CILOK KUAH



Bismillahirrohimanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Kalau lagi musim hujan gini, pastinya enak banget ya makan yang hangat-hangat. Mulai dari gorengan hangat sampai bakso hangat hihihi. Trus minumnya boleh pilih, lemon tea, coklat panas atau bajigur...duuuh enak kan. Itu sering saya alami, kalau udah sore-sore hujan, masing-masing request minuman favorit mereka masing-masing. Saya tentunya bagian yang umek di dapur dan ngicip minuman masing-masing hahaha.

Naaah ini ceritanya pengen makan bakso waktu sore-sore hujan. Apa daya gak punya stok bakso, adanya cilok hasil bikin bareng anak-anak siang harinya. Cilok gak hanya enak dinikmati dengan saus kacang atau saus sambel favorit kan, tapi enak juga dibuatin kuah kaya gini. Yaa...gak ada bakso, cilok pun jadi lah. Sisa ciloknya juga saya simpan di kulkas dan keesokan harinya dibuat jadi seblak cilok yang sudah pernah saya posting beberapa waktu yang lalu. Serbaguna juga ya si cilok ini.

Cilok kuah saya ini super minimalis karena ya isianya cuma cilok aja heuheuheu. Ini mah minimalis karena memang gak punya pelengkap lainnya, bahkan sawi pun saya lagi gak punya. Minimalis karena melas ini mah >_< . Padahal kalau punya sawi, mie atau pangsit bakalan jadi cilok kuah super istimewa kan. Eh tapi ini ciloknya isi keju lho, jadi lumayan laaah masih ada yang bisa dipamerin hahaha.




Cilok ini sebagian ada yang saya goreng juga, ya biar mirip dengan bakso goreng gitu maksudnya. Gorengnya sebentar aja karena kalau kelamaan ntar tambah alot, jadi cukup sampai berkulit aja.

CILOK KUAH

Bahan Cilok :
225 gr tepung terigu
175 gr tepung sagu
2 batang daun bawang iris tipis
400 ml air kaldu
3 siung bawang putih goreng utuh lalu haluskan
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
Keju cheddar, potong dadu kecil untuk isian (optional)

Cara Membuat Cilok :
1. Dalam wadah, campur tepung terigu, tepung sagu dan irisan daun bawang. Aduk hingga rata.
2. Didihkan air kaldu, garam dan merica. Matikan api.
3. Tuang sedikit demi sedikit air kaldu ke dalam campuran tepung sambil diaduk rata memakai sendok kayu. Sesuaikan kondisi adonan ya, hentikan penambahan air bila sudah bisa dipulung atau tambahkan bila adonan dirasa masih kering.
4. Bulatkan adonan, pipihkan dan beri isian keju. Bulatkan kembali, lakukan hingga habis.
5. Didihkan air, rebus cilok hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Bahan Kuah :
5 siung bawang putih, memarkan dan tumis hingga harum
1 liter air kaldu
Garam dan merica bubuk secukupnya
1/2 butir pala
Daun bawang, potong-potong
Seledri

Cara Membuat Kuah :
1. Masukkan tumisan bawang putih ke dalam rebusan air kaldu. Bumbui dengan garam, merica bubuk dan pala.
2. Menjelang mendidih, masukkan daun bawang dan seledri.
3. Siap disajikan.




Biarpun gak ada bakso dan cuma ada cilok, tapi Masya Allah....gak kalah nikmatnya. Apalagi kalau dinikmati rame-rame bersama keluarga. Alhamdulillah

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »