PUDING ROTI APEL



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Halooo...Bunda kemana aja, blognya gak pernah diupdate? Hiiiks...sebenarnya gak kemana-mana sih, cuma memang lagi banyak kerjaan dan diuber dateline. Jadinya kalau sempat online via laptop ya gak sempat update blog, tapi nulis yang lain heuheuheu. Akhirnya blognya dianggurin deh, udah lama banget gak posting ya. Ntar kalau kerjaan udah beres, in shaa Allah update lagi seperti biasa. Seperti biasa, kalau mau lebih update bisa follow IG saya yaa

Kali ini saya bikin puding roti apel atau bahasa erennya apple bread pudding. Kesukaan saya banget deh. Saya bikin untuk takjil berbuka puasa, masya Allah nikmatnya. Puding roti ini enak disajikan hangat atau dingin, tapi saya lebih suka yang dingin. Untuk membuat puding roti saya suka menggunakan roti tawar yang berkulit, karena nanti ada renyah-renyahnya gitu di kulitnya. Bisa juga lho memakai roti Prancis atau baguette. Yeeess...kali ini saya memang memakai baguette.

Setiap membuat kue atau jajanan yang memakai apel, buat saya wajib banget memakai kayu manis bubuk. Apple pie, apple crumble, apple cake dan tentunya puding roti apel ini wajib banget memakai kayu manis bubuk. Jadi sebisa mungkin jangan diskip ya kayu manisnya karena memang membuat aromanya jadi lebih syedaap. Filling apel bisa menggunakan gula pasir atau gula palem, kali ini saya memakai gula palem. Bayangin deh filling apel dengan aroma kayu manis dan gula palem yang khas. Nikmat sekali aromanya.

PUDING ROTI APEL

Bahan :
1/2 roti Prancis atau baguette atau 6 lembar roti tawar kulit
500 ml susu cair
90 gr gula pasir
3 butir telur
2 kuning telur
2 sdm butter / margarin leleh
kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan

Bahan Filling / Topping Apel :
3 buah apel, kupas dan iris tipis
1 sdt air lemon atau air jeruk nipis
80 gr gula palem
30 gr kismis
1 sdt kayu manis bubuk

Cara Membuat Filling dan Topping Apel :
1. Campurkan apel dan air lemon. Aduk hingga rata kemudian masukkan kismis, gula palem dan kayu manis bubuk. Aduk rata kembali.
2. Simpan ke dalam lemari es kurang lebih selama 30 menit hingga keluar juice-nya atau berair.
3. Siap digunakan

Cara Membuat Bread Pudding :
1. Panaskan oven 160'C, siapkan pinggan tahan panas, oles tipis dengan butter atau margarin. Siapkan pula loyang lebar untuk proses steam bake.
2. Dalam bowl, campurkan susu, gula, telur dan butter leleh. Aduk rata menggunakan whisker.
3. Tata potongan roti di dasar pinggan, siram dengan sebagian campuran susu. Biarkan sejenak hingga meresap kemudian tata sebagian apel di atasnya.
4. Tata kembali sisa roti di atas apel dan siram kembali dengan sisa campuran susu. Biarkan meresap.
5. Beri topping apel di atasnya.
6. Panggang dengan cara steam bake atau au bain marie, yaitu pinggan diletakkan di atas loyang yang berisi air panas. Panggang hingga set kurang lebih selama 40 menit. 


7. Angkat dan siap disajikan hangat atau dingin.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »