BRUSCHETTA UDANG JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Bruschetta adalah salah satu makanan yang berasal dari Italia. Konon bruschetta pertama kali ditemukan sejak abad ke-15. Bahan utamanya adalah roti yang dipanggang, bawang putih, olive oil, garam dan lada. Saya pertama mengenal bruschetta di salah satu resto waralaba pizza yang terkenal itu, tau kaan yang saya maksud. Anak-anak saya pun sangat suka dengan bruschetta maupun garlic bread-nya. Jadi yang saya bikin ini juga bruschetta versi praktis yang mungkin memang berbeda dengan versi aslinya dari Italia sana ya hihihi.

Dibilang versi praktis karena memang menggunakan baguette atau roti Prancis sebagai bahan utamanya. Saya juga masih punya stok saus bolognese, jadi tinggal menambahkan variasi isian saja, yaitu saya memakai udang kupas dan jamur champignon. Baguette memang multi guna, makanya kalau lagi jalan ke supermarket saya juga suka beli. Kalau gak punya saus bolognese, bisa diolah menjadi garlic bread, bisa juga direndam susu plus telur menjadi french toast atau bahkan sebagai bahan dasar bread pudding. Asyik banget kan dari 1 bahan dasar kita bisa berkreasi. Kali ini saya share yang bruschetta dulu yaa.







Untuk pelengkap udang kupas dan jamur, saya hanya tumis sebentar memakai olive oil, sedikit garam dan lada. Saya tambahkan potongan tomat segar juga biar tambah komplet. Kalau kurang suka tomat segar, bisa juga tomatnya disiram dulu dengan air panas, diamkan sebentar hingga tomat matang baru kemudian dibuang bijinya dan dipotong dadu kecil. Bisa juga tomatnya dipanggang sebentar. Kalau saya mah tetap milih tomat segar aja, praktis tinggal motong-motong aja hihihi.

Selain menggunakan jamur dan udang, bisa memakai variasi yang lain, misalnya daging cincang, tuna atau ayam yang disuwir-suwir, smoked beef, peperoni atau bahkan sosis. Kalau cuma pakai saus bolognese juga udah oke kok hihihi. Gak sempat bikin saus bolognese? Bisa beli yang siap pakai yaa.

BRUSCHETTA UDANG JAMUR

Bahan :
1 baguette / roti Prancis, potong serong dengan ketebalan 1-1,5 cm
200 gr udang kupas
5 jamur kancing, belah 3 (saya pakai yang kalengan)
1 sdm olive oil
sejumput garam dan lada bubuk
2 tomat, buang bijinya dan potong dadu kecil
Saus bolognese
Keju mozarella
Oregano kering
Butter atau margarin

Cara Membuat :
1. Panaskan olive oil, tumis udang dan jamur hingga berubah warna. Bumbui garam dan lada, masak hingga matang. Angkat dan sisihkan.
2. Oles 1 sisi potongan roti dengan butter, beri saus bolognese hingga rata, letakkan tumisan udang dan jamur serta potongan tomat. Taburi dengan mozarella dan oregano di atasnya.
3. Tata di loyang dan panggang dengan suhu 180'C selama 10 menit.
4. Angkat dan sajikan hangat.




Bruschetta versi praktis ini enak buat sarapan, bekal atau sekedar camilan di sore hari. Yang bikin juga senang karena super gampang, bahkan anak-anak bisa bantuin juga dan memilih topping favorit mereka.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »