SEBLAK CILOK



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Duet antara 2 makanan yang 'katanya' gak penting tapi sering bikin kangen, yaitu seblak dan cilok. Ceritanya saya lagi pengen banget makan seblak super pedas, tapi lagi gak punya krupuk aci ataupun makaroni. Biasanya saya selalu bikin seblak dengan 2 bahan tersebut. Kebetulan masih ada sisa cilok, jadi yaa kali ini bikin seblak cilok aja, alias cilok yang dibumbui seblak hihihi. Maksa yaaa. Eh biar gitu, ternyata enak banget lho rasanya. Makan 20 butir seblak cilok berasa kurang hahaha, maklum ciloknya juga sisa-sisa saya bikin cilok kuah. Next time yaa bikin lagi. Kalau gak ada cilok dan kebetulan punya stok bakso, bisa juga tuh dibuat seblak bakso. 

Untuk pelengkapnya, saya pakai telur aja. Sebenarnya pengen juga ditambahin sosis atau smoked beef, tapi males nungguinnya karena masih beku di kulkas. Ya udah laah pakai seadanya aja. Resep cilok udah pernah saya posting ya disini. Atau bisa juga pakai resep andalan masing-masing ya. Ntar in shaa Allah saya share juga postingan tentang cilok kuah yang gak kalah enaknya. Kalau yang suka main IG, resepnya bisa dilihat di akun IG saya yaa.




Biasanya kalau bikin seblak bisa pakai selusin cabe rawit, jadi bener-bener mantap pedasnya dan bikin puyeng seketika hilang hahaha. Kali ini pakai 1/2 lusin aja, gak berani yang terlalu heboh euy daaan memang rawit lagi mahal ya hihihi.

SEBLAK CILOK

Bahan :
20 butir cilok
1 butir telur, kocok lepas
Garam dan gula pasir secukupnya
100 ml air atau sedikit aja sesuai selera
1 batang daun bawang, iris 
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
4 siung bawang putih
4 butir bawang merah
2 cabe merah / keriting
6 cabe rawit atau sesuai selra
2 cm kencur

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
2. Masukkan cilok, tuang kocokan telur sambil diaduk cepat hingga berserabut.
3. Tuang air, bumbui garam dan gula. Test rasa hingga sesuai selera ya.
4. Masak hingga meresap dan sebelum diangkat, masukkan irisan daun bawang.
5. Angkat dan sajikan hangat dengan irisan rawit di atasnya bila suka 



Yakin nih gak mau nyoba? Biar makanan gak penting tapi enaaak lho, bisa jadi obat puyeng hihihi.

Semoga bermanfaat yaa 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »