LBT #43 CUP CHOUX PASTRY WITH FRUITY SALAD



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Ini dia yang saya maksud dengan setoran LBT #43. Yuup temanya adalah choux pastry atau kue sus. Sebagai penggemar kue sus, pastinya saya gak mau ketinggalan dengan tema ini. Sekedar nostalgia, dulu dengan tema yang sama saya bikin sus vla buah untuk setoran PR LBT. Pernah juga untuk event anniversary LBT saya bikin Paris Brest dan Croquembouche, tentunya versi KW ala saya ya hihihi. 

Kali ini saya bikin mangkok sus atau yang bahasa kerennya cup choux pastry. Untuk isiannya saya bikin salad buah aja karena memang kebetulan kesukaan anak-anak. Selain salad buah, bisa juga lho diisi salad sayur dengan tuna, vla buah atau bahkan diisi adonan klappertart. Masya Allah bayanginnya saja saya udah ngiler huhuhu.

Sebenarnya resepnya mah sama aja kok dengan yang pernah saya posting sebelumnya. Sering juga saya mendapatkan banyak pertanyaan kenapa sus-nya gagal atau tidak bisa kopong, ada triknya tuh ya. Tips dan trik membuat sus juga sudah pernah saya posting disini.




Untuk membuat mangkok sus ini saya memakai cup muffin satuan. Kalau pakai loyang muffin yang sekaligus ada beberapa hole itu nanti susnya akan nempel-nempel. Kalau cup muffin satuan ini, biasanya dipakai juga untuk membuat cupcake, mirip dengan cup bolu kukus tetapi tidak berlubang-lubang. Murah kok harganya dan bisa dengan mudah dibeli di pasar atau TBK.

Adonan sus yang sudah dipindahkan ke piping bag, disemprotkan ke seluruh permukaan luar cup muffin, sampai ke dasarnya juga ya baru kemudian ditata di loyang. Jadi ketika di loyang cup diletakkan terbalik ya, karena dasar cup bagian luar kan ada adonan sus-nya.
Mohon maaf saya lupa motret ketika akan dioven, tapi semoga foto ini bisa memperjelas ya ^^






CUP CHOUX PASTRY

Bahan :
150 gr margarin
200 ml air
1/4 sdt garam
100 gr tepung terigu (saya mix protein tinggi dan sedang)
3 butir telur ukuran besar

Cara Membuat :
1. Didihkan margarin, air dan garam. Masukkan campuran terigu, aduk rata memakai sendok kayu hingga kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
2. Setelah hangat, masukkan telur satu persatu sambil dikocok menggunakan mixer hingga rata.
3. Masukkan adonan ke dalam piping bag / plastik segitiga, gunting sedikit ujungnya.
4. Siapkan cup muffin satuan, oles tipis margarin di bagian luarnya. Semprotkan adonan hingga menutupi seluruh bagian luar cup, termasuk dasar cup juga ya. Tata di loyang.
5. Panggang dengan suhu 190'C hingga matang. Jangan membuka oven selama masih ada buih-buih di adonan sus ya.
6. Angkat dan dinginkan baru diberi isian sesuai selera.

Untuk salad buahnya, bisa memakai buah sesuai selera. Dressingnya saya memakai campuran mayonaise, susu kental manis dan air lemon. Boleh juga kalau mau ditambah parutan keju, lebih yummyyy ^^




Cocok nih untuk takjil buka puasa, kan manis gurih gini jadi syedaap hihihi. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »