SUP MERAH



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Duluuu banget saya sudah pernah posting tentang sup merah ya, kali ini diposting lagi gak apa-apa kan. Resepnya beda dikiit kok hihihi. Sup merah memang sering dijadikan menu spesial di acara-acara spesial pula ya. Ada banyak versi dari sup merah, ada yang warnanya benar-benar merah, ada yang orange, ada yang kuahnya kental dan encer, rasanya juga beragam, yang pasti ada rasa asam dan manisnya. Untuk isiannya sangat bervariasi, yang biasanya saya jumpai memakai wortel, printil ayam, sosis dan juga cakwe. Ada juga yang menambahkan kacang polong atau kol. Yaaa seperti membuat sup biasa ya, isiannya disesuaikan saja dengan selera.

Sop merah yang saya buat kali ini isiannya wortel, sosis, kacang polong, kekian udang dan printil ayam. Harusnya pakai juga cakwe udang ya biar tambah spesial, tapi saya mah males bikinnya. Jurus instannya keluar deh, saya beli cakwe trus digunting-gunting sendiri hahahaha. Kalau mau spesial bisa juga dikasih taburan kripik kentang atau bahkan sus kering. Duuuh "kemecer" sendiri euy ini saya nulisnya, maklum bikin sup merahnya udah lama, sekarang mah tingal foto doang. 

Saya suka sup merah yang tidak terlalu kental, dinikmati hangat-hangat...masya Allah nikmatnyaaa. Jadi untuk kekentalannya silahkan disesuaikan aja dengan selera masing-masing ya. Ntar waktu nuang larutan maizena, dikit-dikit dulu yaaa. Tanpa dikentalkan menurut saya juga tetap enak kok




SUP MERAH

Bahan :
3 siung bawang putih, memarkan
1/2 butir bawang bombay, iris memanjang
1 sdm bawang merah goreng
1500 ml air kaldu
2 wortel iris memanjang
1 kaleng kecil sosis, iris memanjang
3 sdm kacang polong
1 kekian udang, potong-potong
Printil ayam (bola-bola ayam)
1 butir pala, parut
1 ikat kecil seledri
1 kaleng kecil pasta tomat (saya pakai Del Monte)
3-4 sdm saus tomat
Garam, gula pasir dan merica secukupnya
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Sisihkan.
2. Didihkan air kaldu, masukkan tumisan bawang dan bawang merah goreng.
3. Masukkan parutan pala, garam, gula pasir dan merica. Aduk rata
4. Masukkan pasta tomat, saus tomat, seledri (diikat ya) dan wortel. Masak hingga wortel 1/2 lunak.
5. Masukkan kacang polong, sosis, printil ayam dan kekian. Test rasa hingga sesuai selera.
6. Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Didihkan lagi.
7. Matikan api, sajikan hangat.

PRINTIL AYAM

Bahan :
400 gr fillet dada ayam
100 gr udang kupas
2 siung bawang putih
1 sdt bawang merah goreng
1 putih telur
Garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur dan haluskan semua bahan, bulatkan kecil-kecil. Test rasa dengan cara merebus sedikit adonan ya.
2. Buat bulatan hingga habis dan rebus hingga matang.

Saat membuat sup merah, penggunaan pala jangan diskip ya, karena memang pala yang bikin enak dan aromanya khas. Dulu saya pernah niat bikin sup masak, udah siap semua bahan dipotong-potong, eeeh ternyata gak punya pala. Dibelain deh keluar dulu beli pala hahaha.

Sup merah ini bisa jadi hidangan buka puasa yang spesial atau bisa juga disajikan sebagai alternatif menu saat Lebaran nanti. Smoga sesuai dengan selera keluarga ya.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »