GARANG ASEM AYAM VERSI PYREX



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh
16 Ramadhan 1438H
Haloo...mau masak apa untuk ifthar nanti? Beberapa hari yang lalu saya bikin garang asem ayam versi pyrex atau pinggan tahan panas. Kenapa pakai pyrex, karena biar praktis aja. Aslinya kan kalau garang asem tuh dibungkusin satu-satu pakai daun, kalau pakai pyrex gini jauh lebih praktis kan. Biar tetap ada aroma daun-daunnya alasi pyrex dengan daun dan waktu ngukus juga atasnya ditutup dengan daun ya. 

Kalau liat belimbing wuluh di pasar atau tukang sayur, pasti deh yang kebayang pertama kali ya bikin garang asem ini. Makanan khas jawa tengah ini memang biasanya pakai belimbing wuluh. Ada 2 versi garang asem, yaitu versi memakai santan dan tanpa santan. Enak yang mana? Kalau kata saya enak semua hihihi. Cuma kalau disuruh milih, saya prefer yang tanpa santan karena lebih segar. Garang asem tidak hanya melulu memakai ayam, tapi bisa juga ati ampela, iga atau bahkan daging sapi. Kalau garang asem ayam memang lebih sip kalau pakai ayam kampung, selain lemaknya lebih sedikit juga rasanya lebih gurih. Misalkan gak punya ayam kampung, boleh kok pakai ayam negeri, tapi pakai yang ukurannya kecil aja alias masih muda ya.

Garang asem versi pyrex ini selain praktis juga asyik banget buat kita ibu-ibu yang "multi-tasking" hihihi. Duuuh bahasanya gaya banget daaah. Lha iya kan waktu ngukusnya lumayan lama tuh, jadi selama nunggu matang kita bisa ngerjain yang lain.




GARANG ASEM AYAM VERSI PYREX

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong-potong
15 belimbing wuluh, potong-potong
3 buah toma, potong-pootng
10 cabe rawit utuh
800 ml air atau secukupnya
4 batang serai, potong-potong
3 daun salam
Garam dan gula pasir secukupnya
Daun pisang

Bumbu Halus :
12 butir bawang merah
7 siung bawang putih
2 cm kunyit
5 butir kemiri sangrai

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan hingga beruap banyak
2. Dalam wadah, campurkan bumbu halus, belimbing wuluh, cabe rawit, tomat, serai dan daun salam.
3. Tuang air dan aduk rata kemudian masukkan potongan ayam. Bumbui dengan garam dan gula pasir.
4. Alasi pyrex dengan daun pisang, tuang potongan ayam dan bumbu beserta kuahnya kemudian tutup lagi dengan daun pisang.
5. Kukus selama 1-1,5 hingga ayam empuk dan bumbu meresap. Lama pengukusan tergantung ayam yang dipakai ya, kalau pakai ayam negeri waktunya tentu lebih singkat.
6. Angkat dan siap disajikan.



Selamat mencoba yaa..semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Monday, 12 June 2017 at 03:21:00 GMT+7 delete

enak untuk menu berbuka puasa tuh, kayanya mau coba buat deh :D

Reply
avatar