MARTABAK MANIS KEJU


Udah lama banget pengen bikin martabak manis, tapi selalu aja ada alasan...gak punya cetakannya huhuhuhu. Padahal itu bukan alasan ya, karena bisa kok bikin pakai teflon. Ya emang pemalas aja sih ^_^. Naaah..beberapa waktu yang lalu, Mbak Ayu Handayani, salah 1 teman FB posting martabak manis yang pakai teflon aja. Langsung deh kenangan lama untuk bisa bikin martabak manis, muncul kembali (halaaah). Apalagi resepnya terlihat simple banget. Tadi pagi-pagi, mulai deh aduk-aduk bahan dan cepet lho, udah bisa dinikmati untuk sarapan. Sebenarnya pengen yang nyoklat dengan taburan kacang cincang, tapi ternyata lagi gak punya meises. Ya wis pakai keju aja.

Berikut ini resepnya yang kucontek dari mbak Ayu Handayani ya...

MARTABAK MANIS KEJU

Bahan :
250 gr terigu segitiga
350 ml susu
2 sdm gula
2 butir telur kocok lepas
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1 sdt ragi instan

Filling:
keju cheddar parut
SKM
bisa juga pakai meises, kacang cincang (suka-suka aja ya)

Cara Membuat:
Campur terigu bersama gula, baking powder, ragi instan.
Tuang susu sedikit demi sedikit, aduk hingga rata
Masukkan telur, aduk rata dan tambahkan garam
Diamkan 30 menit, tutup dengan serbet bersih
Siapkan teflon, oles tipis dengan margarin dan panaskan sebentar
Tuang adonan ke dalam teflon, tunggu hingga mulai berlubang.
Setelah lubang-lubangnya mulai banyak, tutup dan biarkan hingga matang
Setelah matang, angkat dan oles dengan margarin, taburi keju cheddar parut dan beri SKM
Potong martabak menjadi 2 bagian dan tumpuk
Siap dinikmati

Ahaaa...jadi juga martabak manis-nya, bisa dinikmati untuk sarapan, untuk cemilan di sore hari juga oke. Menurut info, semakin lama adonan didiamkan, hasilnya akan semakin berserat. Tadi aku hanya mendiamkan selama 30 menit, lumayan juga seratnya. Next time mau coba lebih lama mendiamkannya dan diisi filling coklat. Hmmm..yummy...


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==