NASI LIWET SUNDA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Postingan ke-3 saya tentang nasi liwet Sunda. Sering juga ya, maklum saya memang hobby banget dengan nasi liwet Sunda. Sebenarnya saya juga suka banget nasi liwet ala Solo, bahkan dari kecil saya sudah terbiasa banget dengan menu tersebut. Tapi memang kalau bikin nasi liwet ala Solo, gak afdol kalau gak komplit ya. Mulai dari ayam opornya, sambel goreng krecek dan juga sayur labu. Duuh nulis gini aja langsung kemecer pengen nasi liwet Solo. Ntar lah kalau pas lagi senggang, bener-bener diniatin bikin yang komplit sekalian.

Kembali ke nasi liwet Sunda, di postingan sebelumnya saya udah sharing cara memasak yang memakai panci kastrol ataupun versi praktisnya memakai  magic com. Kali ini saya cuma mau merangkum aja sih karena sering juga yang nanyain lagi dan lagi hehehe. Padahal kalau di search di blog pasti ada deh kedua versi tersebut.

Untuk membuat nasi liwet Sunda baik yang versi panci kastrol atau versi magic com, sebenarnya tidak ada takaran pasti karena tergantung dengan kondisi beras yang kita pakai. Kalau saya biasanya memakai patokan takaran air diukur 2 jari dari dasar beras. Tapi gak pasti juga sih ya, kembali lagi ke kondisi beras. Bumbu yang digunakan juga cukup simpel, yaitu duo bawang, daun salam dan serai. Pelengkapnya menurut saya paling enak ya pakai ikan asin hihihi. Ikan asin ini bisa langsung dicampurkan ketika nasi sudah matang atau disajikan terpisah. Ikan asin yang sering saya gunakan adalah ikan asin jambal roti atau teri medan. Naaah yang ada di foto ini saya gak tau namanya, tapi enak deh karena tidak terlalu asin dan kalau digoreng bisa renyah banget. Kalau ikan asin akan dicampurkan ke nasi, takaran garam juga disesuaikan aja ya dengan tingkat keasinan ikannya. Satu lagi yang bikin nasi liwet jadi tambah enak menurut saya adalah diberi daun kemangi. Jadi daun kemanginya tidak hanya sebagai lalapan. Tapi balik lagi ke masing-masing selera ya.

Lauk pelengkap lainnya yang cocok adalah tahu tempe goreng, lalapan dan sambal donk pastinya. Sambal bisa pakai sambal terasi atau sambal bajak. Kalau mau pakai sambal bawang juga enak aja atau bahkan sambal dadak dengan kucuran jeruk limau. Beeegh...jangan heran kalau makannya bisa nambah-nambah yaa.




NASI LIWET SUNDA

Versi Panci Kastrol

  1. Beras dicuci bersih kemudian letakkan di dalam panci. Tuang air kira-kira setinggi 2 ruas jari dari permukaan beras atau disesuaikan dngan kondisi beras.
  2. Iris tipis bawang merah dan bawang putih kemudian tumis hingga harum. Tiriskan dari minyak kemudian masukkan ke dalam panci. Tambahkan garam, daun salam dan serai, aduk hingga rata.
  3. Tutup panci dan masak hingga air menyusut atau hampir kering.
  4. Goreng ikan asin hingga kering, kemudian masukkan ke dalam panci. Apabila suka bisa juga dimasukkan cabe rawit utuh atau irisan cabe merah besar.
  5. Kecilkan api, tutup panci dan masak lagi hingga benar-benar matang dan tanak.
  6. Setelah matang, bisa ditambahkan daun kemangi bila suka, aduk lagi sebelum disajikan.
Versi Magic Com
  1. Cuci bersih beras kemudian letakkan di panci magic com.
  2. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum, tiriskan dari minyak kemudian tuang ke panci magic com. Tambahkan daun salam, serai dan garam, aduk hingga rata kemudian tuang air.
  3. Nyalakan tombol ON dan masak hingga matang.
  4. Goreng ikan asin hingga kering
  5. Setelah nasi matang, tuang ikan asin, cabe rawit atau cabe besar serta daun kemangi bila suka. Aduk hingga rata kemudian nyalakan tombol ON lagi agar nasi benar-benar tanak.
  6. Setelah matang, siap disajikan
Kalau memakai panci kastrol nanti di dasar panci ada sisa-sisa kerak nasi yang biasa disebut "intip". Kerak nasi ini enak banget lho, saya sukaaa hihihi.




Selamat mencoba yaa...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »