CAKE COKLAT ALASKA

Lagi bengong aja di rumah, kok ya ngelirik ke oven yang duduk manis di sebelah dapur. Duuuh...padahal lagi males banget ngotorin dapur, tapi ya akhirnya malah buka-buka harta karun bahan kue hahahaha. Simple cake ini resepnya didapat dari detikFood.  Saya modifikasi sedikiiit ya sesuai bahan-bahan yang ada di rumah. Membaca cara pembuatannya, mungkin cake ini bisa digolongkan sebagai butter cake karena mentega dan gula dikocok dahulu hingga lembut baru kemudian memasukkan bahan-bahan lainnya seperti terigu, telur dan juga susu atau cairan lain. Yang membuat saya tertarik adalah karena pemisahan kuning dan putih telurnya. Hmmm...pasti tekturnya akan lebih moist dibandingkan butter cake biasa. Daripada penasaran...dicoba deh resepnya dan ternyata benar tekturnya lembut dan ringan. Like it.

Sayangnya bentuk cake saya ini gak cakep ya, mungkin kalau saya menggunakan loyang biasa akan lebih bagus jadinya, kita bisa memotongnya sesuai selera. Kebetulan saya tadi menggunakan loyang muffin. Hal lain yang mengganggu saya adalah karena warnanya kurang gelap ya. Padahal saya sudah mencoba menambahkan pasta BF lho. Gak masalah deh, yang penting enak dan bisa jadi cemilan keluarga.

Here the recipe

CAKE COKLAT ALASKA

Bahan:
175 gr tepung terigu
25 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
2 sdt kopi bubuk instan
100 ml air panas
200 gr mentega
100 gr gula kastor + 60 gr
4 kuning telur
5 putih telur
100 ml susu segar
1 sdm pasta BF (harusnya dengan pasta coffee, tapi saya gak punya)
chocochip dan kenari cincang secukupnya

Cara Membuat:
Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder sisihkan
Larutkan kopi bubuk dalam air panas, sisihkan biarkan dingin
Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula kastor, kocok kembali
Masukkan kuning telur satu persatu, kocok hingga rata, masukkan susu, kocok kembali
Masukkan campuran terigu berselang-seling dengan larutan kopi, diawali dan diakiri oleh campuran tepung, kocok dengan speed rendah hingga rata
Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan 60 gr gula kastor, kocok hingga SOFT PEAK
Tuang 1/3 adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk balik dengan spatula kemudian masukkan kembali campuran tersebut ke dalam adonan tepung (teknik pancing). Aduk balik kembali hingga tercampur sempurna
Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti (saya menggunakan loyang muffin), taburi dengan chocochips dan kenari cincang, oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 25-30 menit. Apabila menggunakan loyang muffin, isi hingga hampir penuh karena adonan akan mengembang selama dioven dan setelah dikeluarkan akan sedikit menyusut. (jangan terlalu penuh ya, karna nanti bisa meleber)
Test tusuk dan angkat apabila sudah matang sempurna

Fresh from the oven langsung diserbu nih...padahal masih panas heheheh. Biar deh penampilannya gak cantik, yang penting disukai. Bagi yang kurang menyukai aroma kopi, bisa diganti dengan full coklat ya. Next time pengen bikin lagi, moga bisa jadi yang lebih cantik.

Ini gambar tekstur dalamnya...beda kan dengan tektur butter cake biasa



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==