PUDING ROTI APEL



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Halooo...Bunda kemana aja, blognya gak pernah diupdate? Hiiiks...sebenarnya gak kemana-mana sih, cuma memang lagi banyak kerjaan dan diuber dateline. Jadinya kalau sempat online via laptop ya gak sempat update blog, tapi nulis yang lain heuheuheu. Akhirnya blognya dianggurin deh, udah lama banget gak posting ya. Ntar kalau kerjaan udah beres, in shaa Allah update lagi seperti biasa. Seperti biasa, kalau mau lebih update bisa follow IG saya yaa

Kali ini saya bikin puding roti apel atau bahasa erennya apple bread pudding. Kesukaan saya banget deh. Saya bikin untuk takjil berbuka puasa, masya Allah nikmatnya. Puding roti ini enak disajikan hangat atau dingin, tapi saya lebih suka yang dingin. Untuk membuat puding roti saya suka menggunakan roti tawar yang berkulit, karena nanti ada renyah-renyahnya gitu di kulitnya. Bisa juga lho memakai roti Prancis atau baguette. Yeeess...kali ini saya memang memakai baguette.

Setiap membuat kue atau jajanan yang memakai apel, buat saya wajib banget memakai kayu manis bubuk. Apple pie, apple crumble, apple cake dan tentunya puding roti apel ini wajib banget memakai kayu manis bubuk. Jadi sebisa mungkin jangan diskip ya kayu manisnya karena memang membuat aromanya jadi lebih syedaap. Filling apel bisa menggunakan gula pasir atau gula palem, kali ini saya memakai gula palem. Bayangin deh filling apel dengan aroma kayu manis dan gula palem yang khas. Nikmat sekali aromanya.

PUDING ROTI APEL

Bahan :
1/2 roti Prancis atau baguette atau 6 lembar roti tawar kulit
500 ml susu cair
90 gr gula pasir
3 butir telur
2 kuning telur
2 sdm butter / margarin leleh
kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan

Bahan Filling / Topping Apel :
3 buah apel, kupas dan iris tipis
1 sdt air lemon atau air jeruk nipis
80 gr gula palem
30 gr kismis
1 sdt kayu manis bubuk

Cara Membuat Filling dan Topping Apel :
1. Campurkan apel dan air lemon. Aduk hingga rata kemudian masukkan kismis, gula palem dan kayu manis bubuk. Aduk rata kembali.
2. Simpan ke dalam lemari es kurang lebih selama 30 menit hingga keluar juice-nya atau berair.
3. Siap digunakan

Cara Membuat Bread Pudding :
1. Panaskan oven 160'C, siapkan pinggan tahan panas, oles tipis dengan butter atau margarin. Siapkan pula loyang lebar untuk proses steam bake.
2. Dalam bowl, campurkan susu, gula, telur dan butter leleh. Aduk rata menggunakan whisker.
3. Tata potongan roti di dasar pinggan, siram dengan sebagian campuran susu. Biarkan sejenak hingga meresap kemudian tata sebagian apel di atasnya.
4. Tata kembali sisa roti di atas apel dan siram kembali dengan sisa campuran susu. Biarkan meresap.
5. Beri topping apel di atasnya.
6. Panggang dengan cara steam bake atau au bain marie, yaitu pinggan diletakkan di atas loyang yang berisi air panas. Panggang hingga set kurang lebih selama 40 menit. 


7. Angkat dan siap disajikan hangat atau dingin.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

NACHOS SAUS MAYO BOLOGNESE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Masih dalam edisi nachos yaa. Bikinnya barengan dengan nachos yang diposting sebelum ini, jadi fotonya juga nuansanya hampir sama ya hihihi. Udah males mikir mau distyling gimana lagi, jadi ya dimirip-miripin aja, cuma geser dikit sana sini biar keliatan beda dikit. Nachos lagi jadi favorit kami sekeluarga nih, jadi ya bikin lagi dan bikin lagi. Kalau saya sih sebenarnya memang penggemar berat tortilla chips alias kripik tortilla. Kalau lagi nyetir keluar kota, biasanya saya dan suami kompak, ngemilnya tortilla chips. 

Nachos yang ini beda dikit dengan yang saya buat sebelumnya. Kali ini saya memakai saus mayo dan bolognese. Masih punya sedikit keju mozarella, jadi saya tambahkan saja sekalian. Setelah ditata dalam pinggan dan diberi duo saus serta moza, nachos ini saya panggang sebentar, sekitar 15 menit. Hasilnya nachos jadi lebih tahan lama kriuknya. Lebih enak deh pokoknya.






Tidak ada resep khususnya ya, karena memang gampang banget. Kebetulan saya masih punya 1/2 botol kecil saus bolognese homemade. Resepnya udah sering saya posting yaa. Kalau gak punya, bisa pakai juga saus bolognese siap pakai yang banyak dijual di supermarket. Saus mayo saya buat dari mayonaise yang diberi sedikit air lemon dan irisan parsley kemudian diaduk hingga rata. Takarannya? Lagi-lagi pakai kira-kira aja ya, sesuaikan dengan selera aja. Kalau yang suka asam, boleh pakai air lemon yang agak banyakan. Gak punya parsley? Bisa pakai oregano.

Setelah ditata di pinggan lengkap dengan saus dan keju moza, saya taburi lagi dengan parsley dan oregano. Setelah selesai dipanggang, beri irisan tomat cherry, hmmmm enak deh. Monggo bisa dicobain dan buktikan yaaa hihihi. Lumayan lho untuk cemilan keluarga di weekend ini, bisa ngajak anak-anak juga untuk membuatnya. Pasti seru!!

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya^^

NACHOS SAUS SALSA DAN KEJU



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Nachos adalah salah 1 makanan yang berasal dari Mexico, tepatnya berasal dari kota Piedras Negras, Coahuila. Nachos terbuat dari kripik tortilla yang bisa disajikan langsung sebagai snack ataupun sebagai main dish alias hidangan utama. Nachos sebagai hidangan utama, bisa disajikan dengan berbagai tambahan saus, misalnya saus keju, saus salsa, saus daging kacang merah, sour cream dan lain sebagainya. 

Kalau di tempat tinggal saya mah mana ada yang jual nachos, jadi harus bikin sendiri. Kan disini gak ada resto Mexico, yang banyak warung nasi pecel heuheuheu. Kali ini saya membuat nachos dengan saus salsa dan keju, terinspirasi dari Mbak Endang Just Try & Taste. Bahan-bahannya lagi-lagi disesuaikan dengan yang ada di rumah donk, maklum males juga kalau kudu keluar lagi nyari-nyari yang kurang. Saus kejunya saya buat tidak pedas karena tidak memakai cabe bubuk. Sebagai gantinya, saus salsa-nya saya pakai cabe rawit yang lumayan banyak hihihi. Untuk kripik tortilla-nya pakai yang siap pakai, bisa diperoleh dengan mudah di supermarket. Kebetulan saya memang suka ngemil kripik tortilla tersebut dan sering nyetok di rumah untuk camilan. Yuuk...yuuuk...yang mau coba bikin nachos ala-ala di rumah. In shaa Allah enak deh dan disukai keluarga.




NACHOS SAUS SALSA DAN KEJU

Bahan Saus Keju :
2 sdm butter / margarin
2 sdm tepung terigu
1/2 sdt bawang putih bubuk
400 ml susu cair
100 gr keju cheddar / parmesan
1/2 sdt merica bubuk 
Parsley secukupnya, cincang halus

Cara Membuat Saus Keju :
1. Panaskan butter / margarin hingga leleh, masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata.
2. Tuang sebagian susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga halus.
3. Masukkan bawang putih bubuk dan merica. Aduk hingga rata kemudian tuang sisa susu dan keju parut. Masak hingga halus dan meletup-letup.
4. Matikan api, masukkan parsley. Aduk hingga rata dan siap digunakan.

Bahan Saus Salsa :
7 tomat cherry bisa juga pakai tomat biasa
2 cabe hijau, buang bijinya dan iris halus
3 cabe rawit, iris halus
1/2 lemon, ambil airnya

Cara Membuat Saus Salsa :
1. Potong dadu kecil tomat, campurkan dengan irisan cabe. Aduk hingga rata.
2. Beri air lemon, aduk rata dan siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Siapkan mangkok saji, tuang kripik tortilla.
2.Tuang saus salsa dan saus keju. Sajikan segera.




Enak banget lho, saya suka sekali saus salsa-nya, rasanya asam pedas, segeer deh. Pas banget dipadukan dengan saus keju. Nachos saus salsa dan keju ini harus segera dinikmati setelah dibuat ya, kalau nungu kelamaan ntar kripik tortilla-nya melempem deh kena sausnya. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

NASI LIWET SUNDA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Postingan ke-3 saya tentang nasi liwet Sunda. Sering juga ya, maklum saya memang hobby banget dengan nasi liwet Sunda. Sebenarnya saya juga suka banget nasi liwet ala Solo, bahkan dari kecil saya sudah terbiasa banget dengan menu tersebut. Tapi memang kalau bikin nasi liwet ala Solo, gak afdol kalau gak komplit ya. Mulai dari ayam opornya, sambel goreng krecek dan juga sayur labu. Duuh nulis gini aja langsung kemecer pengen nasi liwet Solo. Ntar lah kalau pas lagi senggang, bener-bener diniatin bikin yang komplit sekalian.

Kembali ke nasi liwet Sunda, di postingan sebelumnya saya udah sharing cara memasak yang memakai panci kastrol ataupun versi praktisnya memakai  magic com. Kali ini saya cuma mau merangkum aja sih karena sering juga yang nanyain lagi dan lagi hehehe. Padahal kalau di search di blog pasti ada deh kedua versi tersebut.

Untuk membuat nasi liwet Sunda baik yang versi panci kastrol atau versi magic com, sebenarnya tidak ada takaran pasti karena tergantung dengan kondisi beras yang kita pakai. Kalau saya biasanya memakai patokan takaran air diukur 2 jari dari dasar beras. Tapi gak pasti juga sih ya, kembali lagi ke kondisi beras. Bumbu yang digunakan juga cukup simpel, yaitu duo bawang, daun salam dan serai. Pelengkapnya menurut saya paling enak ya pakai ikan asin hihihi. Ikan asin ini bisa langsung dicampurkan ketika nasi sudah matang atau disajikan terpisah. Ikan asin yang sering saya gunakan adalah ikan asin jambal roti atau teri medan. Naaah yang ada di foto ini saya gak tau namanya, tapi enak deh karena tidak terlalu asin dan kalau digoreng bisa renyah banget. Kalau ikan asin akan dicampurkan ke nasi, takaran garam juga disesuaikan aja ya dengan tingkat keasinan ikannya. Satu lagi yang bikin nasi liwet jadi tambah enak menurut saya adalah diberi daun kemangi. Jadi daun kemanginya tidak hanya sebagai lalapan. Tapi balik lagi ke masing-masing selera ya.

Lauk pelengkap lainnya yang cocok adalah tahu tempe goreng, lalapan dan sambal donk pastinya. Sambal bisa pakai sambal terasi atau sambal bajak. Kalau mau pakai sambal bawang juga enak aja atau bahkan sambal dadak dengan kucuran jeruk limau. Beeegh...jangan heran kalau makannya bisa nambah-nambah yaa.




NASI LIWET SUNDA

Versi Panci Kastrol

  1. Beras dicuci bersih kemudian letakkan di dalam panci. Tuang air kira-kira setinggi 2 ruas jari dari permukaan beras atau disesuaikan dngan kondisi beras.
  2. Iris tipis bawang merah dan bawang putih kemudian tumis hingga harum. Tiriskan dari minyak kemudian masukkan ke dalam panci. Tambahkan garam, daun salam dan serai, aduk hingga rata.
  3. Tutup panci dan masak hingga air menyusut atau hampir kering.
  4. Goreng ikan asin hingga kering, kemudian masukkan ke dalam panci. Apabila suka bisa juga dimasukkan cabe rawit utuh atau irisan cabe merah besar.
  5. Kecilkan api, tutup panci dan masak lagi hingga benar-benar matang dan tanak.
  6. Setelah matang, bisa ditambahkan daun kemangi bila suka, aduk lagi sebelum disajikan.
Versi Magic Com
  1. Cuci bersih beras kemudian letakkan di panci magic com.
  2. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum, tiriskan dari minyak kemudian tuang ke panci magic com. Tambahkan daun salam, serai dan garam, aduk hingga rata kemudian tuang air.
  3. Nyalakan tombol ON dan masak hingga matang.
  4. Goreng ikan asin hingga kering
  5. Setelah nasi matang, tuang ikan asin, cabe rawit atau cabe besar serta daun kemangi bila suka. Aduk hingga rata kemudian nyalakan tombol ON lagi agar nasi benar-benar tanak.
  6. Setelah matang, siap disajikan
Kalau memakai panci kastrol nanti di dasar panci ada sisa-sisa kerak nasi yang biasa disebut "intip". Kerak nasi ini enak banget lho, saya sukaaa hihihi.




Selamat mencoba yaa...semoga bermanfaat ^^

GABIN VLA TAPE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Bikin camilan apa hari ini? Gimana kalau nyobain gabin vla tape ini, lumayan lho untuk variasi camilan keluarga di rumah. Kalau biasanya gabin memakai ragout sebagai isiannya, naaah yang ini memakai vla tape. Selain vla tape, bisa juga memakai vla vanilla biasa atau bahkan vla coklat. Vla tape ini juga bisa digunakan untuk isian sus lho, enaaak deh.

Gabin vla tape ini terinspirasi dari kak Hanny di IG. Sebagai emak-emak yang suka latah, wajib donk buat saya untuk nyobain hihihi. Gabin yang sudah diisi vla tape, digoreng sebentar saja. Karena tidak memakai lapisan kocokan telur, memang jadinya berminyak sekali. Next time saya pengen nyoba yang dicelupin telur dulu deh. Eeeh tapi cocok gak ya, secara vla kan manis hihihi. Ntar deh kudu nyobain biar tau cocok atau nggaknya. Monggo yang mau nyobain resepnya.

GABIN VLA TAPE

Bahan :
1 bungkus gabin
200 gr tape singkong, buang sumbunya
1 sachet susu kental manis
50 gr gula pasir atau menyesuaikan manisnya tape ya
75 gr tepung terigu
150 ml air
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Haluskan tape memakai garpu kemudian tambahkan susu kental manis, gula pasir dan terigu. Aduk hingga rata.
2. Tuang air, masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
3. Setelah vla agak dingin, masukkan ke dalam piping bag atau plastik segitiga. Semprotkan ke gabin kemudian tumpuk dengan gabin lainnya. Rapikan sisi-sisinya.
4. Panaskan minyak, goreng gabin sebentar saja, sekali balik aja ya. Angkat dan tiriskan.



Kelihatannya memang gampang dan simpel ya, eeeh tapi saya mah kesulitan waktu ngolesin vla-nya. Berantakan deh jadinya hihihi. In sha Allah next time dicoba lagi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

CARANG GESING



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabaraktuh
Postingan tentang carang gesing lagi ya. Duluu saya udah pernah posting dan yang dulu pun juga carang gesing versi ramekin hihihi. Carang gesing adalah salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Carang gesing berbahan utama pisang dan santan, dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus hingga matang. Untuk ibu-ibu yang malas ribet seperti saya, tentunya bisa banget membuat carang gesing tanpa daun pisang, melainkan di pinggan tahan panas atau ramekin seperti ini. Memang akan ada perbedaannya yaitu tidak ada aroma daun pisangnya, tapi its okee ya. Kalau saya sih memang milih praktisnya aja, lagian saya mah gak ahli dalam hal bungkus membungkus hahaha.

Kebetulan saya masih punya 2 lembar roti tawar, jadi saya tambahkan ke dalam carang gesing ini. Lebih enak, jadi lebih lembut. Untuk variasi saya tambahkan pula kismis, bisa juga kalau mau diberi taburan kayu manis bubuk. Carang gesing ini enak disajikan hangat ataupun dingin. Kalau saya lebih suka yang versi hangat, ceritanya dijadikan hot dessert yaa. Hihihi....gaya banget bahasanya >_< Tapi saya mah gak nolak juga kalau disodorin carang gesing dingin, gak kalah enaknya.





CARANG GESING

Bahan :
4 buah pisang, kurleb berat 300 gr (saya pakai pisang kepok)
400 ml santan
50 gr gula pasir
30 gr gula palem
1 butir telur kocok lepas
2 daun pandan, iris-iris
2 roti tawar (optional)
Kismis (optional)

Cara Membuat :
1. Rebus santan dan gula hingga mendidih. Matikan api dan dinginkan.
2. Masukkan kocokan telur dan dan pandan ke dalam santan. Aduk hingga rata.
3. Potong-potong pisang dan roti tawar, letakkan di pinggan tahan panas dan daun pisang. Siram dengan kuah santan, taburi dengan kismis.
4. Kukus hingga matang, kurang lebih selama 30 menit. Siap disajikan hangat atau dingin.

Bisa menggunakan full gula pasir ya, kalau saya suka mix dengan gula palem karena aromanya jadi lebih sedaaap. Monggo disesuaikan dengan selera aja.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

CILOK KUAH



Bismillahirrohimanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Kalau lagi musim hujan gini, pastinya enak banget ya makan yang hangat-hangat. Mulai dari gorengan hangat sampai bakso hangat hihihi. Trus minumnya boleh pilih, lemon tea, coklat panas atau bajigur...duuuh enak kan. Itu sering saya alami, kalau udah sore-sore hujan, masing-masing request minuman favorit mereka masing-masing. Saya tentunya bagian yang umek di dapur dan ngicip minuman masing-masing hahaha.

Naaah ini ceritanya pengen makan bakso waktu sore-sore hujan. Apa daya gak punya stok bakso, adanya cilok hasil bikin bareng anak-anak siang harinya. Cilok gak hanya enak dinikmati dengan saus kacang atau saus sambel favorit kan, tapi enak juga dibuatin kuah kaya gini. Yaa...gak ada bakso, cilok pun jadi lah. Sisa ciloknya juga saya simpan di kulkas dan keesokan harinya dibuat jadi seblak cilok yang sudah pernah saya posting beberapa waktu yang lalu. Serbaguna juga ya si cilok ini.

Cilok kuah saya ini super minimalis karena ya isianya cuma cilok aja heuheuheu. Ini mah minimalis karena memang gak punya pelengkap lainnya, bahkan sawi pun saya lagi gak punya. Minimalis karena melas ini mah >_< . Padahal kalau punya sawi, mie atau pangsit bakalan jadi cilok kuah super istimewa kan. Eh tapi ini ciloknya isi keju lho, jadi lumayan laaah masih ada yang bisa dipamerin hahaha.




Cilok ini sebagian ada yang saya goreng juga, ya biar mirip dengan bakso goreng gitu maksudnya. Gorengnya sebentar aja karena kalau kelamaan ntar tambah alot, jadi cukup sampai berkulit aja.

CILOK KUAH

Bahan Cilok :
225 gr tepung terigu
175 gr tepung sagu
2 batang daun bawang iris tipis
400 ml air kaldu
3 siung bawang putih goreng utuh lalu haluskan
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
Keju cheddar, potong dadu kecil untuk isian (optional)

Cara Membuat Cilok :
1. Dalam wadah, campur tepung terigu, tepung sagu dan irisan daun bawang. Aduk hingga rata.
2. Didihkan air kaldu, garam dan merica. Matikan api.
3. Tuang sedikit demi sedikit air kaldu ke dalam campuran tepung sambil diaduk rata memakai sendok kayu. Sesuaikan kondisi adonan ya, hentikan penambahan air bila sudah bisa dipulung atau tambahkan bila adonan dirasa masih kering.
4. Bulatkan adonan, pipihkan dan beri isian keju. Bulatkan kembali, lakukan hingga habis.
5. Didihkan air, rebus cilok hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Bahan Kuah :
5 siung bawang putih, memarkan dan tumis hingga harum
1 liter air kaldu
Garam dan merica bubuk secukupnya
1/2 butir pala
Daun bawang, potong-potong
Seledri

Cara Membuat Kuah :
1. Masukkan tumisan bawang putih ke dalam rebusan air kaldu. Bumbui dengan garam, merica bubuk dan pala.
2. Menjelang mendidih, masukkan daun bawang dan seledri.
3. Siap disajikan.




Biarpun gak ada bakso dan cuma ada cilok, tapi Masya Allah....gak kalah nikmatnya. Apalagi kalau dinikmati rame-rame bersama keluarga. Alhamdulillah

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

GLUTEN FREE DORAYAKI



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah sudah masuk Februari. Semoga semakin bertambah keberkahan di bulan ini ya...Aamiin.
Postingan kali ini tentang dorayaki (lagi). Yuup pancake Jepang kesukaan Doraemon ini juga jadi favorit si adek. Kalau adek sih memang banyak favoritnya ya dan dia suka dorayaki juga karena faktor Doraemon hihihi. 

Dorayaki yang saya buat ini masih memakai base resep yang sama dengan yang dulu pernah saya posting, yaitu resep milik Namiko. Bedanya kali ini saya ganti tepung terigunya dengan gluten free flour, yaitu tepung mocaf. Ada perbedaannya? Iya jelas ada bedanya dengan dibandingkan yang memakai tepung terigu. Dorayaki yang memakai mocaf ini teksturnya lebih "berat" tapi bukan berarti jadi keras ya. Saya modif sedikit dari resep asli dengan menambahkan takaran minyak, jadi tetap moist dorayaki-nya. Anak saya bisa merasakan sih perbedaannya, tapi namanya udah favorit ya dia tetap suka aja.

Seperti biasanya, kalau bikin pancake atau dorayaki, bisa memakai isian sesuai selera ya. Saya pakai selai coklat dan ada juga yang pakai keju parut, sesuai favorit anak-anak deh. Monggo kalau ada yang pengen nyobain dorayaki ini.

GLUTEN FREE DORAYAKI

Bahan :
4 butir telur
130 gr gula pasir
2 sdm madu
3 sdm minyak
160 gr tepung mocaf
1 sdt baking powder
1 sdm air

Cara Membuat :
1. Campur telur dan gula pasir, aduk memakai hand whisk hingga rata.
2. Masukkan madu dan minyak, aduk hingga tercampur rata.
3. Masukkan campuran tepung mocaf dan baking powder dengan cara diayak. Aduk hingga rata dan licin.
4. Tutup dengan plastic wrap dan simpan di kulkas selama 15 menit.
5. Keluarkan dari kulkas dan beri air. Aduk hingga rata.
6. Panaskan wajan anti lengket, tuang 1 sendok sayur adonan dan masak hingga berlubang-lubang kecil. Balikkan dan masak kembali hingga matang. Lakukan hingga habis.
7. Sajikan dengan pelengkap favorit.



Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^