AYAM SAUS LEMON



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Haloo apa kabar? Masya Allah...lama juga saya gak update blog ya. Sibuk bund? Hmmmm kalau bilang sibuk kayanya klise banget alasannya hihihi. Memang lagi blogging blue aja kali ya, soalnya walau sibuk tapi kalau diniatin ngeblog ya pasti bisa juga kan ya. Kalau lagi banyak kegiatan sih memang iya, ngurus kerjaan ini itu, prepare acara perpisahan di sekolah de el el de el el deh pokoknya hahahah. Eh ya...kakak Nai sekarang sudah kelas 6 SD, minggu depan sudah Unas ya. Itu bikin saya sering mellow juga lho, ternyata waktu cepat sekali berlalu, tau-tau udah gede aja ya. Kayanya baru juga kemarin digendong-gendong, eh sekarang tingginya udah hampir sama dengan bundanya. Kakak Naira ini bisa dibilang mirip banget dengan saya, terutama hobby dan sifatnya. Jadinya kalau sekarang dia betah banget di depan TV demi liat F1 atau MotoGP, saya langsung ingat deh....oooh gak jauh dari saya dulu hahaha.

Ngelantur kemana-mana ya, jadi ngomongin kakak Nai. Yang mau saya posting ini juga kesukaan kakak Nai, yaitu ayam saus lemon. Sebenarnya kakak Nai lebih suka masakan yang gurih, asin gitu deh. Makanya saya tuh jarang banget masak semur, karena ya memang gak begitu suka dengan yang manis gitu. Untuk ayam saus lemon ini kakak Nai masih suka karena ada rasa asam-asam dari lemonnya juga kan. Kalau saya bilang memang unik deh, gurihnya ayam dipadukan dengan saus yang terasa aroma lemonnya. Enak deh pokoknya.




Yang saya share kali ini, saus lemonnya aja ya karena memang kebetulan ini saya foto untuk challenge salah satu produk tepung bumbu siap pakai. Apa produknya bisa dilihat di IG aja ya, tapi udah postingan tgl 21 Maret kemarin sih hihihi. Udah jadul yaaa. Kalau gak pengen pakai tepung bumbu siap pakai, bisa membuat chicken popcorn seperti yang pernah saya posting disini. Ayamnya juga gak harus berupa potongan fillet kaya gini kok, tapi bisa juga dibuat potongan utuh, ntar tinggal dicolek-colek deh ke saus lemonnya.

AYAM SAUS LEMON

Bahan :
300 gr fillet ayam, potong dadu kecil
1 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
2 bungkus tepung bumbu krispi siap pakai (160 gr)
8 sdm air dingin
Minyak goreng secukupnya
Wijen sangrai untuk taburan

Cara Membuat :
1. Lumuri potongan ayam dengan garam, bawang putih bubuk dan merica. Aduk hingga rata dan diamkan 20 menit.
2. Campurkan 4 sdm tepung bumbu siap pakai dengan 8 sdm air dingin, aduk hingga rata.
3. Celupkan potongan ayam ke adonan tepung kemudian gulingkan ke ke sisa tepung bumbu sambil ditekan dan diremas perlahan. Lakukan hingga habis.
4. Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.
5. Angkat dan tiriskan.

Bahan Saus Lemon :
3 sdm air lemon
2-3 sdm gula pasir
100 ml air
2 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat Saus Lemon :
1. Dalam pan campurkan air lemon dan gula kemudian tambahkan air.
2. Masak dengan api sedang kemudian masukkan larutan maizena. Aduk rata hingga mengental dan meletup-letup.
3. Siap disajikan.

Penyelesaian :
1. Tata ayam di atas piring saji, siram dengan saus lemon dan taburi wijen sangrai
2. Sajikan segera



Rasanya uniiiik, cobain deh. Bisa jadi variasi saus selain saus teriyaki atau bahkan saus asam manis. In shaa Allah bisa jadi favorit keluarga juga

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »