PIE SUSU KURMA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Ada yang suka kurma gak? Alhamdulillah keluarga saya termasuk penggemar kurma jadi kurma selalu ada di rumah. Kakak Naira itu sudah tau mana kurma yang enak dan dia termasuk pemilih juga tuh maunya kurma enak hihihi. Biasanya kurma ya langsung aja kami nikmati tanpa diolah lagi, paling juga dibuat "nabeez" atau infused kurma. Nabeez ini adalah salah 1 minuman favorit Rasulullah yang banyak manfaatnya. Bikinnya juga gampang banget, tinggal mencampur kurma dengan air, lebih baik dalam jumlah ganjil ya, disimpan dalam wadah tertutup dan didiamkan semalaman. Kurma yang sudah dijadikan nabeez ini juga bisa langsung dimakan juga kan.




Ini dia foto nabeez yang baru saya keluarkan dari kulkas, keliatan segarnya ya. Nabeez ini belum saya aduk, nanti kalau diaduk warnamya akan jadi kecoklatan. Saya suka juga menambahkan daun mint, dikiiit aja biar tetap aroma kurma gak kalah dengan daun mint. Yuuk cobain bikin juga.

Karena biasanya kurma langsung dimakan, pengen juga mengolah kurma. Beragam ide udah keluar nih, mulai dari bikin cake kurma, brownies kurma, puding daaan yang ternyata dibuat adalah pie susu kurma. Kenapa bikin pie susu kurma, karena memang kami penggemar pie susu hihihi. Pengen tau juga kira-kira aroma kurmanya bisa keluar gak. Saya bikin pakai loyang pie bongkar pasang ukuran besar aja, biar gak ribet ngolesin loyang-loyang pie kecil hihihi. Dasar pemalas yaaa.

Untuk resep kulit pie, saya pakai resep French Dough Tart ala David Lebovitz yang sudah beberapa kali saya posting. Silahkan kalau ingin memakai resep kulit pie biasa. Saya suka resep ini karena menurut saya lebih praktis dan gampang, hasilnya juga enak dan renyah.




PIE SUSU KURMA

Bahan Crust Pie :
160 gr butter / margarin
2 sdm olive oil / minyak sayur
sejumput garam
6 sdm air
300 gr tepung terigu serbaguna

Cara Membuat Crust Pie :
1. Campurkan butter / margarin, garam, minyak dan air. Masak hingga butter leleh dan meletup-letup, matikan api.
2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat memakai sendok kayu hingga rata dan adonan kalis. Adonan siap digunakan.

Bahan Isian :
1 kaleng susu kental manis putih
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gr tepung custard
1 sdt vanilla paste
100 gr kurma tanpa bijinya, potong kecil-kecil

Cara Membuat Isian :
1. Campur susu kental manis dan air, aduk hingga rata kemudian ambil sebagaian dan blender dengan potongan kurma hingga halus.
2. Masukkan kuning telur, tepung custard dan vanilla. Aduk hingga tercampur rata dan saring.
3. Isian siap digunakan

Assembly :
1. Cetak crust pie pada cetakan pie yang sudah dioles tipis margarin. Apabila memakai cetakan besar, tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu kemudian panggang dengan suhu 160'C selama kurang lebih 30 menit. Apabila memakai cetakan pie kecil, tidak perlu dipanggang dulu.
2. Tuang isian hingga penuh kemudian panggang hingga isian set. Saya memanggang selama kurang lebih 50 menit, apabila memakai cetakan kecil, bisa lebih cepat lagi.
3. Angkat dan biarkan hangat baru dikeluarkan dari cetakan.

Notes :
1. Tepung custard bisa diganti dengan maizena, tapi nanti ada perbedaan warnanya ya.
2. Selain ditusuk-tusuk dengan garpu, kulit pie bisa juga dipanggang dengan meletakkan biji-bijian yang sudah dialas kertas roti di atasnya. Hal ini dilakukan agar ketika dipanggang, kulit pie tidak menggelembung.

Pie susu ini akan terlihat cantik apabila isiannya tebal dan penuh, tapiiii buat saya ini mah PR banget karena ketika loyang diangkat menjelang dimasukkan oven isiannya suka tumpah jua heuheuheu. Tuuh liat kulit pienya ada yang eksotis kan, itu bukan karna gosong tapi kena tumpahan isinya.

Untuk rasanya....masya Allah...enak bangeeet. Saya selalu suka pie susu jumbo gini karena memang puas dengan isiannya yang tebal. Renyahnya kulit pie dipadukan dengan isian yang lembut itu memang cocok banget. Tapiiii menurut saya aroma kurma-nya memang akhirnya kalah deh alias gak terlalu terasa. Mungkin saya kurang banyak juga ya ngasih kurmanya hehehe. In shaa Allah next time pengen coba lagi sampai ketemu yang pas aroma kurmanya.



Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »