KLEPON UBI

Tau klepon? Suka makan klepon? Saya sukaaaa banget :) Dari kecil dulu,  klepon adalah salah 1 jajanan tradisional favorit saya. Suka banget dengan sensasi gula merah yang ada di dalamnya. 
Biasanya klepon terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan tepung tapioka, diisi dengan parutan gula merah, direbus dan digulingkan dalam kelapa perut. Karna kebetulan tukang sayur membawa ubi dalam keranjang dagangannya, terpikir untuk membuat klepon dari ubi. 
Sederhana resepnya.. ini dia...
KLEPON UBI
Bahan:
500 gr ubi jalar
110 gr tepung tapioka
125 gr gula merah, disisir halus
1/2 sdt garam
1,5 sdt pasta pandan
2 lembar daun pandan
1/2 kelapa parut kasar
Air secukupnya untuk merebus
Cara Membuat:
Kupas ubi jalar, kukus hingga matang, panas-panas haluskan hingga lembut, dinginkan
Campurkan ubi dengan tepung tapioka dan garam, campur hingga rata, tambahkan pasta pandan hingga warna hijau yang diinginkan
Uleni hingga dapat dibentuk
Ambil sejumput adonan, pipihkan, beri isian gula merah dan bentuk bulat
Lakukan hingga seluruh adonan habis
Didihkan air, tambahkan daun pandan, masukkan bulatan-bulatan klepon sedikit demi sedikit saja, angkat apabila sudah terlihat mengambang
Gulingkan klepon di dalam kelapa parut hingga seluruh permukaannya tertutupi kelapa
Siap untuk disajikan

Mudah bukan membuatnya. Ada berbagai macam jenis ubi, ada yang mempunyai kadar air banyak ada pula yang mempunyai kadar air sedikit. Jadi sebenarnya penggunaan tepung tapioka tergantung pada jenis ubi yang kita pakai. Apabila setelah tercampur dengan tapioka, adonan dirasa masih mempur dan susah untuk dibentuk, bisa ditambahkan sedikit air dan kita bisa mencoba membentuknya kembali. 
Selamat mencoba ya




close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==