, sambil terus diaduk, masukkan larutan maizena, didihkan kembali dengan api kecil.
Ambil 1 sendok sayur campuran susu, tuang ke dalam larutan susu+telur, aduk cepat dan masukkan kembali ke campuran susu, aduk cepat kembali hingga mendidih.
Masukkan whipcream, aduk hingga rata, masukkan vanilla, aduk dan matikan api
Masukkan mentega tawar, aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata, permukaan vla akan menjadi mengkilat.
Dinginkan dan masukkan ke dalam piping bag, siap untuk diisikan ke dalam sus

Naah...sus-nya beraneka ragam bentuknya ya, maklum anak-anak semangat banget untuk bantuin spuit adonan sus-nya ke loyang. Mereka seneng banget dan tentunya tambah semangat makannya karena tadi udah bantuin buat. Karena kehabisan piping bag, tadi untuk memasukkan vla cukup memakai sendok aja. Lumayan hasilnya...lumayan berantakan maksudnya hihihihihi.

So...Happy Holiday yaaaa




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar