BOLU KUKUS 200



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh
Entah sudah berapa tahun saya gak bikin bolu kukus, udah lama banget deh. Kemarin itu ceritanya dapat snack box dan salah satu isinya adalah bolu kukus. Mendadak pengen bikin bolu kukus sendiri hihihi. Untuk yang generasi jadul seperti saya, pasti banyak yang punya kenangan dengan bolu kukus. Bolu kukus adalah salah 1 kue yang dulu sering dibuat oleh Mama, selain cake marmer dan sus. Dulu bolu kukus juga dicetak di cetakan plastik yang lucu-lucu. Saya paling senang kalau dapat yang bentuk beruang dan kura-kura hahahah. Hayooo ada yang pernah ngalami seperti saya? Kalau iya berarti sama jadulnya nih dengan saya hihihi.

Sebenarnya saya pengen bikin bolu kukus zebra, tapi anak-anak yang ikut bantuin udah ribut aja. Mana mau mereka bikin yang zebra, yang ada udah siap dengan pasta pandan dan pewarna pink heuheuheu. Ya udah deeeh mereka bikin sesuai yang mereka mau dan saya bikin putih aja dan saya tambahin meises.

Untuk resep bolu kukus, kali ini saya pakai resep bolu kukus 200 NCC yang sudah terkenal itu. Selalu suka dengan resep ini. Eh ya dulu banget waktu awal belajar bikin kue, saya juga ngalami lho yang namanya kutukan bolkus, yaitu gak mau merekah. Sekarang in shaa Allah udah bebas dari kutukan bolkus hihihi. Tipsnya dulu juga udah pernah saya share ya, nanti juga saya tuliskan lagi.




BOLU KUKUS 200
source : NCC

Bahan :
200 gr tepung terigu
200 gr gula pasir
2 butir telur
200 ml air soda (saya pakai Sprite)
1 sdt vanilla paste
1/2 sdt emulsifier (saya pakai SP)
meises secukupnya

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah, campur semua bahan kecuali meises. Kocok hingga mengembang dan kental, matikan api.
2. Masukkan meises, aduk hingga tercampur rata.
3. Panaskan kukusan hingga mendidih airnya, siapkan cup kemudian tuang adonan hingga penuh dan taburi meises.
4. Kukus selama kurang lebih 15 menit. Angkat

Notes :
1. Adonan harus dikocok hingga benar-benar kental. Waktu pengocokan tergantung dengan  mixer yang digunakan ya. 
1. Saat mengukus, gunakan api besar dan adonan harus dituang sampai penuh.
2. Apabila menggunakan dandang biasa, bungkus tutupnya dengan serbet agar uap air tidak menetes. Apabila menggunakan klakat yang tutupnya segitiga, tidak perlu dibungkus ya.
3. Kukusan jangan diisi dengan terlalu banyak bolu



Yuuuk nostalgia dengan bolu kukus

Happy steaming yaa ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »