CASSAVA BROWNIES


Akhirnya kesampaian juga dapat tepung mocaf, itu juga berkat Kopdar LBTers kemarin. Makasih ya Fitri udah mau bawain mocaf buat kita-kita. Penasaran banget sejak Ricke Indriani sharing tentang Casava Brownies yang terbuat dari tepung mocaf. Apalagi mbak Yunita juga udah buat, ya wis ikutan buat aja deh.  Untuk yang belum tau tentang tepung Mocaf, berikut saya tuliskan kembali penjelasan dari Mbak Ricke yaa...

MOCAF adalah tepung yang dihasilkan dari singkong yang diproses dengan menggunakan enzim hasil fermentasi bakteri asam laktat ( ragi ) yang mampu memecah sel tepung singkong sehingga tepung yang dihasilkan lebih halus, berwarna cerah dan tidak berbau singkong ( bau singkong diminimalisir hingga 70 % )
Tepung ini berbeda dengan tepung kanji (tapioka starch ) atau tepung singkong biasa. Karakteristiknya mendekati tepung terigu. Namun tepung MOCAF ini tidak mengandung gluten. Bisa menggantikan bahan terigu 100 % atau dicampur pada kue, mie, gorengan, brownies atau kukis. Sedangkan untuk rerotian tepung ini tidak bisa digunakan 100 %, harus dicampur dengan tepung terigu.

Kue-kue berbahan baku MOCAF ini mempunyai ketahanan terhadap dehidrasi yang tinggi, sehingga mampu disimpan dalam 3-4 hari tanpa perubahan tekstur yang berarti.

Karena tepung MOCAF ini tidak mengandung gluten, aman di konsumsi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) karena tidak menyebabkan alergi yang terkadang muncul sebagai akibat mengonsumsi gluten. Gluten dapat menyebabkan penyakit intoleransi terhadap gluten (celiac disease). Namun perlu di perhatikan lebih lanjut apakah anak berkebutuhan khusus ini harus menjalani diet selain gluten seperti diet cokelat, diet cassein, dan lain-lain.


Nah berikut ini resep Casava Brownies-nya ya, kumodif dikit di takaran DCC dan gulanya

CASSAVA BROWNIES

Bahan :
200 gr tepung mocaf
20 gr coklat bubuk
20 gr susu bubuk full cream
1/2 sdt baking powder
225 gr margarin
150 gr DCC
4 butir telur ukuran sedang (kalau ukuran besar bisa pakai 3 butir aja)
1 sdt vanilla
275 gula (aku pakai gula kastor dan gula aren bubuk)

Taburan:
almond/kenari cincang
chocochips

Cara Membuat:
Siapkan loyang (aku pakai 22x22x4cm), poles dengan margarin, alasi kertas roti dengan melebihkan di tiap sisinya, poles kembali dengan margarin, sisihkan
Lelehkan margarin bersama DCC, dinginkan.
Campur dan ayak tepung mocaf, susu bubuk, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan.
Kocok gula dan telur sebentar saja hingga gula larut, bisa juga dengan menggunakan whisk, masukkan campuran DCC dan margarin, masukkan vanilla, aduk hingga rata.
Masukkan campuran tepung, aduk balik hingga rata, do not overmix ya.
Tuang ke dalam loyang, taburi dengan kenari/almond dan juga chocochips.
Panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 40 menit (tergantung masing-masing oven ya) hingga matang
Keluarkan dari oven dan dinginkan. Setelah dingin, angkat brownies dari loyang dan siap dipotong sesuai selera.

Rasanya legit lho dan menurutku lebih lembab dibandingkan brownies yang memakai tepung terigu biasa. Nyam..nyam..nyam..enak deh,gak kalah dengan brownies biasa. Hayuk yang udah nemuin tepung mocaf, casava brownies ini recomended to try ^_^ 



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »