AYAM BEKAKAK



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Quick post yaaa...apalagi cuma bermodal 2 foto doank nih hihihi. Ceritanya tuh sebenarnya sejak pagi udah nguprek buat bikin ayam bekakak trus setelah selesai ngungkep, ditinggal donk untuk "makaryo". Maksud hati ntar siang pulang tinggal bakar ayamnya dan pas makan siang masih anget donk ayamnya. Ternyataaaa siang pulangnya telat, bakar ayam sambil bolak balik liat jam hihihi. Pak bos datang pas ayam selesai ditata di tampah ini trus bilang donk, pinjem bentar yaaa buat difoto hahaha. Nah kalau udah gitu masa mau kelamaan foto, ya udah laaah 5x jepretan pun jadi. Styling sama persis, cuma yang 1 agak deket aja ngambilnya. 

Pastinya udah pada tau ayam bekakak kan. Yuuup ayam bakar khas Sunda ini sudah terkenal banget kelezatannya. Disajikan dengan nasi hangat, sambel terasi dan lalapan, ulalalaaaa...jangan salahkan kalau nasi di magic com cepat habis ya hihihi. Ciri khas dari ayam bekakak ini adalah biasanya menggunakan ayam kampung utuh yang dibelah tidak sampai terputus. Boleh juga sih kalau mau pakai ayam negeri, tapi gunakan yang ukuran kecil aja ya. Kalau rasanya pasti lebih enak pakai ayam kampung donk pastinya. Menurut saya, ayam bekakak ini paling enak kalau dibuat sedang aja pedasnya, kalau suka pedas, kita tinggal bikin sambel yang super pedas kan. Tapi kalau memang hobby pedas segalanya (jiaaah bahasanya >_<) bisa pakai cabe keriting ya.

Monggo kalau ada yang pengen nyobain bikin juga. Waktunya memasaknya memang agak lama, karena biar ayam kampung benar-benar empuk dan bumbu meresap. Tapi semua itu sesuai kok dengan rasanya. Bikin yuuuk

AYAM  BEKAKAK

Bahan :
1 ekor ayam kampung, belah jangan sampai terputus
1 liter santan
3 helai daun salam
1 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 sdm gula merah
Garam secukupnya

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1/2 sdm ketumbar sangrai
2 cm jahe
2 cm lengkuas
5 cabe merah / cabe keriting

Pelengkap :
Sambal terasi
Lalapan

Cara Membuat :
1. Masukkan semua bahan ke dalam wajan, tutup dan masak sambil sesekali diaduk. 
2. Masak hingga ayam empuk, santan menyusut dan bumbu meresap. Test rasa sesuai selera.
3. Panggang ayam di atas bara api atau pan anti lengket sambil dioles-oles sisa bumbu.
4. Angkat dan sajikan dengan pelengkap



Selamat mencoba....semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »