MAC SCHOTEL WITH BOLOGNESE SAUCE FOR LBT'ERS

Ini adalah potluck yang  kubawa di acara kopdar LBTers Jatim tgl 18 Desember 2011 kemarin. Entah kenapa ketika dibikin daftar potluck, langsung aja nyebutin makutel. Mungkin karena ini kan anti gagal ya dan cukup mudah bikinnya, jadi langsung aja keinget makutel. Dua hari menjelang hari H, putriku sakit...aduuuh..sedih banget rasanya, apalagi ketika itu dia belum selesai menjalani ujian semester-nya.  Jadi deh bener-bener gak ada persiapan untuk bikin potluck ini. Bahan-bahan yang dipakai ya yang ada di rumah, jadi mohon maaf ya teman-teman LBTers, kalau potluck-ku ini pas-pasan banget baik rasa dan penampilannya T_T


Kali ini bikinnya Makutel dengan saus bolognese...hmmm...ini favorit keluarga di rumah dan semoga saja teman-teman LBTers juga berkenan ya. Ini adalah resep  kupakai ya...

MAC SCHOTEL WITH BOLOGNESE SAUCE

Bahan:
300 gr macaroni, rebus hingga al dente
250 gr daging giling (pakai korned juga boleh)
4 sosis sapi, iris tipis (kalau pakai smoked beef lebih enak lhoo)
100 gr jamur kancing
1/2 bawang bombay iris halus
3 siung bawang putih, geprek dan iris halus
3 sdm tepung terigu
150 gr keju cheddar parut
500 ml susu cair
5 telur kocok lepas
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
margarin untuk menumis

Topping:
Keju mozarella, bisa juga pake keju quick melt atau keju cheddar biasa

Cara Membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombah dan tumis hingga layu.
Masukkan daging giling, aduk hingga daging berubah warna, tambahkan terigu, aduk rata.
Masukkan susu cair, aduk terus hingga mengental kemudian masukkan keju cheddar, sosis dan jamur. Aduk hingga rata.
Bumbui dengan garam dan merica, masukkan macaroni dan aduk hingga rata. Matikan api
Masukkan telur kocok sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata

SAUS BOLOGNESE

Bahan:
5 buah tomat, blender hingga halus
10 sdm saus tomat
200 gr daging giling
100 ml air
2 bawang putih cincang halus
1/2 bawang bombay iris halus
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt oregano
1-2 sdt gula pasir
minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna, kemudian tambahkan tomat, saus tomat dan air, didihkan.
Beri garam, merica bubuk, oregano dan gula, masak hingga kental

Penyelesaian:
Tuang adonan macaroni ke dalam loyang atau alufoil, sisakan space di atasnya kemudian tambahkan saus bolognese.
Oven selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang
Setelah matang, keluarkan dari oven dan taburi atasnya dengan keju cheddar parut atau keju mozarella atau keju quick melt, oven kembali sebentar hanya agar keju meleleh.

Nasib-nya...keju di rumah hanya tinggal 2 kotal, plus 100 gr mozarella. Pas-pasan banget untuk dibikin 2 resep. Jadinya gitu deh...toppingnya melas banget hahahahah. Yang penting sudah bisa silaturahmi dengan teman-teman LBTers yaaaa, walau harus diakui..potluck emang bikin seruuuuu.

close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==