ONDE-ONDE KENTANG (LAGI)



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Saya bukan penggemar fanatik onde-onde, suka siih tapi ya kalau disuruh milih pasti lebih milih bakwan atau tempe mendoan hihihi. Suka males juga kalau bikin onde-onde karena menurut saya ribet. Sayangnya kalau beli, biasanya suka alot kalau dingin. Makanya kalau lagi beli jajanan saya jarang beli onde-onde. Tapi sejak tau resep onde-onde kentang, saya pasti lebih milih bikin laaah dibanding kalau disuruh beli onde-onde. Suka dengan tekstur onde-onde kentang yang lembut di dalam tapi tetap "kres" di luarnya. Ketika sudah dingin teksturnya juga tidak alot atau keras.

Dulu saya sudah pernah posting ya. Resep ini saya dapat dari Mbakyu Tati Widharti yang foto-fotonya selalu bikin saya terpesona, asli cantiiiik banget. Selain pinter motret, mbak Tati ini juga pinter bebikinan. Jazakillahu khoir untuk resepnya mbak Tati.

Menurut saya, yang namanya onde-onde tuh lebih enak yang kecil-kecil sekali hap. Tapiii...saya mah gak telaten donk kalau bikin yang versi kecil-kecil gitu hihihi. Lagu lama ya bund >_<  Jadilah kalau bikin onde-onde saya bikin yang gede. Gayanya aja alasan, kan biar puas tuh maemnya, onde-ondenya gede. Padahal sih alasan sebenarnya ya karena malas aja, kelamaan kalau bikin yang kecil-kecil hahaha. Yuuuk yang belum pernah bikin onde-onde kentang, resepnya saya tuliskan lagi disini ya.






ONDE-ONDE KENTANG

Bahan Kulit :
250 gr tepung ketan
35 gr tepung beras
50 gr kentang, kukus dan haluskan
125 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli
1/2 sdt garam
150-200 ml air
100 gr wijen putih
Minyak untuk menggoreng

Bahan Isian :
100 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
60 gr gula pasir
1 daun pandan, simpulkan
100 ml santan
1/4 sdt garam

Cara Membuat Kulit :
1. Campur kentang dan semua bahan kering, aduk hingga rata.
2. Panaskan air, cukup hingga panas saja ya, tidak usah sampai mendidih.
3. Tuang air panas dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung. Hentikan penambahan air apabila dirasa sudah cukup atau tambahkan bila adonan masih kering. 
4. Bulat-bulatkan adonan dengan besar sesuai selera. Sisihkan

Cara Membuat Isian :
1. Kukus kacang hijau kupas selama 20 menit. Angkat dan panas-panas haluskan.
2. Tambahkan gula pasir, daun pandan, garam dan santan. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga kalis. Angkat dan dinginkan.
3. Timbang dan bulatkan kecil-kecil

Penyelesaian :
1. Buat cekungan pada kulit yang sudah dibulatkan, beri isian, tutup rapat dan bulatkan kembali.
2. Celupkan ke dalam air dingin dan gulingkan ke wijen. Kepal-kepal perlahan supaya wijen menempel dan onde-onde bulat.
3. Panaskan minyak, goreng onde-onde dengan api kecil hingga mengapung dan berwarna kecoklatan.
4. Angkat dan tiriskan.

Ingin berkreasi dengan onde-onde? Tambahkan pasta pandan di adonan kulit, jadi deh onde-onde pandan nan cantik. Atau bisa juga gunakan campuran wijen hitam dan putih, onde-onde jadi unik deh.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »