APPLE & RAISIN CRUMBLE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Yang lagi jadi favorit adek niiih...apple crumbel. Kayanya nyaris tiap minggu bikin apple crumble ini. Memang enak lho dan lebih praktis dibanding bikin apple pie. Kalau bikin pie kan harus nyetak kulit pienya, sedangkan kalau ala crumble gini tinggal ditaburkan saja di atas filling apel. Bisa juga membuat apple pie dengan topping crumble atau bahkan aneka cake dengan topping crumble. Multi fungsi ya si crumble ini dan menurut saya memang enaak.

Dulu pertama bikin apel crumble ini saya membuat filling dari apel yang diiris kotak kecil, gula palem dan kayu manis bubuk. Rasanya pastinya manis donk ya, dengan semburat aroma kayu manis. Memang sebaiknya kayu manis bubuk ini tidak diskip atau kalo menurut saya wajib pakai hihihi. Maklum aja apel, gula palem dan kayu manis kan memang jodoh yang bisa bikin enaaak banget. Trus kalau gak punya kayu manis bubuk gimana? Kalau saya sih mending ke TBK dulu deh buat beli heuheuheu.

Menurut saya, filling yang saya buat ini lebih enak dibanding kalau hanya memakai 3 bahan yang sudah saya sebutkan di atas. Karena apa? Karena saya menambahkan juga kismis, lemon zest dan air lemon. Kebayang kan gimana segernya, rasanya gak melulu manis tapi ada asem-asem segernya. Enaak deh pokoknya. Selain digunakan untuk apple crumble, resep filling apel ini juga cocok sekali untuk isian apple pie, atau bahkan apple pastry. 

Apple crumble ini enak disajikan hangat ataupun dingin. Kalau saya suka yang versi dingin. Mau lebih spesial, sajikan dengan es krim vanilla. Voilaaa...enak bangeeet.






APPLE & RAISIN CRUMBLE

Bahan :
5 buah apel, kupas dan potong dadu kecil (saya pakai apel Malang)
130 gr gula palem
1 sdm lemon zest (parutan kulit lemon)
1 sdt kayu manis bubuk
2 sdm air lemon
100 gr kisimis
----> aduk rata semua bahan

Bahan Crumble :
150 gr tepung terigu serbaguna
50 gr butter
90 gr gula pasir halus
---> aduk rata memakai pisau pastry hingga membentuk crumble atau butiran-butiran

Penyelesaian :
1. Siapkan wadah taha panas, tuang campuran apel hingga 3/4 penuh
2. Tuang crumble hingga penuh kemudian panggang suhu 150'C selama kurang lebih 30 menit.
3. Angkat, bisa disajikan hangat atau dingin.



Naaah ini versi yang dicetak di ramekin dan memakai es krim vanilla. Beneran deh enak...recomended untuk dicobain.

Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar