RAISIN CHOCOCHIPS BUN


Roti lagiiiii...emang lagi suka nyobain resep-resep roti niy. Kali ini pengen bikin raisin bun. Dari kemarin keluar masuk ngintipin dapur teman-teman dan akhirnya pilihanku jatuh pada resep roti sobeknya Pawonomah  punya mbakku yang cantik Yunita Amaliawati. Hasilnya...empuuuk rotinya, beneran deh. Filling dan bentuk bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya. 
Berikut ini resepnya

RAISIN CHOCOCHIPS BUN
source : Pawonomah

Bahan:
150 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
65 gr gula kastor
7 gr ragi instan
90 ml air hangat
1 sdm susu bubuk
1 butir telur kocok lepas
1sdt garam
35 gr mentega

Olesan:
egg wash (susu UHT+kuning telur)

Olesan akhir:
margarin

Filling:
100 gr raisin + 1 sdm kayu manis bubuk + 2 sdm air ---> campur, aduk rata
chocochips

Cara Membuat:
Campurkan ragi instan dalam air hangat, aduk, biarkan 10-15 menit hingga berbusa
Campur terigu, gula kastor, garam dan susu, aduk rata
Masukkan telur dan air campuran ragi sedikit demi sedikit, uleni. Tambahkan margarin, uleni kembali hingga kalis dan elastis
Bulatkan adonan, letakkan di dalam wadah dengan ditutup lap bersih yang lembab. Diamkan 30-60 menit hingga adonan mengembang 2x lipat
Kempiskan adonan, uleni kembali sebentar, timbang masing-masing 50 gram, bulatkan serta diamkan sebentar
Pipihkan memanjang adonan dengan  menggunakan rolling pin, beri isian, lipat dan gulung perlahan
Simpan di dalam loyang bersemir margarin,diamkan kembali selama 60-90 menit (proofing terakhir)
Oles adonan dengan egg wash, beri topping raisin dan chocochips
Oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 15-20 menit (tergantung masing-masing oven yah) hingga matang dan kecoklatan
Keluarkan dari oven, panas-panas beri olesan margarin
Biarkan hingga dingin dan simpan di dalam wadah tertutup

Ketika dinikmati keesokan harinya...empuuuk banget lho, lembut deh. Pagi-pagi dinikmati bersama kopi atau teh hangat...heaven on earth hahahaha



Step by step Raisin Chocochips Bun

Ini beberapa langkah pembuatannya, maaf kurang lengkap karena lupa gak difoto sejak awal 
Adonan setelah proofing kedua, dipipihkan dengan rolling pin dan diberi isian


Lipat adonan, tekan perlahan


Gulung adonan, tutupi bagian yang tipis berisi filling dengan sisa adonan


Adonan disimpan di loyang, proofing selama 60-90 menit, oles dengan egg wash, beri topping dan ready to bake


Siap dinikmati...

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Friday, 18 November 2011 at 19:39:00 GMT+7 delete

Kapan2 coba yg versi ala bakery itu Nina sayang...taiwanese bread. Bakal lbh jatuh cinta deh ....hehehehe. thx yaaa....:)

Reply
avatar
Monday, 21 November 2011 at 19:44:00 GMT+7 delete

Iya mbakku..udah masuk daftar antrian, juga yang pake metode Tanghzong tuh. Makasih inspirasinya :)

Reply
avatar