NACHOS SAUS SALSA DAN KEJU



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Nachos adalah salah 1 makanan yang berasal dari Mexico, tepatnya berasal dari kota Piedras Negras, Coahuila. Nachos terbuat dari kripik tortilla yang bisa disajikan langsung sebagai snack ataupun sebagai main dish alias hidangan utama. Nachos sebagai hidangan utama, bisa disajikan dengan berbagai tambahan saus, misalnya saus keju, saus salsa, saus daging kacang merah, sour cream dan lain sebagainya. 

Kalau di tempat tinggal saya mah mana ada yang jual nachos, jadi harus bikin sendiri. Kan disini gak ada resto Mexico, yang banyak warung nasi pecel heuheuheu. Kali ini saya membuat nachos dengan saus salsa dan keju, terinspirasi dari Mbak Endang Just Try & Taste. Bahan-bahannya lagi-lagi disesuaikan dengan yang ada di rumah donk, maklum males juga kalau kudu keluar lagi nyari-nyari yang kurang. Saus kejunya saya buat tidak pedas karena tidak memakai cabe bubuk. Sebagai gantinya, saus salsa-nya saya pakai cabe rawit yang lumayan banyak hihihi. Untuk kripik tortilla-nya pakai yang siap pakai, bisa diperoleh dengan mudah di supermarket. Kebetulan saya memang suka ngemil kripik tortilla tersebut dan sering nyetok di rumah untuk camilan. Yuuk...yuuuk...yang mau coba bikin nachos ala-ala di rumah. In shaa Allah enak deh dan disukai keluarga.




NACHOS SAUS SALSA DAN KEJU

Bahan Saus Keju :
2 sdm butter / margarin
2 sdm tepung terigu
1/2 sdt bawang putih bubuk
400 ml susu cair
100 gr keju cheddar / parmesan
1/2 sdt merica bubuk 
Parsley secukupnya, cincang halus

Cara Membuat Saus Keju :
1. Panaskan butter / margarin hingga leleh, masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata.
2. Tuang sebagian susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga halus.
3. Masukkan bawang putih bubuk dan merica. Aduk hingga rata kemudian tuang sisa susu dan keju parut. Masak hingga halus dan meletup-letup.
4. Matikan api, masukkan parsley. Aduk hingga rata dan siap digunakan.

Bahan Saus Salsa :
7 tomat cherry bisa juga pakai tomat biasa
2 cabe hijau, buang bijinya dan iris halus
3 cabe rawit, iris halus
1/2 lemon, ambil airnya

Cara Membuat Saus Salsa :
1. Potong dadu kecil tomat, campurkan dengan irisan cabe. Aduk hingga rata.
2. Beri air lemon, aduk rata dan siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Siapkan mangkok saji, tuang kripik tortilla.
2.Tuang saus salsa dan saus keju. Sajikan segera.




Enak banget lho, saya suka sekali saus salsa-nya, rasanya asam pedas, segeer deh. Pas banget dipadukan dengan saus keju. Nachos saus salsa dan keju ini harus segera dinikmati setelah dibuat ya, kalau nungu kelamaan ntar kripik tortilla-nya melempem deh kena sausnya. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »