ADONAN DASAR ROTI DENGAN METODE TANGZHONG

Pada moment LBT#10 lalu saya terpesona dengan roti salah satu host yaitu Ricke Indriani yang membuat adonan dasar roti dengan metode Tangzhong. Kebetulan tidak lama setelah itu, saya membeli tabloid KOKI yang juga memuat artikel yang sama. Waaah...tambah penasaran deh, karena disitu disebutkan bahwa dengan menggunakan metode ini akan dapat menghasilkan roti dengan tekstur yang lebih lembut walau tanpa bahan pelembut kue.

Buat yang belum membaca tabloid KOKI edisi 00214, berikut ini saya sadurkan artikel tentang adonan dengan metode Tanghzong ya. 

Pada awalnya metode Tanghzong ini banyak digunakan oleh masyarakat Cina sebagai bahan dasar adonan mie atau pangsit. Semakin lama, metode ini digunakan pula dalam proses pembuatan roti. Inti dari metode Tangzhong adalah membuat adonan pasta yang diyakini bisa lebih banyak mengikat air dan membuat tekstur roti lebih lembut. Kelembutan roti pun bisa tahan selama beberapa hari. 

Ups...maaf banget yak..fotonya bener-bener seadanya, difoto pas malam hari dengan kamera seadanya pula :)
Berikut ini adalah resep adonan dasar roti metode Tangzhong yang saya ambil dari tabloid Koki edisi 00214. Saya membuat 1/2 resep saja.

Bahan Adonan Tangzhong:
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air

Cara Membuat Adonan Tangzhong
Campur terigu dan air hingga rata dan tidak menggumpal.
Masak di atas api sedang (suhu kurleb 65'C), aduk hingga rata, mengental dan matang. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Apabila masih terihat gelembung-gelembung kecil yang terbentuk di atas adonan, maka aduk terus hingga gelembung tersebut hilang. Apabila sudah terbentuk garis-garis bekas mengaduk di atas permukaan adonan, hentikan mengaduk dan angkat dari adonan.

Bahan Adonan Roti:
350 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr gula kastor
10 gr susu bubuk
7 gr ragi instan
1 butir telur ayam
125 ml susu cair
30 gr mentega lelehkan
sejumput garam

Cara Membuat Adonan Roti:
Dalam sebuah wadah, campur terigu, gula kastor, susu bubuk dan ragi instan, aduk hingga rata. Masukkan telur, aduk kembali.
Masukkan adonan tangzhong sambil diaduk hingga rata, tuang susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
Tambahkan mentega dan garam, uleni kembali hingga kalis dan elastis.
Bulatkan adonan, letakkan di dalam wadah dan tutup dengan serbet lembab, diamkan selama kurang lebih 1 jam hinga adonan mengembang 2x lipat.
Setelah mengembang, kempiskan adonan dan adonan siap digunakan.

Komposisi pembuatan pasta tangzhong menggunakan perbandingan antara tepung terigu protein tinggi dengan air adala 1:5. Campuran air dan tepung tersebut dimasak dengan suhu mencapai 65'C karena pada suhu tersebut gluten dalam tepung menyerap kelembaban dan menjadi beragi. Hal ini mengakibatkan ketika pasta dicampur denga bahan utama roti, kelembaban roti akan bertambah dan akhirnya menghasilkan tektur yang lembut.
Apabila terdapat sisa dari adonan ini, maka dapat disimpan dalam lemari es dan adonan dapat bertahan selama kurang lebih 3 hari. Sebelum digunakan, diamkan adonan dalam suhu ruang hingga ragi bekerja kembali.

Demikian artikel tentang metode Tangzhong yang saya sadur dari Tabloid Koki, semoga bermanfaat ya.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

11 komentar

komentar
Saturday, 14 April 2012 at 13:17:00 GMT+7 delete

Assalamu'alaykum mba Nina.....salam kenal sebelumnya^^

Gini lhooo....atas rekomendasi seorangn teman FB aku coba membuat roti dengan metod tangzhong ini mba....ada sih di kasih link nya....tp boso londo gitu...daripada maksain aku coba browsing sendiri n sampailah aku di blog cantikmu ini.
n singkat cerita aku pake resep adonan tangzhongnya, tp utk rotinya aku pake resep sendiri, gpp ya mba ....makasih lho....penjelasannya ok banget.

Reply
avatar
Tuesday, 17 April 2012 at 13:48:00 GMT+7 delete

assalamualaikum mba nina.. salam kenal juga..

gini lhooooo, akibat postingan donatnya mba mel yang di atas, rasa penasaran mbuat roti dengan tangzhou metod semakin kuat dan setelah beliau kasih contekannya link mba mel akhirnya ak contek deh resepnya bulat2 alias contek semua..^_^
Alhamdulillah berhasil n ak senang sekali..

makasih ya mba, blognya juga bagus.. jadi sembrangat lagi deh ngeblog..:))

Reply
avatar
Wednesday, 18 April 2012 at 00:06:00 GMT+7 delete

Ummu Musasyi...Waalaikumsalam mbak...terima kasih sudah berkunjung ke dapur saya ya. Silakan dicoba mbak,semoga cocok ya.

Reply
avatar
Wednesday, 18 April 2012 at 00:07:00 GMT+7 delete

Mbak Yulia Sutarti....Alhamdulillah ikut senang ya mbak,apalagi kalau sesuai dengan selera keluarga. Itu yang paling penting ya.
Ayo mbak...semangat buat nge-blog lagi. Boleh tau alamatnya?

Reply
avatar
Wednesday, 18 April 2012 at 12:19:00 GMT+7 delete

tuuuu mba Yulia di komporin....awas lhooo ntar angus, hehe

Reply
avatar
Thursday, 21 March 2013 at 12:13:00 GMT+7 delete

asalamualaikum, ijin praktek mbak...
hehe

Reply
avatar
Thursday, 21 March 2013 at 12:14:00 GMT+7 delete

asalamualaikum, ijin praktek mbak...
hehe

Reply
avatar
Sunday, 8 February 2015 at 19:50:00 GMT+7 delete

Gimana cara utk tau suhu saat memasak pasta tangzhong adalah 65°C? Diukur dgn termometer oven?

Reply
avatar
Tuesday, 10 February 2015 at 21:16:00 GMT+7 delete

kebetulan saya punya termometer ruang, jadi saya pakai. Setelah terbiasa, saya kira-kira aja

Reply
avatar
Thursday, 17 November 2016 at 15:18:00 GMT+7 delete

sejumput garam itu ada ga mba seperapat sendok teh,

Reply
avatar