CUMI SAOS PADANG

Cumi lagi cumi lagi....harap maklum ya, ini adalah menu favorit juragan di rumah, jadinya emang sering bikin. Diapain aja suka deh, karena seperti halnya udang, cumi enak dimasak apa aja. Naaah...cumi saos padang ini adalah salah satu variasi menu cumi yang biasa saya buat. Gampang bikinnya dan bahan-bahannya juga gak susah didapat. Padahal berdasarkan hasil ngobrol dengan seorang teman yang asli Padang, sebenarnya di Padang gak ada menu asli bernama 'Saos Padang' ini , apalagi dengan bahan dan bumbu yang sederhana. Tau sendiri kan kalo masakan Padang tuh kaya rasa dengan bumbu-bumbu yang lengkap. Jadi darimana ide nama ini ya? heheheheh 
Mau tau resepnya?? yuk disimak aja ya

CUMI SAOS PADANG

Bahan:
500 gr cumi segar, cuci bersih buang tinta dan kulitnya
3 sdm saos tomat
2 sdm saos sambal
1 sdm saos tiram
1/2 sdt garam
1 sdm gula
1 gelas air
1 sdt air jeruk nipis
minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
7 bawang putih
4 bawang merah
2 cabe merah (bisa ditambah rawit ya kalau mau lebih mantap pedasnya)

Cara Membuat:
Kucuri cumi dengan air jeruk nipis diamkan sejenak, cuci bersih kembali, beri sedikit garam
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan saus tomat, saus sambal dan saus tiram, aduk hingga rata
Tambahkan gula dan garam, masak hingga meletup-letup, tambahkan air dan masak kembali hingga air mendidih
Masukkan cumi, masak hingga cumi matang (jangan terlalu lama ya karena cumi akan menjadi keras)
Aduk hingga bumbu merata menutupi seluruh bagian cumi
Angkat dan sajikan hangat

Kebetulan keluarga saya menyukai saus yang banyak, jadi biasanya saya bikin berkuah dengan menambahkan airnya. Sesuai selera aja ya. Dinikmati bersama nasi hangat...mantap banget lah menu ini
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==