MUN TAHU AYAM JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Haloo apa kabar? Semoga selalu sehat yaa. In shaa Allah bulan depan kita bertemu dengan Ramadhan ya. Semoga Allah mempertemukan kita kembali dengan bulan mulia tersebut dan memberikan kita kesehatan agar kita bisa menjalankan berbagai ibadah dan kegiatan dengan lancar. Aamiin Allahumma Aamiin 

Salah 1 simple menu yang bisa kita sajikan untuk sahur adalah mun tahu. Mun tahu adalah salah 1 Chinese food yang cukup banyak penggemarnya. Terbuat dari potongan tahu atau bahkan tahu yang dihancurkan, disajikan dengan kuah yang sudah dikentalkan dengan maizena dengan taburan daun bawang yang melimpah. Pelengkap yang digunakan bisa daging cincang, ayam, jamur udang atau ada juga versi vegie-nya. Ada beberapa versi mun tahu, ada yang tahunya hanya dipotong dadu, ada pula yang dihancurkan. Kalau saya lebih suka yang tahunya hanya dipotong dadu, tapi kali ini saya mix dengan tahu yang sudah dihancurkan.

Bumbu yang digunakan cukup simpel seperti kebanyakan menu-menu chinese food. Rasanya juga cukup "light" tapi enaaak. Beneran deh, layak dicoba. Untuk ibu-ibu anti ribet seperti saya, pastinya suka bikin ini karena simpel dan cepat hihihi. 

Kali ini saya membuat mun tahu ayam jamur. Gunakan tahu yang bertekstur halus ya, seperti tahu sutra, tapi kalau gak ada ya pakai tahu biasa aja gpp kok. Konon mun tahu yang enak itu yang memakai daging giling, eeeh tapi saya belum pernah nyoba euy. Kalau punya daging giling pasti gak pernah bisa diolah jadi mun tahu, seringan berubah jadi macaroni schotel aja  hihihihi. In shaa Allah kapan-kapan bikin aaah yang pakai daging giling.




MUN TAHU AYAM JAMUR

Bahan :
400 gr tahu sutra, potong dadu dan sebagian hancurkan kasar
3 siung bawang puth, cincang halus
1/2 bawang bombay, cincang halus
200 gr fillet ayam, cincang kasar
50 gr jamur kancing, iris
3 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
Garam, gula pasir dan merica secukupnya
500 ml air
1/2 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
1 batang daun bawang, iris
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan berwarna kekuningan.
2. Masukkan ayam cincang dan jamur, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan saus tiram dan minyak wijen. Aduk hingga rata
4. Masukkan tahu dan tuang air. Bumbui dengan garam, merica dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan meresap, test rasa hingga sesuai selera.
5. Tuang larutan maizena hingga kekentalan yang diinginkan dan masak lagi hingga mendidih.
6. Angkat dan sajikan hangat dengan irisan daun bawang.

Jangan skip daun bawang dan minyak wijen ya karena ini yang bikin enak. Daun bawang yang melimpah ini juga yang jadi khas-nya mun tahu. Digadoin aja udah enak kok, dinikmati denga nasi juga tetap oke. Recomended deh pokoknya.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »