TAHU GEJROT BELIMBING WULUH



Bismillahirrohmanirrohim

Yang selalu jadi favorit saya dan pak suami adalah tahu gejrot. Tahu gejrot adalah makanan khas dari Cirebon. Berupa potongan tahu yang disiram dengan kuah gula merah yang diberi asam jawa dengan bumbu-bumbu yang diuleg kasar. Bumbu-bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Rasanya manis, pedas dan asam...enaaak deh. 

Di daerah tempat tinggal saya kayanya gak ada deh yang jual tahu gejrot, padahal Kediri adalah kota tahu ya. Yang populer tentu saja adalah tahu petis yang memang jadi salah satu makanan khas Kediri. Jadinya kalau pengen tahu gejrot, ya harus bikin sendiri.

Biasanya kalau membuat tahu gejrot saya hanya memakai asam jawa. Naaah kebetulan di tukang sayur ada belimbing wuluh, langsung deh saya kebayang masak garang asem dan tahu gejrot ini. Walaupun sudah memakai belimbing wuluh, saya tetap memakai sedikit asam jawa. 






TAHU GEJROT BELIMBING WULUH

Bahan :
4 kotak tahu, rendam dengan air garam dan goreng dengan minyak yang banyak agar kopong bagian dalamnya, potong-potong
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
300 ml air
3 belimbing wuluh, iris-iris
1 sdt asam jawa, siram dengan  2 sdm air panas, tekan-tekan dan ambil airnya
11/2 sdt garam
1 sdm kecap manis

Bumbu Uleg Kasar :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
10 cabe rawit (saya pakai yang merah dan hijau)

Cara Membuat :
1. Rebus air, gula merah dan gula pasir, masukkan bumbu uleg kasar.
2. Tambahkan air asam jawa, garam dan kecap manis. Masak hingga mendidih kemudian masukkan belimbing wuluh. Test rasa hingga sesuai selera. Matikan api.
3. Siapkan piring saji, letakkan potongan tahu dan siram dengan kuah gula merah beserta bumbunya. Sajikan

Pedasnya disesuaikan dengan selera aja ya, demikian juga dengan asam manisnya. Yang jelas tahu gejrot enaknya tuh pedaaaas.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

SOTO AYAM LAMONGAN



Bismillahirrohmanirrohim

Punten...postingan tentang soto ayam lagi euy. Kali ini adalah soto ayam lamongan. Udah pada tau kan kalau salah satu yang terkenal dari kota Lamongan ya sotonya ini. Soto lamongan mempunyai kuah bening karena memang menggunakan kemiri serta tidak memakai santan. Yang khas adalah penggunaan koya sebagai pelengkap. Koya adalah krupuk udang yang dihaluskan dengan bawang putih goreng. Enak deh bikin tambah gurih kuah sotonya.

Ini adalah pertama kalinya saya masak soto lamongan. Gimana gak males bikin soto lamongan, lha di dekat rumah ada beberapa penjual soto lamongan yang enak. Bahkan di sebelah rumah mama ada penjual soto lamongan yang tidak pernah sepi pembelinya. Kalau lagi gak sempat masak yang ujung-ujungnya beli soto lamongan itu hihihi. Akhirnya penasaran lah saya pengen bikin juga soto lamongan ala-ala saya. Eh yaaa fotonya gak banget deh ya, ampun deeeh gak konsen banget mau foto. Akhirnya dari sekitar 25 jepretan akhirnya cuma ada 3 ini yang dianggap lumayan. Naaah lumayannya ini juga aneh banget menurut saya huhuhu.




SOTO AYAM LAMONGAN

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong-potong
2 liter air
2 helai daun salam
5 helai daun jeruk
2 batang serai, memarkan
4 cm lengkuas, memarkan
3 sdt garam
1 sdt gula pasir
2 batang daun bawang
1 ikat kecil seledri, simpulkan
2 sdm minyak sayur untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cm kunyit
2 cm jahe
1/4 sdt merica butiran
5 butir kemiri sangrai

Pelengkap :
Soun, seduh air panas
Kol, iris halus
Telur rebus
Seledri dan daun bawang, iris halus
Jeruk nipis
Bawang goreng
Koya
Sambal

Cara Membuat :
1. Rebus ayam dalam air mendidih, masukan seledri, masak hingga ayam empuk.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai hingga harum dan matang, kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam. Masak dengan api kecil hingga mendidih.
3. Angkat ayam, goreng sebentar bila suka dan suwir-suwir. Sisihkan.
4. Bumbui kuah dengan garam dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai dengan selera.
5. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang. Matikan api.
6. Sajikan dengan pelengkap.

Notes :
- Cara membuat koya : iris tipis bawang putih dan goreng kemudian tumbuk dengan krupuk udang goreng hingga halus
- Cara membuat sambal : cabe dan bawang putih direbus, haluskan dengan garam dan gula pasir kemudian tambahkan sedikit kuah soto.




Kalau di penjual soto ayam lamongan, biasanya ayam tidak digoreng terlebih dahulu. Mungkin biar teksturnya gak keras ya, jadi kalau suka, ntar gorengnya gak usah lama-lama ya. Biasanya abang-abang penjual soto lamongan itu akan memasukkan kembali tulang-tulang ayam ke dalam kuah sotonya. Hmmm..kayanya itu juga yang bikin tambah gurih yaa.

Happy cooking...selamat mencoba ^^

TAUTO AYAM



 Bismillahirrohmanirrohim

Salah satu makanan favorit saya sejak kecil adalah tauto. Tauto adalah salah satu jenis soto yang berasal dari Pekalongan Jawa Tengah. Berbeda dengan soto lainnya yang pada umumnya berkuah kuning, maka kuah tauto ini berwarna coklat kemerahan. Rasanya unik karena memakai tauco dan juga cabe merah yang dihaluskan. Gurih-gurih dengan sedikit pedas gitu. Biasanya tauto dimasak dengan memakai bahan daging sapi, tapi ternyata tauto ayam juga enak lho.

Mama dan alm. Papa saya berasal dari Pekalongan, maka tidak heran kalau saya sangat familiar dengan tauto sejak saya masih kecil. Masih ingat banget kalau saya dan kakak adek saya selalu "happy" kalau Mama sudah masak tauto ini. Saya suka sekali dengan tauto yang memakai jantung sapi, jadi dulu irisan daging dan jantung sapi itu saya tata di tepi piring dan dimakan terakhir hahaha. Jadi nasi dimakan dengan kuah tauto, soun dan kerupuk saja, dagingnya belakangan. Aaaah...malah jadi ingat alm. Papa nih, karena beliau juga senang sekali dengan tauto.



Kali ini saya membuat tauto ayam yang tidak kalah enaknya apabila dibandingkan dengan tauto sapi. Saya memakai ayam kampung agar tidak terlalu berlemak dan rasanya lebih gurih. Kalau gak ada ayam kampung, boleh aja kok pakai ayam broiler biasa. Untuk pelengkapnya biasanya memakai soun atau bihun, tauge, irisan daun bawang, bawang goreng dan sambal atau cabe rawit yang sudah direbus. Kali ini saya gak pakai tauge karena lupa belinya hihihi. Eh ya irisan daun bawang untuk taburan kalau bisa jangan diskip ya, karena menurut saya ini bikin tambah enak. Masih terasa "kriuk" daun bawangnya ketika kita menikmatinya. Jadi daun bawang selain dimasukkan saat dimasak, juga ditaburkan di atas mangkok saji ya. Ketika saya masih kecil dulu, mama selalu membuang biji cabe merah yang dipakai agar kami tidak kepedasan. Cabe rawit yang sudah direbus disediakan untuk Papa yang suka makan tauto pedas. Naaah...sampai sekarang pun saya juga selalu membuang biji cabe merahnya karena anak-anak saya pun suka dengan tauto ini. Silahkan yang ingin mencoba resepnya ya

TAUTO AYAM

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong sesuai selera
2 liter air
1 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
3 sdm kecap manis
2 sdm tauco
2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabe merah (bisa juga pakai cabe keriting atau ditambahkan cabe rawit bila suka pedas)

Pelengkap :
Soun / bihun 
Tauge yang disiram air panas / direbus sebentar
Seledri dan daun bawang, iris
Bawang goreng
Cabe rawit, direbus atau sambal
Lontong atau nasi

Cara Membuat :
1. Rebus ayam dalam air mendidih, masukkan cabe merah yang akan dihaluskan. Rebus hingga cabe merah layu dan angkat, teruskan merebus ayam hingga 1/2 empuk.
2. Haluskan cabe merah bersama bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan tauco. Uleg kasar.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu hingga matang dan harum kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam.
4. Masukkan kecap manis, garam, merica dan gula pasir. Kecilkan api dan teruskan memasak hingga ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap. Jangan lupa test rasa hingga sesuai selera ya.  
5. Menjelang diangkat masukkan irisan daun bawang.
6. Matikan api, ambil potongan ayam dan suwir-suwir. Sajikan hangat dengan pelengkap.






Saya suka sekali menikmati semangkok tauto dengan menggunakan lontong. Resikonya yaaa...cepat lapar lagi hihihi. Gini ini nih perut lokal banget, kalau belum makan nasi ya ngakunya belum makan >_<  Untuk yang biasanya mudik via jalur Pantura, jangan lupa mampir makan tauto saat lewat Pekalongan ya, sapa tau ntar bisa ketemu saya yang lagi jajan tauto hahaha.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

KEMBANG TAHU / TAHWA NAN SIMPEL



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo apa kabar? Alhamdulillah setelah beberapa waktu lalu keluarga saya sakit bergantian, sekarang sudah berangsur membaik dan sembuh. Aktivitas saya juga sudah mulai normal seperti sedia kala dan anak-anak juga sudah bisa masuk sekolah lagi. Alhamdulillah ya Allah.

Tahwa atau kembang tahu dikenal sebagai salah satu minuman yang mendapatkan pengaruh dari kuliner peranakan. Menurut Wikipedia, tauhue atau yang di Indonesia lebih umum dikenal dengan nama kembang tahu adalah sebuah penganan tradisional Tionghoa. Pembuatan tauhue mirip dengan cara pembuatan tahu. Kacang kedelai yang sudah direndam akan diperas untuk menghasilkan susu kedelai dan kemudian ditambahkan sedikit gipsum untuk menghasilkan bentuk yang padat tetapi lembut. Mirip dengan tahu sutra ya. Tauhue sangat populer di kawasan Tiongkok bagian selatan dan biasanya dihidangkan dengan air gula, sedangkan di Taiwan biasanya dihidangkan dengan kacang merah dan air jeruk nipis. Di Indonesia biasanya kembang tahu disajikan dengan kuah jahe atau bahasa jawanya wedang jahe. Cocok disajikan di saat dingin, kan butuh kehangatan tuh yaa hihihi.

Di daerah Malang dan sekitarnya (termasuk daerah saya hihihi), kembang tahu ini disebut tahwa. Kalau di Malang sana, kita bisa dengan mudah menemukan penjual tahwa, sedangkan di tempat saya agak susah juga nyarinya. Cuma ada 1 penjual tahwa keliling di tempat saya. Harganya juga cukup terjangkau yaitu Rp 4500 per mangkok. Biasanya tahwa disajikan juga dengan menambahkan bubur kacang hijau putih dan taburan kacang. Kalau saya sih lebih senang yang tanpa bubur kacang hijau. 

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, untuk membuat tahwa dibutuhkan "gipsum" untuk merubah tekstur susu kedelai menjadi padat namun lembut. Gipsum tersebut berupa Glucono Delta Lactone (GDL), duuuh..susah amat ya namanya. Kalau saya biasa menyebutnya dengan batu tahu. Batu tahu ini ada yang berupa bongkahan warna putih bening dan ada juga yang sudah berupa bubuk. Pada beberapa resep disebutkan bahwa batu tahu ini dicampurkan dengan larutan maizena untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan, tapi ada pula yang langsung dilarutkan dengan air biasa. Proses pembentukan biasanya selama 30 menit saja.

Naaah...kembang tahu yang saya buat ini sebenarnya adalah versi abal-abal alias versi KW >_<  Gimana gak abal-abal karena saya gak membuat kembang tahu dengan cara yang saya tulis di atas melainkan dengan membuat puding sutra. Hiiikss...mohon dimaklumi ya, karena saya gak bisa nemu batu tahu dan seperti biasanya, saya mah pengennya bikin yang simpel aja tetapi mendekati aslinya. Siapa tau ada yang seperti saya, ngidam kembang tahu tapi males nguprek lama-lama di dapur hahaha. Itu mah saya aja kali ya. Puding sutra adalah puding yang memiliki tekstur padat tetapi lembut. Untuk menikmati puding sutra kita harus menggunakan sendok dan tidak bisa diiris karena sangat lembut. Beda lagi dengan silky pudding yang beberapa waktu lalu saya posting ya, padahal namanya sama-sama sutra hehehe. Puding sutra yang saya maksud disini masih memakai "perekat" berupa agar-agar bubuk sehingga teksturnya lebih padat dibanding puding sutra / silky pudding yang hanya memakai susu dan maizena.






Untuk mendapatkan aroma kedelai, saya memakai susu kedelai untuk bahan puding sutranya. Takaran gula bisa disesuaikan dengan selera atau manis atau tidaknya susu kedelai yang kita pakai ya. Kebetulan saya pakai susu kedelai yang sudah manis, jadi pakai gula sedikit aja. Untuk kuah jahenya, saya tambahkan serai agar aromanya lebih sedap, silahkan diskip kalau kurang suka ya. Gunakan gula merah yang warnanya tidak terlalu gelap agar kuah jahenya cantik dan tidak terlalu gelap warnanya. 

KEMBANG TAHU / TAHWA NAN SIMPEL

Bahan Puding Sutra Kedelai : 
1 bungkus (7 gr) agar-gar bubuk
1400 ml susu kedelai
50 gr gula pasir
2 helai daun pandan, simpulkan
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli

Cara Membuat :
1. Campur agar-agar bubuk, gula pasir, vanilli, garam, daun pandan dan susu kedelai.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api dan biarkan dingin.
3. Setelah set dan padat, sendokkan ke mangkok saji dan sajikan dengan kuah jahe hangat. 

Bahan Wedang Jahe :
1 liter air
100 gr jahe, cuci bersih, bakar dan memarkan
150 gr gula merah
3-5 sdm gula pasir atau sesuai selera
1 batang serai (optional)

Cara Membuat :
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe, serai, gula merah dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai selera dan biarkan mendidih lagi.
2. Saring dan tuang panas-panas ke kembang tahu.

Kalau suka dengan wedang jahe yang pedas, bisa memakai jahe merah ya atau jahenya diparut. Waah..beneran mantap deh. Saya sukanya yang biasa-biasa aja gak terlalu pedas, karena anak saya ikut minum juga wedang jahenya. 



Alhamdulillah...lumayan sekali buat "tombo pengen". Aromanya sih mirip dengan tahwa beneran karena memang memakai susu kedelai hehehe. Enak dinikmati saat sore-sore pas hujan nih, bikin hangat di badan.

Selamat mencoba...semoga menginspirasi ya ^^

MIE GORENG NAN SIMPEL UNTUK SARAPAN



Bismillahirrohmanirrohim

Postingan gak penting lagi nih hiiiks. Pastinya siapa aja bisa donk bikin mie goreng, eh ini kok masih aja posting tentang mie goreng hahaha. Gak apa-apa ya, mohon dimaklumi karena kebetulan aja pas punya foto mie goreng. Trus karena saya juga lagi sok sibuk ngurus kerjaan ini itu, jadi gak sempat nyobain resep baru di dapur hehehe.

Pasti banyak yang suka donk dengan mie goreng. Salah satu menu yang enak disajikan pagi, siang, sore ataupun malam. Eittsss...itu kata saya sih yang memang penggemar mie. Biasanya saya bikin pas sarapan, karena selain cepat juga bahan pelengkapnya bisa menyesuaikan isi kulkas. Tau sendiri donk kalau untuk ibu-ibu seperti saya ini, saat pagi adalah saat-saat yang penuh dengan kehebohan. Jadinya biasanya masak yang simpel aja untuk sarapan. Kebetulan saya masih punya udang, cumi dan bakso. Jadilah semua tumplek blek saya masukkan ke dalam mie goreng. Sebenarnya saya juga udah ngocok telur mau dibuat orak arik untuk pelengkap mie. Tapiii karena faktor U kali ya, telurnya lupa tuh gak diapa-apain dan sampai mie nya habis mangkok telurnya masih duduk manis di dekat kompor. Hadeeeh parah. Soo... pelengkapnya silahkan sesuai selera dan sesuai isi kulkas aja ya hihihi

Untuk membuat mie goreng ini biasanya saya menggunakan air kaldu, yang fungsinya sebagai penyedap juga untuk mempercepat wortel empuk. Kalau gak ada air kaldu, pakai air biasa boleh laaah. Sedikit tips apabila kita membuat mie goreng dalam jumlah yang banyak, biasanya saya menambahkan kecap langsung pada mie yang sudah ditiriskan dan kemudian diaduk hingga rata menggunakan sumpit atau garpu. Pernah nyobain, kecap dimasukkan ketika dimasak, hasilnya jadi gak rata. Entah ini sayanya yang gak bisa ngolahnya atau gimana, jadinya sampai sekarang kalau bikin mie yang banyak, kecap selalu saya masukkan sebelum mie dimasukkan wajan. Kalau bikinnya cuma sedikit, yaaa langsung aja deh kecap dimasukkan di wajan.

MIE GORENG

Bahan :
200 gr mie kering, rebus sebentar hingga lunak atau siram air panas
3 siung bawang putih, memarkan
200 gr udang, kupas kulitnya dan kerat punggungnya
100 gr cumi-cumi, buang tinta dan kulitnya, potong-potong
5 bakso, iris tipis
1 ikat sawi, potong-potong
1 wortel, iris tipis korek api
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap ikan
2 sdm saus tiram
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
1 sendok sayur air kaldu
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum kemudian masukkan udang, cumi dan wortel. Aduk hingga rata.
2. Masukkan kecap manis, kecap ikan, saus tiram, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
3. Tuang air kaldu, masak hingga wortel empuk  kemudian masukkan bakso dan sawi. Aduk dan test rasa hingga sesuai selera. Masak hingga kaldu menyusut.
4. Masukkan mie, aduk rata,
5. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng atau acar. 




Don't skip your breakfast yaa ...semoga bermanfaat ^^

LUMPIA APEL KARAMEL



Bismillahirrohmanirrohim

Masih punya stok spring roll pastry alias kulit lumpia siap pakai di kulkas, berarti itu tandanya harus bikin gorengan lagi hihihi. Alasan banget deh ya, padahal aslinya mah memang hobby makan gorengan. Lumpia apel karamel ini memang gak cantik penampilannya ya, tapi kalau menurut saya sih penampilannya eksotis. Tsaaaah...eksotis katanya. Gimana gak eksotis, tuh kulitnya penuh dengan warna coklat karamel dari isiannya. Mirip ya dengan penampilan pisang karamel yang enak itu. Ketika isiannya masih agak panas, langsung saya isikan di kulitnya nih, makanya jadi eksotis gitu hihihi. Lumpia apel saya yang mulus bisa dilihat penampakannya disini ya.

Lumpia apel ini selalu jadi favorit anak-anak saya. Kalau bunda sudah bikin lumpia apel, pasti deh cepet banget habisnya. Sayanya juga seneng karena bikinnya super gampang. Untuk membuat isian apel ini, resepnya sama dengan kalau saya membuat isian apple pie atau apple turnover. Semua sudah pernah saya posting ya...monggo kalau pengen ngubek-ngubek blog hihihi.




LUMPIA APEL KARAMEL

Bahan :
10 lembar spring roll pastry (kulit lumpia) siap pakai
3 buah apel, kupas dan potong dadu kecil
80 gr gula pasir
2 sdm gula palem
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdm air lemon / jeruk nipis
3 sdm maizena
2 sdm butter / margarin
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Campurkan potongan apel, gula pasir, gula palem, kayu manis bubuk dan air lemon. Aduk hingga rata dan simpan di dalam kulkas selama kurleb 30 menit hingga mengeluarkan air / juice.
2. Keluarkan apel dari kulkas, taburi maizena dan aduk rata.
3. Masak dengan api sedang hingga apel agak lunak dan juice-nya mengental. Matikan api dan masukkan butter, aduk hingga butter leleh dan tercampur rata.
4. Ambil selembar spring roll pastry, letakkan isian apel di tengahnya dan lipat seperti amplop sambil dipadatkan. Lakukan hingga habis.
5. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan.
6. Angkat dan tiriskan. Siap dihidangkan.



Super simpel dan enaaak. 

Semoga bisa menginspirasi yaa...^^

FLUFFY WAFFLE



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin waffle lagi yuuk, biar yang beliin waffle maker senang karena sering dipakai nih gadget dapurnya hihihi. Kalau postingan lalu saya bikin oatmeal waffle, kali ini wafflenya tanpa oatmeal. Resepnya sih mirip-mirip yaitu penggunaan putih dan kuning telur yang terpisah karena saya menyukai tekstur waffle yang fluffy. Kali ini saya memakai plain yoghurt untuk cairannya. Kalau gak ada yoghurt bisa pakai susu atau buttermilk ya. Disesuaikan aja dengan yang ada di rumah.

Resep yang saya posting berikut menggunakan cup karena saya lagi males ngeluarin timbangan. Konversi ukuran cup ke gram, silahkan bisa digugling aja ya. Banyak sekali site yang menjelaskan tentang konversi ukuran ini. Kalau pas lagi jalan ke TBK, boleh juga hunting measuring cup ini karena sangat berguna. Banyak sekali resep-resep kece yang menggunakan ukuran cup, biasanya sih resep-resep bule. Tapi beneran deh, measuring cup ini menurut saya adalah satu must have item di dapur kita. Harganya bervariasi tergantung bahan yang digunakan. Kalau punya saya sih murah meriah karena terbuat dari plastik putih aja. Yang keren tuh yang terbuat dari  logam atau plastik warna-warni. Hayook yang belum punya, hunting di TBK atau OLS hihihi.




FLUFFY WAFFLE

Bahan :
2 cup tepung terigu serbaguna
1/4 cup gula pasir
1,5 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1,5 cup plain yoghurt (bisa diganti susu atau buttermilk)
2 kuning telur
1 sdt vanilla
1/2 cup butter leleh
2 sdm olive oil
4 putih telur

Cara Membuat :
1. Panaskan waffle maker.
2. Campur kuning telur, yoghurt dan vanilla. Aduk hingga rata menggunakan hand whisk.
3. Dalam suatu wadah, campur bahan kering yaitu tepung terigu, gula pasir, baking powder dan garam. Buat lubang di tengahnya dan tuang campuran telur dan susu, aduk hingga rata.
4. Masukkan buter leleh dan olive oil. Aduk hingga rata.
5. Kocok putih telur hingga kaku kemudian masukkan ke adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata menggunakan spatula.
6. Tuang adonan ke waffle maker dan masak hingga matang.
7. Angkat dan sajikan hangat dengan topping sesuai selera.

Favorit saya memakai topping buah-buahan dan diberi taburan gula halus dan sedikit madu. Kalau yang suka gurih, enak juga memakai salted butter. Pengennya sih kaya di film-film itu lho, menikmati waffle dengan maple syrup, eittss...tapi kapan ya punya maple syrup hihihi.




Happy baking...semoga bermanfaat ya ^^

CAKE KUKUS PISANG



Bismillahirrohmanirrohim

Haloo apa kabar? Alhamdulillah saya mah sehat-sehat aja. Ada beberapa sahabat yang nanyain saya kemana aja blog-nya sepi tanpa update terbaru. Daaan...saya lagi mengalami lagi yang namanya baking blue, cooking blue, jepret blue serta otomatis lah blogging blue juga datang. Udah 2 minggu ini nih kayanya malees banget. Kebetulan juga saya pas lagi sibuk, ada beberapa kali keluar kota juga. Maunya sampai rumah sih disempeting duduk bentar di depan laptop, tapi yaa itu kayanya lebih enak ngobrol dengan keluarga deh ya, menikmati quality time dengan mereka hehehe. Padahal saya pengennya di tahun ini saya bisa mencapai postingan ke-1000 di blog saya ini, tapi ternyata lebih suka malesnya. Kalau lagi membela diri dan betah-betahin males, saya pasti bilang gini, wajar laah mulai bosen dan jenuh, karena udah lumayan lama nge-blog hihihi. Saya nge-blog sejak masih bermodalkan hape Nokia jadul. Biarpun ngeblog-nya masih gini-gini aja belum banyak kemajuan, tapi Alhamdulillah saya enjoy. Ada juga lho yang nanya apa saya gak minat untuk menghapus postingan-postingan saya duluuu, yang waktu awal-awal ngeblog. Hiyaa kenapa harus dihapus euy. Bagi saya itu ya bagian dari proses belajar saya hehehe.

Tuuh kan lama gak posting, sekalinya posting malah curcol panjang lebar kaya gini. Maafkan ya, silahkan langsung baca resepnya aja kalau males baca curhatan saya yang gak penting hahaha.

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami lagi LDR dengan oven, jadi untuk keluarga saya bikin yang dikukus dan digoreng aja. Salah satunya ya cake kukus pisang ini. Pake bahan-bahan yang tersisa aja di rumah. Kebetulan masih ada 1 biji pisang yang sudah matang sekali, trus punya juga 1/2 sachet susu kental manis sisa bikin pisang bakar. Pas banget juga telur yang ada di luar kulkas ada 3 biji, jadi mari diberdayakan aja ya. Resepnya berbeda dengan cake kukus pisang berbintik yang pernah saya posting dahulu, sama enaknya dan sama-sama mudah dibuat. Saya memakai cetakan bolu sakura dan cuma jadi 16 pcs. Maklum bahan-bahannya kan memang menyesuaikan tuh hehehe.




CAKE KUKUS PISANG

Bahan :
3 butir telur
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt emulsifier
110 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk
100 gr pisang, lumatkan (berat tanpa kulit ya)
60 ml (1 sachet), santan kental instan
1/2 sachet susu kental manis (optional)
1 sdt  vanilla
meises secukupnya

Cara Membuat :
1. Siapkan cetakan (saya pakai cetakan bolu sakura), olesi tipis dengan minyak. Sisihkan dan panaskan kukusan.
2. Campurkan pisang yang sudah dilumat dan santan. Aduk hingga rata.
3. Kocok telur, gula, garam dan emulsifier hingga mengembang dan kental.
4. Masukkan terigu dan susu bubuk dengan cara diayak sambil diaduk atau dikocok dengan mixer speed rendah.
5. Masukkan pisang sedikit demi sedikit, aduk memakai spatula hingga tercampur rata, kemudian masukkan susu kental manis dan meises. Aduk rata.
6. Tuang ke dalam cetakan hingga penuh dan kukus hingga matang, kalau memakai cetakan kecil kurang lebih selama 15-20 menit.




Lumayan banget untuk camilan, apalagi untuk pecinta banana cake seperti saya ini. Bikin setelah subuh dan langsung laris manis dinikmati hangat saat sarapan. Ya disisain dikit aja untuk difoto ini hehehe. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat yaa ^^

FLUFFY OATMEAL WAFFLE



Bismillahirrohmanirrohim

Salah 1 alternatif menu sarapan ala western selain roti dan pancake adalah waffle. Saya baru beberapa kali aja bikin waffle karena memang baru punya cetakannya hihihi. Sepertinya waffle maker ini juga bakal sering saya pakai karena selain anak-anak suka dengan waffle juga biar yang beliin seneeeng gitu dan nanti dibeliin yang lainnya hahaha. Tuuh kan balik lagi kan, semua ada pamrihnya >_<

Membuat waffle sangatlah simpel, mirip dengan kita membuat pancake. Bahan-bahannya juga tidak jauh berbeda, bahkan saya pernah juga membuat waffle dengan menggunakan resep pancake andalan. Enaak hasilnya. Waffle yang saya buat kali ini juga mirip-mirip resepnya dengan resep pancake saya. Untuk variasi saya menambahkan oatmeal. Kebetulan saya tuh gak terlalu suka dengan oatmeal kecuali kalau sudah diolah dulu. Sedangkan suami saya sering sarapan dengan oatmeal, sehingga saya harus selalu sedia oatmeal di rumah. Naah biar saya dan anak-anak ikutan makan oatmeal yang memang kaya nutrisi itu, saya harus mengolahnya lagi misalnya menjadi pancake, cake, cookies dan juga waffle ini. 




Pelengkap atau topping waffle bisa disesuaikan dengan selera keluarga. Mirip dengan pancake, waffle ini bisa dinikmati dengan butter, aneka buah, madu, gula halus, selai ataupun saus favorit. Kesukaan anak saya adalah dengan menambahkan saus coklat. Kalau saya mah pakai gula halus atau butter aja deh dengan ditambahkan buah segar. 

Kunci dari pembuatan waffle yang bertekstur "fluffy" adalah dengan memisahkan kuning dan putih telurnya.Waffle ini tetap empuk ketika sudah dingin. Selain itu penggunaan buttermilk atau yoghurt juga bikin empuk waffle ini. Monggo yang pengen nyobain resepnya

FLUFFY OATMEAL WAFFLE

Bahan :
100 gr oatmeal, blender hingga halus
100 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula pasir
1/2 sdm baking powder
3 kuning telur
250 ml buttermilk
75 ml olive oil atau minyak sayur biasa
1 sdt vanilla
3 putih telur

Cara Membuat :
1. Campur oatmeal, tepung terigu, gula pasir dan baking powder. Aduk rata dan sisihkan.
2. Campur kuning telur, buttermilk dan olive oil, aduk menggunakan hand whisk hingga rata kemudian masukkan ke dalam campuran terigu. Tambahkan vanilla, aduk rata.
3. Kocok putih telur hingga kaku kemudian masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk menggunakan spatula. Do not overmix ya.
4. Oles tipis waffle maker dengan margarin kemudian panaskan (ngolesnya sekali aja ya). Tuang adonan, tutup dan biarkan hingga matang.
5. Angkat dan sajikan hangat dengan pelengkap

Notes :
- Apabila menyukai waffle yang crispy, tambahkan waktu memasaknya. Jangan terlalu lama ya agar tidak gosong.
- Waktu pemasakan tergantung waffle maker yang dipakai. 







Selamat mencoba...semoga bermanfaat yaa

LUMPIA AYAM JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo...bikin cemilan apa untuk keluarga hari ini? Kebetulan saya lagi gak bisa baking nih karena lagi jagain rumah Mama dan disini gak ada oven hihihi. Jadinya untuk cemilan keluarga saya ya gorengan lagiii dan bikin yang serba dikukus. Yang penting tetap diusahain bebikinan untuk keluarga. Biasanya kalau lagi jagain rumah Mama seperti ini, saya selalu sedia kulit lumpia atau kerennya spring roll pastry. Benar-benar penyelamat deh karena tinggal ganti-ganti isiannya aja udah bisa jadi cemilan yang berbeda. Favorit anak-anak saya adalah memakai isian pisang dan taburan gula pasir, jadi ala pisang aroma gitu deh. Yang juga enak adalah memakai isian tape, apel, nanas atau bahkan nangka. 

Kebetulan saya punya ayam cincang dan jamur tiram, jadi kali ini saya bikin lumpia ayam jamur aja. Saya tambahkan juga kentang yang dipotong dadu kecil dan telur orak-arik. Isian campur aduk deh ini jadinya, karena ya memang memakai yang ada di rumah aja. Bikinnya tinggal ditumis-tumis aja, praktis dan mudah. Untuk pelengkapnya saya bikin saus lumpia ala saya yang memakai gula merah. Kalau yang suka acar bisa juga dibuatin acar ya, kalau saya sih gak bikin karena anak-anak kurang suka.







LUMPIA AYAM JAMUR

Bahan :
20 lembar kulit lumpia siap pakai
500 gr fillet ayam, cincang halus
100 gr jamur tiram, iris-iris
1 buah kentang, potong dadu kecil
2 butir telur, dibuat orak-arik
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula
1 sdm saus tiram
2 batang daun bawang
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum dan layu, kemudian masukkan ayam cincang. Aduk hingga berubah warna.
2. Masukkan kentang dan jamur, masak hingga kentang dan ayam lunak serta air menyusut (saat ditumis, ayam akan mengeluarkan air). Bumbui dengan garam, merica bubuk, gula pasir dan saus tiram,
3. Masukkan telur orak-arik, aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera.
4. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang. Matikan api.
5. Ambil selembar kulit lumpia, beri isian dan lipat seperti amplop sambil dipadatkan. Rekatkan ujungnya dengan putih telur atau dengan terigu yang dilarutkan dengan sedikit air. Lakukan hingga habis.
6. Panaskan minyak, goreng lumpia hingga matang dan berwarna kecoklatan.
7. Hidangkan hangat dengan saus atau cabe rawit.

SAUS LUMPIA

Bahan :
250 ml air
50 gr gula merah, sisir halus
1 sdm gula pasir
1 sdt cuka masak
1 sdt garam
3 cabe rawit, iris halus
3 siung bawang putih goreng dan haluskan
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air 

Cara Membuat :
1. Masak air dan gula merah hingga mendidih dan gula larut.
2. Masukkan gula pasir, garam dan cuka masak. Aduk hingga rata.
3. Masukkan bawang putih dan cabe rawit kemudian tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
4. Angkat dan siap digunakan.




Alhamdulillah...lumayan banget untuk cemilan keluarga. Pengennya sih bikin brownies tapi karena bisanya bikin lumpia yaaa dinikmati aja hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

PEDA PEDAS MASAK SANTAN



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo...udah ada ide menu untuk besok? Saya belum punya, masih belum kepikiran juga sih hehehe. Ini menu keluarga saya beberapa hari yang lalu. Siapa tau ada yang tertarik untuk mencoba. Ceritanya saya masih punya stok ikan peda asap oleh-oleh dari kerabat di Jawa Tengah dan akhirnya saya masak santan. Peda ini biasanya dimasak mangut. Mirip-mirip sih dengan peda santan yang saya buat ini, bedanya kalau mangut biasanya bumbunya diiris-iris aja, sedangkan peda santan ini bumbunya diuleg kasar. Yang khas adalah aroma kencurnya yang bikin sedap, jadi kalau bisa jangan di skip penggunaan kencur. Biasanya saya juga menambahkan daun kemangi. Duuuh...beneran deh enak.

Selain menggunakan ikan peda, bisa juga menggunakan lele. Nah kalau lele pedas masak santan itu kesukaan si adek. Saya juga heran kok dia bisa hobby banget makan lele yang dimasak santan pedas gini. Makanya saya kalau masak gak pernah heboh pedasnya karena anak-anak juga ikutan makan. Seperti halnya peda santan ini, cabe rawitnya gak saya uleg, cukup dimasukkan utuh aja. Rasa pedasnya pun samar-samar aja, kalau mau heboh yang silahkan gigit cabe rawitnya hihihi. Untuk yang hoby makan pedas, peda santan ini mantap sekali kalau cabe rawit sekalian diuleg. Bikin boros nasi deeh.




PEDA PEDAS MASAK SANTAN

Bahan :
500 gr ikan peda asap, potong-potong
2 helai daun salam
2 ruas lengkuas, memarkan
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
600 ml santan
15 cabe rawit
1 genggam daun kemangi
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Uleg Kasar :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
7 cabe merah
5 daun jeruk, buang tulang daunnya
3 cm kencur

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu uleg hingga harum, masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk hingga rata.
2. Tuang santan, bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
3. Masukkan ikan peda, masak hingga mendidih dan bumbu meresap. Test rasa dan koreksi hingga sesuai selera.
4. Masukkan cabe rawit dan daun kemangi, masak sambil diaduk perlahan sebentar saja.
5. Matikan api dan siap disajikan. 

Bikinnya gampang kaan dan rasanya juga enaak. Menurut keluarga saya lho yaa hihihi. Oh yaa...saya suka kuahnya sedikit aja, atau kalau orang Jawa bilang kuahnya "nyemek-nyemek". Monggo kalau suka yang kuahnya banyak, sesuaikan aja dengan selera keluarga ya. Cobain yuk ^^

Happy cooking...semoga bermanfaat ya.