SELAI BUAH NAGA




Bismillahirrohmanirrohim

Musim buah naga masih belum habis nih, buah naga masih bisa dijumpai dengan mudah dan harganya cukup terjangkau. Saya termasuk penggemar buah naga dan kalau lagi musim gini bisa dipastikan kalau saya mengkonsumsinya setiap hari. Buah naga sendiri dikenal sebagai buah dengan berbagai manfaat. Selain dikenal mengandung anti oksidan dan vitamin, buah naga juga mengandung kalsium organik. Rasa manis pada buah naga terutama buah naga merah juga bukan berasal dari glukosa sehingga baik untuk penderita diabetes.

Saya paling suka menikmati buah naga potong dan dibuat menjadi smoothies. Untuk anak-anak biasanya saya membuatkan sorbet, puding atau es krim yang memakai buah naga. Kali ini saya membuat selai yang berbahan dasar buah naga. Ini pertama kalinya saya membuat selai buah naga, biasanya yang sering bikin selai strowberry kalau pas musim dan selai nanas hihihi.

Dalam proses pembuatan selai buah, pektin alami yang terkandung dalam buah-buahan akan bereaksi dengan gula dan asam sehingga membuat selai menjadi kental. Apabila selai dibuat dari buah-buahan yang mengandung sedikit pektin maka perlu ditambahkan pektin agar selai cepat mengental dan proses pemasakannya tidak terlalu lama. Proses pemasakan yang terlalu lama akan membuat selai tersebut kehilangan rasa dan aroma asli dari buah yang digunakan. Lemon dan jeruk nipis dikenal mempunyai kandungan pektin yang tinggi sehingga bisa ditambahkan dalam proses pembuatan selai.




Selai buah naga ini sukses membuat anak-anak saya mengira kalau bundanya membuat selai blueberry. Hiyaaa...dapat blueberry dari mana ya, di tempat saya yang pelosok ini mah susah banget kalau mau cari blueberry segar. Warna selai buah naga ini memang cenderung ungu yaa, gak salah kalau dikira selai blueberry.

Takaran gula pasir disesuaikan aja dengan selera dan tingkat kemanisan buah naga ya. Kebetulan buah naga yang saya pakai ini cukup manis dan saya memakai 200 gr gula pasir. Hasilnyaa...kalau digadoin terasa kemanisan deh, tapi kalau dipakai untuk olesan udah paaas deh.




SELAI BUAH NAGA

Bahan :
500 gr buah naga tanpa kulit, potong-potong
200 gr gula pasir atau sesuai selera
5 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat :
1. Sterilkan wadah selai dengan cara merebusnya hingga air mendidih. Sisihkan.
2. Dalam sauce pan, masukkan potongan buah naga dan masak dengan api kecil hingga mengeluarkan air. Kurang lebih selama 10 menit.
3. Masukkan gula pasir dan air jeruk nipis / lemon, masak sambil diaduk-aduk hingga ke dasar pan agar tidak hangus.
4. Tekan-tekan perlahan hingga buah naga hancur. Saya lebih suka selai yang masih ada tekstur kasarnya, jadi gak perlu "heboh" menekannya.
5. Saat selai mulai mengental, besarkan api dan aduk hingga benar-benar mendidih sebentar saja. Matikan api.
6. Keringkan botol selai yang sudah steril, tuang selai ke dalamnya. Setelah benar-benar dingin baru ditutup. 

Note :
Setelah dingin, selai akan lebih set dan kental dibandingkan ketika saat masih panas. Jadi jangan memasak selai terlalu lama ya, ketika sudah mulai mengental, didihkan sebentar saja dan matikan api.

Karena baru pertama kali ini saya membuat selai buah naga, jangan tanyakan ini awet berapa lama di kulkas yaa hihihi. Pastinya tidak selama selai buatan pabrik, karena selai homemade dibuat tanpa pengawet kan.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

YUM KHAI DAO



Bismillahirrohmanirrohim

Yum khai dao? Kok sebelumnya gak pernah dengar ya nama makanan ini. Iyeess...sama donk dengan saya hihihi. Saya juga baru tau nama makanan ini. Yum khai dao atau fried egg spicy salad adalah salah satu makanan yang berasal dari Thailand. Kuliner khas Thailand terkenal dengan rasanya yang segar dan terasa asam, manis dan pedas. Demikian juga dengan yum khai dao ini, cita rasanya asam manis pedas. Yum khai dao dibuat dari telur yang digoreng dengan minyak banyak sehingga teksturnya krispi dan dipadukan dengan irisan tomat, bawang bombay, kecap ikan, gula, air jeruk nipis dan tentu saja cabe. Membuatnya sangat mudah dan simpel seperti halnya kita membuat salad lainnya.

Saya pertama mendengar nama yum khai dao gara-gara postingan teteh Diah Raki yang memang sudah cukup lama bermukim di Bangkok. Kalau saya mah ngerasain versi aslinya aja belum pernah hihihi. Yum khai dao saya ini tentunya adalah versi teh Diah Raki dan ternyata enaaak. Beneran deh, kerasa sekali asam, manis dan pedasnya. Bahkan kedua anak saya juga suka sekali. Untuk mereka saya buatkan yang tidak terlalu pedas, sedangkan saya kalau bikin untuk dimakan sendiri bisa pakai 10 cabe rawit hahahah. Teh Diah Raki...hatur nuhun resepnya dan ijin saya share disini ya.




YUM KHAI DAO
(Fried Egg Spicy Salad)

Bahan :
4 butir telur
1 butir bawang bombay, iris memanjang
2 buah tomat, buang bijinya dan potong memanjang
2 batang seledri, iris halus
1 helai daun bawang, ambil bagian putihnya, iris (saya pakai semua bagian)
Minyak untuk menggoreng

Bumbu :
3 sdm kecap ikan
2 sdm gula pasir
2 sdm air perasan jeruk nipis (bisa disesuaikan dengan selera ya)
10 cabe rawit, uleg kasar

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, goreng telur satu persatu hingga bagian tepinya kering / krispi. Angkat dan tiriskan.
2. Campurkan kecap ikan, gula pasir, air jeruk nipis dan cabe rawit. Aduk hingga rata dan gula larut.
3. Dalam suatu wadah, masukkan irisan telur, bawang bombay, tomat dan bumbu. Aduk hingga tercampur rata. Masukkan seledri dan bawang bombay, aduk hingga rata.
4. Siap disajikan.




Recomended untuk dicoba karena memang enaak.

Selamat mencoba...semoga menginspirasi ya ^^

BAKED POTATO & BROCCOLI




Bismillahirrohimanirrohim

Haloo...apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Postingan kali ini adalah tentang baked potato yang saya buat beberapa hari yang lalu. Udah pernah bikin baked potato belum? Pasti udah pernah kan. Potato wedges kan sebenarnya juga termasuk baked potato tuh ya hehehe. Kalau baked potato yang ini lain lagi, kali ini saya menambahkan broccoli dan memakai bahan tambahan berupa keju, telur dan susu. Wuiih...high fat nih pastinya. Weits...sesekali kan gak apa-apa ya, apalagi baked potato ini menurut saya mempunyai gizi yang cukup buat anak-anak saya. Karbohidrat bisa didapat dari kentang, protein berasal dari susu, telur dan keju. Broccoli sebagai salah 1 jenis sayuran pasti udah banyak yang tau donk manfaatnya. Itulah mengapa saya sebut baked potato yang ini mempunyai kandungan gizi yang lumayan juga. Rasanya juga enak kok. Baked potato and broccoli ini sebenarnya cocok untuk hidangan utama ya karena memang cukup mengenyangkan. Tapiii untuk yang bernasib seperti saya, yang beranggapan kalau belum makan nasi berarti belum makan...yaaa..cukup jadi cemilan aja ya hihihi.

Kentang yang saya gunakan dalam baked potato ini tidak saya kukus atau rebus terlebih dahulu. Cukup dipotong-potong dan dicampurkan dengan bahan-bahan lain. Apabila menyukai tekstur kentang yang lebih lembut, boleh laah dikukus atau direbus sebentar saja. Kalau menyukai menambahkan pelengkap lain, boleeh aja. Misalnya dengan menambahkan sosis atau smoked beef. Rasanya pasti juga lebih istimewa. Kalau buat saya cukup dengan kentang dan broccoli aja udah enak kok.

Untuk topping saya menggunakan keju mozarella, tapi kalau gak punya, memakai full keju cheddar juga oke aja. Saya juga memakai susu UHT biasa, boleh memakai cooking cream sehingga rasanya akan lebih gurih.





BAKED POTATO & BROCCOLI

Bahan :
500 gr kentang, potong dadu
200 gr brokoli, petik per kuntum
250 ml susu cair
2 butir telur, kocok lepas
75 gr keju cheddar parut
30 gr butter, potong dadu kecil
1 genggam parsley, cincang halus
garam dan merica bubuk secukupnya
keju mozarella untuk topping

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang atau pinggan tahan panas. Oles tipis dengan margarin, sisihkan.
2. Dalam suatu wadah, campurkan kentang, brokoli, susu cair, keju parut dan garam serta merica. Aduk hingga tercampur rata kemudian masukkan kocokan telur dan parsley. Aduk hingga rata kembali.
3. Tuang ke dalam pinggan dan beri potongan butter di atasnya. Panggang selama kurang lebih 40 menit.
4. Keluarkan dari oven dan beri keju mozarella di atasnya dan panggang kembali selama kurang lebih 10 menit hanya hingga keju leleh.
5. Angkat dan segera sajikan hangat. 




Favorit saya...disajikan dengan saus sambal mayo. Enaak deh. Disajikan untuk sarapan atau makan malam oke-oke aja, yang penting disajikan hangat yaa. 

Happy baking ya...semoga menginspirasi ^^

NASI LIWET ALA SUNDA VERSI MAGIC COM



Bismillahirrohmanirrohim

Keluarga saya adalah penggemar nasi liwet. Selain nasi liwet, tentunya kami juga menyukai nasi-nasi gurih lainnya misalnya nasi kuning, nasi uduk atau bahkan nasi tomat. Nasi liwet sendiri dikenal ada 2 versi yaitu nasi liwet yang berasal dari Solo dan nasi liwet khas Sunda. Nasi liwet Solo dimasak menggunakan santan dan biasanya disajikan dengan sayur labu siam yang juga bersantan hehehe. Sedangkan nasi liwet Sunda tidak menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Rasa gurih didapatkan dari pemakaian aneka rempah-rempah seperti sereh, daun salam, bawang merah, bawang putih dan tentunya ikan asin sebagai pelengkapnya. 

Nasi liwet khas Sunda dimasak menggunakan panci khusus yang bernama panci kastrol. Kalau tidak mempunyai panci kastrol bisa juga memasak nasi liwet khas Sunda dengan menggunakan panci yang tebal. Nasi yang dimasak dengan menggunakan panci akan menghasilkan kerak nasi. Kerak nasi ini bisa dijadikan cemilan yang enak lho. Biasanya kerak nasi akan dijemur hingga kering dan digoreng, kalau saya menyebutnya dengan nama "intip". Ssttt...bukan ngintip lho maksudnya hihihi.

Nasi liwet Sunda biasanya menggunakan tambahan ikan asin yang dimasukkan menjelang nasi matang. Ikan yang digunakan bisa teri, jambal roti, peda, ikan sepat atau sesuai selera aja yaa. Nasi liwet biasanya dihidangkan dengan ikan bakar, tahu dan tempe goreng dengan lalapan dan sambal. Lebih nikmat lagi kalau ada sayur asem ya....haduuuh udah laper lagi nih bayanginya.

Buat yang pengen makan enak tapi suka males ribet di dapur, bisa dicoba deh bikin nasi liwet Sunda ini menggunakan magic com. Biasanya saya suka membuat nasi liwet Solo atau nasi kuning menggunakan magic com, naaah kalau nasi liwet Sunda baru pertama ini deeh pakai jurus anti ribet pakai magic com hihihi. Praktis banget deh tinggal iris-iris dan masukin magic com tau-tau ntar udah matang aja. Matur nuwun mamih Indah yang sukses bikin pengen dengan nasi liwet magic com-nya. Eh yaa..hati-hati dengan penggunaan garam ya, sesuaikan dengan ikan asin yang dipakai. Saya memakai teri medan dan jambal roti yang rasanya cukup asin, jadi saya hanya menggunakan sedikit garam. Saya juga menambahkan kemangi biar tambah sedap aromanya.





Sebenarnya tidak ada takaran khusus dalam membuat nasi liwet versi magic com ini. Kita tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan aja kan ya, seperti kita memasak nasi setiap harinya. Takaran air tentunya juga menyesuaikan dengan kondisi beras yang kita pakai. Rempah-rempah juga demikian. Kalau saya sih pakai rempah yang banyak biar tambah sedap aromanya. Saya menggunakan magic com kecil yang pas untuk 300 gr beras. Silahkan resepnya disesuaikan sendiri yaa

NASI LIWET ALA SUNDA VERSI MAGIC COM

Bahan :
300 gr beras, cuci bersih
600 ml air (sesuaikan kondisi beras ya)
2 batang serai, memarkan
5 daun salam
12 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
10 cabe rawit
1/2 sdt garam (sesuaikan dengan kondisi ikan asinnya ya)
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 genggam kemangi
50 gr teri medan
2 potong jambal roti, potong-potong

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis serai, daun salam, bawang merah, bawang putih dan cabe rawit hingga harum. Angkat dan tiriskan.
2. Masukkan beras ke panci magic com beserta tumisan bumbu kemudian tuang air sesuai takaran. Masak hingga matang.
3. Goreng teri medan dan jambal roti kemudian masukkan ke dalam magic com. Masukkan pula daun kemangi kemudian aduk hingga tercampur rata. Masak sekali lagi agar nasi "tanak"
4. Setelah matang , aduk-aduk kembali nasi dan siap dihidangkan hangat.

Saya gak bikin sayur asem, gak bikin ikan bakar, cukup goreng tahu dan tempe aja untuk pelengkap nasi liwet ini. Itupun tahu tempenya udah ludes digadoin hahaha. Saya tambahkan juga teri medan yang hangat di atas nasi liwet ini biar kerasa kriuk-kriuknya. Eh ya jangan lupa sambal dan lalapannya, biar makin sedaap.




Praktis sekali kan dan anti ribet. Ntar yaa in shaa Allah difotoin juga kalau pas bikin nasi uduk atau nasi kuning versi magic com, eeeh..tapi pasti udah pada bisa kan ya. Sama aja kan kaya masak nasi biasa cuma ditambahkan santan dan rempah.

Happy cooking...semoga bermanfaat yaa ^^

OGURA MARBLE CAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo kali ini postingan tentang cake lagi ya. Tumben ya si bunda "agak" rajin bikin cake heehehhe. Lagi booming marmer cake di sosmed ya, di timeline FB setiap harinya bertebaran foto-foto marmer cake. Di IG juga mulai menyebar nih virus marmer cake. Saya yakin banyak sekali yang mempunyai kenangan dengan marmer cake. Saya pun demikian, karena waktu kecil dulu selain kue sus , Mama sering juga membuat marmer cake. Bikinnya selalu memakai baking pan yang gedee itu tuh, yang bentuknya mirip loyang tulban. Setiap marmer cake matang, selalu berebutan buat ngirisnya karena memang marmer cake itu enaak banget dinikmati ketika masih hangat. Hayooo siapa dulu yang kalau makan marmer cake bagian kuningnya dimakan duluan dan bagian coklatnya belakangan hahaha. Kalau itu mah saya bangeeet.

Kali ini saya gak bikin marmer cake jadul, tapi saya membuat marmer cake yang base resepnya adalah ogura cake. Sebenarnya ogura itu berarti kacang merah, tetapi nyatanya tidak ada penggunaan kacang merah sama sekali dalam cake ini. Menurut beberapa informasi yang saya baca, ogura cake ini cukup terkenal di daerah Batu Pahat, Malaysia. Ada pula yang mengatakan ada sebuah love story di balik nama ogura ini hehehe. Konon ada seorang wanita yang tinggal di Batu Pahat yang sedang merindukan suaminya yang berasal dari Jepang. Wanita tersebut membuat cake yang diberi nama ogura yang ternyata adalah nama suaminya yang telah meninggal. 

Ogura cake mempunyai tekstur yang fluffy dan ringan. Mirip dengan tekstur chiffon cake, tetapi ogura cake mempunyai tekstur yang lebih lembut dan moist karena teknik pemanggangan yang berbeda. Ogura cake dipanggang dengan menggunakan teknik au bain marie atau ada pula yang menyebutnya steam bake atau panggang di atas air. Seperti halnya chiffon cake, ogura cake ini juga dibuat dengan metode pemisahan putih dan kuning telur. Mirip juga yaa dengan cotton cake. 

Membuat ogura cake memang gampang-gampang susah. Beberapa tips yang mungkin bisa membantu dalam proses pembuatan antara lain sebagai berikut ya

1. Pisahkan putih dan kuning telur ketika telur dalam keadaan dingin karena putih telur masih mengental sehingga mudah untuk dipisahkan. Pastikan wadah untuk putih telur dalam keadaan kering dan bebas minyak. Setelah putih dan kuning telur dipisahkan, tutup dengan wrap dan biarkan hingga suhu ruang.

2. Untuk membuat adonan kuning telur, cukup menggunakan hand whisker saja. Pastikan adonan benar-benar halus dan tidak bergerindil. Apabila akan menggunakan perisa misalnya pasta pandan atau coklat, masukkan ke dalam adonan kuning telur ini.

3. Proses pengocokan putih telur cukup hingga tahap SOFT PEAK. Cara yang cukup mudah untuk mengetahui kondisi soft peak adalah dengan mengangkat gagang mixer dan ujung adonan membentuk jambul yang melengkung. Hati-hati ya karena dari proses soft peak ke hard peak hanya membutuhkan waktu yang singkat. Kalau ujung adonan sudah membentuk jambul lancip berarti sudah masuk tahap hard peak.

4. Untuk memudahkan pencampuran adonan putih telur dan kuning telur, gunakan teknik pancing. Caranya adalah dengan mencampur 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur. Aduk balik hingga rata menggunakan spatula kemudian campurkan kembali ke dalam sisa adonan putih telur.

5. Letakkan loyang adonan di atas loyang datar dengan tinggi 3-4 cm dan tuang air panas setinggi kurang lebih 1,5 cm. Apabila dalam proses pemanggangan air menyusut, tambahkan lagi air panasnya ya. Pastikan air tidak merembes ke loyang yang berisi adonan. Lebih aman memakai loyang tanpa sambungan. Kalau memakai loyang dengan sambungan, bungkus loyang adonan dengan alumunium foil.

6. Perhatikan suhu oven, jangan overheat karena cake ini membutuhkan waktu pemanggangan yang cukup lama. Saya biasanya memakai suhu antara 160-170'C. Apabila suhu terlalu tinggi maka permukaan cake cepat gosong tetapi bagian dalamnya belum matang. Kenali karakter oven masing-masing ya.

Ogura marble cake yang saya buat ini sebenarnya kebesaran loyang hihihi. Kebetulan saya kehabisan alumunium foil jadi saya memakai loyang tulban tanpa sambungan. Ukurannya cukup besar, jadinya cake ini kurang tinggi deh.

Resep yang saya pakai ini , saya adaptasi dari Ancoo Journal. Ntar saya link-kan yaa ke resep aslinya ^^

OGURA MARBLE CAKE

Bahan A :
5 kuning telur
1 telur utuh
40 gr minyak sayur
1 sachet (60 ml) santan instan kental ditambahkan air hingga 80 ml
65 gr tepung terigu protein sedang
15 gr maizena
30 gr gula pasir (blender dulu ya)

Bahan B :
5 putih telur
1 sdt air jeruk nipis
75 gr gula pasir (blender juga ya)

Bahan C :
1 sdm coklat bubuk dilarutkan dengan sedikit air panas, aduk hingga larut. Sisihkan.

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 160'C, siapkan loyang, oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles kembali. Apabila menggunakan loyang tulban seperti saya, olesi dengan margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
2. Bahan A : Campur telur, aduk menggunakan hand whisk hingga rata. Tambahkan minyak sayur, santan dan gula. Masukkan tepung terigu dan maizena yang sudah diayak. Aduk hingga rata dan tidak bergerindil. Sisihkan.
3. Bahan B : Kocok putih telur dan air jeruk nipis hingga berbusa. Masukkan gula sedikit demi sedikit dan kocok hingga soft peak. Matikan mixer.
4. Masukkan 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan kuning telur. Aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata kemudian masukkan kembali ke adonan putih telur. Aduk hingga rata.
5. Ambil sedikit adonan, campurkan dengan pasta coklat. aduk hingga rata.
6. Tuang adonan ke dalam loyang, beri adonan coklat di atasnya dan buat motif marble menggunakan sumpit atau garpu.
7. Panggang selama kurang lebih 1-1,5 jam dengan teknik au bain marie.
8 Keluarkan dari oven, biarkan hangat dan keluarkan cake dari loyangnya. Dinginkan di atas cooling rack.




Motif marble-nya gak cakep ya huhuhu, warnanya juga kurang gelap tuh. Gak apa-apa deh, yang penting sukaa banget dengan cake ini. Teksturnya yang fluffy dan lembut bikin makan  1 potong mah gak berasa hihihi.

Semoga gak bosen atau ngantuk ya baca postingan saya ini.  Tumben nih ada mood untuk nulis agak panjang.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

CAKE KENTANG KEJU



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin donat kentang udah sering, roti kentang dan kue lumpur kentang juga selalu jadi favorit keluarga. Olahan kentang lainnya seperti potatao wedges atau pom pom potato juga gak pernah ada bosannya. Naah sekarang saatnya saya mencoba membuat cake kentang. Udah lama banget pengen nyobain resep ini dan ternyata baru kesampaian bikin minggu lalu. Resepnya saya contek dari blog kesayangan milik Mbak Hesti Hakim dan ternyata base nya adalah resep dari Mbak Citra Ummu Fatima. Jazakillah khoir ya Mbak Hesti dan Mbak Citra.

Yang ada dalam benak saya, cake kentang ini pasti juga lembut seperti halnya roti, donat atau jajanan lain yang memakai kentang. Daan ternyata memang benar. Tekstur cake nya padat tapi moist. Untuk toppingnya saya memakai keju parut dan mix nut yang terdiri dari almond, sunflower seeds, cashew, walnut, pistachio, pumpkin seeds dan macadamia. Toppingnya bisa sesuai selera aja ya, bisa memakai keju dan almond atau bahkan cuma memakai keju.




Resep cake kentang keju ini sebenarnya untuk loyang ukuran 18 cm, tapi kali ini saya memakai oven glass aja ya karena lagi malas bongkar-bongkar lemari loyang hihihi.

CAKE KENTANG KEJU

Bahan :
160 gr kentang, kupas, kukus dan panas-panas haluskan
120 gr tepung terigu protein sedang
110 ml minyak sayur
4 butir telur
100 gr gula pasir
80 gr keju cheddar parut
1 sdt vanlla

Topping (optional) :
Keju cheddar parut
Mix nut

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C, siapkan loyang atau pinggan, oles dengan margarin. Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan pucat.
3. Turunkan kecepatan mixer dan masukkan vanilla dan tepung terigu. Kocok hingga tercampur rata. Matikan mixer.
4. Masukkan minyak sayur, aduk rata dengan menggunakan spatula.
5. Masukkan kentang dan keju parut, aduk hingga tercampur rata. Bisa menggunakan mixer kecepatan rendah sebentar saja.
6. Tuang ke dalam loyang, taburi dengan bahan topping kemudian panggang selama kurang lebih 35-40 menit hingga matang.
7. Keluarkan dari oven, biarkan hingga agak hangat baru dikeluarkan dari loyang. 




Alhamdulillah...ternyata cake kentang tuh enaak lho. Biarpun padat tetapi tetap terasa lembut. Laris manis cake-nya apalagi ketika masih panas tau-tau udah ludes aja 1 pinggan.

Selamat mencoba...Happy Baking ^^




POM POM POTATO



Bismillahirrohmanirrohim

Pastinya udah pada tau kan dengan pom pom potato? Beberapa waktu yang lalu pom pom potato ini sempat booming juga lho. Pom pom potato terbuat dari campuran kentang halus dan keju kemudian dibalur dengan tepung panir dan digoreng. Pom pom potato ini adalah salah 1 cemilan favorit anak-anak saya. Bikinnya pun gampang sekali bahkan sebenarnya gak perlu takaran, tinggal cemplang cemplung aja menyesuaikan bahan yang kita punya, jadi deeh. 

Biasanya saya bikin sekaligus banyak dan kemudian disimpan di freezer. Sewaktu-waktu lagi pengen maem, tinggal keluarin dari freezer, dithawing sebentar dan siap digoreng. Pada beberapa resep, ada yang menambahkan susu kental manis, tapi saya gak pernah pakai. Mungkin kalau memakai susu kental manis ada gurih-gurih aroma susu gitu kali ya. Menurut saya tanpa susu kental manis juga udah enak kok. Kali ini saya bikin dengan isian cheddar dan mozzarela. Untuk bedainnya saya bikin dengan 2 bentuk, yang bulat isian cheedar sedangkan yang lonjong isinya mozza.

Buat saya fotoin pom pom potato itu susah banget. Gimana gak susah kalau masih di wajan aja, udah ditungguin anak-anak. Makanya biarpun udah sering banget bikin, baru kali ini ada dokumentasinya. Inipun juga fotoinnya keburu-buru sampai blur kemana-mana hahahaha. Ada 2 penjaga cilik yang setia menemani saya ^^





POM POM POTATO

Bahan :
400 gr kentang, kupas, kukus dan panas-panas haluskan
125 gr keju cheddar parut
Sejumput garam
keju cheddar dan keju mozarella, potong dadu untuk isian
Putih telur untuk bahan pencelup
Tepung panir untuk pelapis
Minyak goreng

Cara Membuat :
1. Campur kentang dan keju cheddar hingga tercampur rata. Masukkan garam, aduk rata kembali dan test rasa hingga sesuai selera.
2. Bentuk bulat, pipihkan dan beri isian kemudian bulatkan kembali atau bisa juga dibentuk lonjong. Lakukan hingga habis.
3. Celupkan ke dalam kocokan putih telur dan gulingkan ke tepung panir hingga tertutup rata. Simpan di dalam kulkas hingga panir menempel.
4. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga matang.
5. Angkat dan tiriskan, sajikan hangat dengan saus sambal atau mayo.

Notes :
- Kalau ingin segera digoreng, simpan dahulu selama minimal 30 menit di freezer ya.
- Biasanya saya bikin malam dan disimpan di kulkas semalaman baru keesokan paginya digoreng. Sisa yang belum digoreng disimpan di wadah kedap udara dan diletakkan di freezer.




Selamat mencoba...semoga meninspirasi yaa ^^


SETUP SALAK



Bismillahirrohmanirrohim

Postingan iseng, karena pasti semua udah bisa ya bikin setup. Tapi gak apa-apa ya tetap diposting, siapa tau ada yang jadi pengen bikin setup hihihi...maksaa banget. Biasanya saya membuat setup nanas atau pisang yang dicampur kolang kaling. Kebetulan sekarang lagi musim salak ya, tuh di pinggir jalan banyak sekali penjual salak dengan harga yang murah. Mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar ada semua, tentunya dengan harga yang bervariasi. Alhamdulillah kemarin dapat kiriman salak banyak banget. Salaknya kecil-kecil sih, tapi maniiis deh. Saking banyaknya, saya takut kalau sampai busuk, sayang banget kan karena salaknya enak. Akhirnya ada yang saya olah menjadi setup salak. Rencanyanya sih pengen bikin manisan atau asinan salak juga, eeeh...keburu habis salaknya hihihi.

Bahan-bahan yang saya gunakan untuk membuat setup salak antara lain adalah
- Salak yang sudah dibersihkan kulit arinya, dibuang bijinya dan dipotong-potong
- Air (ya iya laah pasti pakai air >_<)
- Gula pasir dan gula merah bila suka
- Batang kayu manis
- Cengkeh
Takarannya kira-kira aja yaaa...disesuaikan dengan banyaknya setup yang mau kita buat.

Caranya udah pada tau kaaan, gampang banget. Tinggal mendidihkan air, masukan gula pasir dan gula merah, batang kayu manis dan cengkeh. Test rasa hingga sesuai selera kemudian masukkan potongan salak dan masak hingga salak empuk. Siap deh untuk disajikan hangat ataupun dingin.

Kalau Mama bikin setup pasti gak pakai kayu manis karena beliau memang kurang suka dengan aroma kayu manis yang harum itu hihihi. Kalau gak punya cengkeh atau gak suka aroma cengkeh, diskip juga gak apa-apa, bisa tetap jadi kok setupnya. Jadi silahkan saja disesuaikan dengan selera ya. Paling enak memang menikmati setup dingin saat cuaca panas, tapi bukan berarti setup hangat itu gak enak lho. Coba deh menikmati setup hangat saat hujan-hujan...masya Allah nikmaat ^^




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

KILLER SOFT BREAD



 Bismillahirrohmanirrohim

Akhirnya saya ikutan bikin juga roti kekinian yang lagi ngehits, yaitu killer soft bread by Victoria Bakes. Udah lama banget pengen nyobain resep ini, tapi apa daya baru bisa nyobain sekarang ini. Alhamdulillah hari ini saya bisa menikmati libur yang benar-benar libur di rumah, jadi bisa uprek sebentar di dapur. Menurut Victoria Bakes, resep ini saingan lembutnya dengan resep 5 thousand dollar bread. Penasaran donk jadinya, secara kalau 5 thousand dollar bread kan bikinnya lama tuh, kalau yang killer soft bread ini proofingnya gak begitu lama. 

Seperti biasa kalau bikin roti saya mah paling dibuat roti sobek aja, karena males banget ngebentu roti. Belum lagi kalau hasilnya berantakan, bikin gemes hihihi. Yang paling aman ya dibuat roti sobek ini. Dari 1 resep killer soft bread ini jadi 1 loyang seperti yang saya foto ini plus 3 buah roti sosis yang saya bentuk. Hayoo kaya apa tuh bentuknya heuheuheu.

Untuk isiannya seperti biasa menyesuaikan aja dengan yang ada di rumah. Kali ini saya memakai peanut butter dan dulce de leche. Toppingnya saya memakai taburan almond slice dan wijen. Monggo disesuaikan aja dengan selera ya.







KILLER SOFT BREAD
by Victoria Bakes

Bahan :
260 gr tepung terigu protein tinggi
30 gr gula pasir
3 gr ragi instan
1 butir telur yang ditambah susu cair hingga berat 160-180 gr (saya 170 gr)
30 gr butter / margarin
sejumput garam

Olesan :
1 butir telur
3 sdm susu cair

Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan hingga tercampur rata.
2. Masukkan campuran telur dan susu, uleni hingga kalis kemudian tambahkan butter dan garam. Uleni kembali hingga kalis dan elastis.
3. Bagi adonan (saya timbang @50 gr), diamkan selama 10 menit. Beri isian sesuai selera.
4. Tata adonan di loyang yang sudah dioles tipis margarin / minyak sayur dan diamkan hingga mengembang 2x lipat. Saya tadi proofing selama kurang lebih 30 menit sudah mengembang tinggi.
5. Oles dengan bahan olesan dan beri topping bila suka, panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 30-40 menit.
6. Keluarkan dari oven, panas-panas olesi dengan butter. Siap dinikmati.




Lembuuut sekali, suka sekali deh dengan roti ini. Benar-benar saingannya 5 thousand dollar bread dan water roux bread nih. Killer soft bread ini juga pembuatannya lebih simple. In shaa Allah saya mau bikin juga monkey bread dengan menggunakan base resep ini. Moga-moga besok gak males yaaa hihihi.

Happy baking...semoga bermanfaat ya ^^





SOP BUNTUT



Bismillahirrohmanirrohim

Mau masak apa untuk menu keluarga esok hari? Gimana kalau kita bikin sop buntut aja yuuk. Kebetulan keluarga saya adalah penggemar aneka sop, termasuk juga sop buntut ini. Gak sering-sering sih makan sop buntut, sesekali aja. Lebih seringan saya bikin sop sehat atau sop ayam ala Klaten itu. Kalau lagi wiskul di resto biasanya kesempatan deh untuk cari menu sop buntut hihihi. Kali ini saya sempatkan untuk bikin sop buntut favorit keluarga. Sssttt...jangan diminta ya karena ini entah bikinnya kapan...biasaaa lagu lama kan kalau foto kadaluarsa baru diposting >_< 

Biasanya kalau masak gini, saya sering pakai jurus praktis yaitu memakai presto. Naah..kemarin saya rebus sampai benar-benar empuk. Kok ya sempat sih bund? Yaa iyaa masaknya sejak semalem nih dan paginya siap untuk menu sarapan hihihi. Niat banget ya dan sarapannya jadi sarapan yang berat heuheuhe. Biasanya kalau sop buntut memakai pelengkap wortel dan kentang ya, tapi kali ini saya gak pakai kentang. Baru  nyadar kalau stok kentang di rumah udah ludes gara-gara dibuat pom-pom potato. 






SOP BUNTUT

Bahan :
1 kg buntut sapi, potong-potong
2 liter air 
3 buah wortel, potong-potong
1 buah kentang, potong-potong (skip, lagi gak punya)
1 buah pala, parut
4 butir cengkeh
1,5 sdm garam
2 sdt gula pasir
2 batang daun bawang, potong-potong
1 ikat kecil seledri, simpulkan
2 buah tomat, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt merica (bisa dikurangi kalau takut terlalu pedas)

Pelengkap :
bawang putih goreng
jeruk nipis peras
sambal 

Cara Membuat :
1.  Rebus potongan buntut sapi dengan air hingga setengah lunak kemudian saring air kaldunya. 
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, irisan wortel dan cengkeh hingga harum kemudian masukkan ke dalam rebusan buntut. Masak dengan api kecil hingga mendidih.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir, parutan pala kemudian test rasa hingga sesuai selera.
4. Masukkan seledri. Lanjutkan memasak hingga buntut empuk dan bumbu meresap.
5. Menjelang diangkat masukkan daun bawang dan irisan tomat. Masak sebentar kemudian matikan api.
6. Sajikan hangat dengan pelengkap.

Kalau mau menggunakan presto, cukup selama 15 menit aja ya. Udah empuk kok dalam waktu segitu. Saya pernah sampai 20 menit jadinya banyak yang hancur hahaha. Tapi tergantung juga ya dengan presto yang digunakan.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

PIZZA JAMUR ROTI TAWAR



Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah...mendekati weekend ya...asyiiik. Sebenarnya weekend atau gak juga gak banyak bedanya sih buat saya, karena toh tiap Sabtu saya juga masih ngurus kerjaan di luar rumah hehehe. Tapi biarpun masih tetap sibuk di hari Sabtu, saya mah happy aja, kan Minggunya juga saya bisa libur kaan ^^

Sebenarnya ini postingan gak penting banget ya karena memang gak ada resepnya. Bahan-bahan yang digunakan beserta takarannya menyesuaikan dengan selera keluarga dan banyaknya yang akan kita buat. Tetap saya posting ya, siapa tau bisa jadi ide untuk yang belum pernah bikin hehehe. Yeess...ini  adalah pizza roti tawar. Bahan dasarnya tentu saja adalah roti tawar, lebih baik pakai roti tawar yang berkulit tapi boleh juga laah kalau mau pakai roti tawar kupas. Praktis sekali karena kita gak perlu bikin adonan kulit pizza sehingga cocok untuk menu sarapan atau bahkan bekal. 

Yang saya buat kali ini bahan-bahannya adalah sebagai berikut
1. Roti tawar
2. Saus tuna (resepnya bisa dilihat di postingan sebelumnya ya)
3. Jamur kancing
4. Keju mozzarela
5. Irisan tomat
6. Oregano kering
7. Daun basil segar

Tinggal olesi roti tawar dengan saus tuna, beri keju mozarella, jamur kancing dan tomat, taburi oregano dan siap dipanggang hingga keju meleleh atau roti agak kering. Segera sajikan ketika masih hangat ya, saat keju mozarella masih meleleh-leleh. 





Bahan-bahan yang saya pakai tersebut tentunya bisa disubstitusi menyesuaikan selera dan bahan yang kita punya. Bisa pakai sosis, suwiran ayam, saus bolognese siap pakai atau bahkan saus tomat biasa. Kalau gak ada keju moza, bisa juga kok pakai keju parmesan atau cheddar parut. Eh ya salah 1 favorit saya memakai topping nanas. Enak loh, asam manis segar.  Bisa juga kalau ditambah irisan paprika,  keliatan cantiik warna warni hihihi. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya

PASTA SAUS TUNA



 Bismillahirrohmanirrohim

Punten...postingan tentang pasta lagi, jangan bosen ya kalau pasta lagi pasta lagi yang ditulis. Maklum aja ya karena memang pasta selalu ada di lemari dapur saya dan sering sekali jadi "menu penyelamat" saat saya diburu waktu atau memang lagi males masak. Selain pasta, saya juga selalu sedia saus bolognese di kulkas. Namanya pasta kan memang biasanya berjodoh dengan saus bolognese ya hihihi. Alternatif lainnya selain memakai saus bolognese, bisa juga memakai saus putih, dimasak ala aglio e olio atau bahkan dimasak ala seblak favorit saya. Yang disebut terakhir itu mah memang asli ngaco deh, tapi percaya deh....enaaak!!

Kali ini saya membuat saus tuna. Mirip sih dengan saus bolognese namun saya memakai tuna sebagai ganti daging giling. Ya iya laaah pakai tuna,  namanya juga saus tuna hihihi. Lebih enak memakai tuna segar diambil fillet-nya kemudian dikukus dan disuwir kasar. Kali ini saya pakai tuna kalengan aja ya, hujan-hujan gini males banget mau ke pasar pagi-pagi demi berburu tuna segar. Selain becek karena hujan semalaman, juga seringnya kalau pagi tuh masih gerimis. Jadi pakai tuna kalengan gak apa-apa yaaa.




Selain digunakan untuk campuran pasta, saus ini juga biasanya saya pakai untuk olesan pizza atau untuk saus pelengkap macaroni schotel dan lasagna. Jadi memang gak rugi deh kalau nyetok saus ini di kulkas karena memang multi fungsi banget.  Pasta yang dipakai juga suka-suka aja, bisa pakai spaghetti, fettuccini atau macaroni aneka bentuk. Kali ini saya memakai pasta favorit anak-anak saya yaitu pasta bow tie yang bentuknya cantik ini. Untuk pelengkap saya suka memakai keju parut dan daun basil segar. Paling enak pakai keju parmesan, tapi karena gak punya jadi saya pakai cheddar aja. Berikut resep saus tunanya ya

SAUS TUNA

Bahan :
500 gr tomat merah
400 gr tuna kalengan
1 butir bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1 kaleng (170 gr) pasta tomat  
200 gr saus tomat
200 ml air 
1 sdt oregano
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir atau sesuai selera
2 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Rebus tomat hingga lunak, kupas kulitnya dan haluskan.
2. Panaskan olive oil, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
3. Masukkan tomat yang sudah dihaluskan, pasta tomat, saus tomat. Aduk hingga rata.
4. Tuang air, bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula pasir. Kecilkan api dan masak hingga mendidih dan mengental.
5. Masukkan tuna kalengan dan oregano. Aduk perlahan hingga tercampur rata dan masak hingga meresap.
6. Angkat dan siap digunakan.
  
Notes :
1. Kalau tidak ada pasta tomat, bisa pakai saus tomat aja ya. Mau pakai pasta tomat tanpa saus tomat juga bisa banget kok.
2. Bila memakai fillet tuna segar, kukus hingga matang dan suwir-suwir kasar saja.
3. Tuna dimasukkan terakhir agar teksturnya tidak terlalu hancur. Kalau pakai daging giling, masukkan setelah tumisan bawang ya. Daging gilingnya diaduk hingga berubah warna baru kemudian dimasukkan tomatnya.


Tuh masih terlihat kan suwiran tuna-nya. 

Selamat mencoba...semoga bisa menginspirasi ya ^^

LEMON SILKY PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah March!! Gak kerasa aja ya, udah masuk bulan ke-3 di tahun ini. Waktu nulis postingan ini saya jujur lagi mellow aja, karena kangen alm. Papa. Yang namanya kangen selalu saja dirasakan ya, apalagi dalam keadaan gak bisa ketemu seperti sekarang ini. Kalau teman-teman yang mengenal saya secara dekat pasti paham deh gimana dekatnya saya dengan alm. Papa baik ketika beliau masih sehat atau ketika sudah mulai sakit 15 tahun yang lalu. Jadi memang gak heran kalau sekarang ini saya masih merasa sangat-sangat kehilangan. Maaf yaaa....kok malah jadi curhat.

Daripada mellow terus, saya cerita yang lain aja deh ya tentang lemon silky pudding yang saya buat ini. Eh tapi lagi-lagi ada curhatnya juga nih tentang si silky pudding ini. Hahahaha...kok curhat mulu yak >_<  Sejak pertama posting silky chocolate pudding dan matcha silky pudding beberapa waktu lalu, Alhamdulillah sudah banyak yang tertarik untuk mencoba. Bahkan silky chocolate pudding termasuk postingan yang banyak dibaca di blog saya, kurang lebih sudah dilihat lebih dari 70.000. Alhamdulillah...terima kasih ya. Saya mendapat cukup banyak review juga dari silky pudding tersebut. Sebagian besar memang bilang suka dengan si silky coklat itu dan juga si silky matcha. Duuuh...apaan sih ini bahasanya ngawur banget hihihi. Tapiiii....diantara yang sudah mencoba resep tersebut, saya juga menerima banyak sekali pertanyaan yang sama. Pertanyaannya kurang lebih seperti ini....Bund / Mbak kenapa pudding saya tetap encer, tidak bisa set dan keras padahal sudah sesuai resep dan sudah diiamkan. Hiiiks....bukan 1-2x saya menerima pertanyaan seperti itu baik melalui komen, DM di IG, inbox, email, WA atau bahkan SMS. Padahal di setiap postingan silky pudding selalu saya tuliskan kalau silky pudding ini teksturnya berbeda dengan pudding yang memakai perekat seperti agar-agar bubuk, jelly bubuk atau bahkan gelatine. Tekstur dari silky pudding ini memang lembut, TIDAK SET dan TIDAK PADAT. Menurut saya teksturnya mirip dengan vla. Jadi makannya harus disendokin, gak bisa dipotongin kan hihihi. Bahkan ada juga yang menikmati silky pudding memakai sedotan ya. Hehehehe...jadi ya mau curhat itu aja sih. Gak penting banget ya sebenarnya, in shaa Allah saya selalu berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan kok. Cuma kadang gemes juga kalau pertanyaannya diulang terus padahal sudah ada keterangan di setiap postingannya. Mungkin karena tidak baca secara lengkap, maklum kadang memang tulisan saya mah suka ngelantur kemana-mana hihihi. Mohon maaf yaaa




Masih memperdayakan lemon modis alias modal diskon, saya akhirnya bikin lemon silky pudding. Specialnya sih buat adek yang suka banget dengan aroma-aroma lemon. Padahal sebenarnya adek tuh minta dibuatin lemon curd tapi karena saya lagi kehabisan telur, jadinya belok deh bikin lemon silky pudding aja. Beloknya jauh amat sih yaaa. 

LEMON SILKY PUDDING

Bahan :
700 ml susu cair
30 gr maizena
100 gr gula pasir
2 buah lemon, peras airnya dan parut kulitnya (lemon zest)
170 gr coklat masak putih (WCC), cincang

Cara Membuat :
1. Campur susu cair, maizena dan gula pasir. Aduk hingga rata dan maizena larut.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mengental dan meletup-letup kemudian masukkan perasan air lemon dan parutan kulit lemon. Aduk hingga rata.
3. Masukkan coklat masak putih. Aduk hingga rata dan coklat leleh. Matikan api.
4. Biarkan uap panasnya hilang kemudian tuang ke dalam gelas saji atau cup. Setelah agak dingin, simpan di dalam lemari es.
5. Sajikan dingin dengan vla.

Untuk pelengkapnya saya membuat vla coklat dan toppingnya saya pakai remahan wafer. Selain vla coklat enak juga kalau memakai vla vanilla. Toppingnya juga bisa memakai biskuit seperti oreo. Tanpa vla sebenarnya juga udah enak kok. 

VLA COKLAT 

Bahan :
300 ml susu cair
1 sdm munjung maizena
60 gr gula pasir
1/8 sdt garam
50 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
1/2 sdt pasta coklat (optional)

Cara Membuat :
1. Campur susu cair, maizena, gula pasir dan garam. Aduk hingga rata.
2. Masak sambil diaduk hingga mengental dan meletup-letup kemudian masukkan DCC. Aduk hingga rata.
3. Matikan api, masukkan pasta coklat, aduk hingga rata.
4. Dinginkan dan siap digunakan.




Rasanya enaak deh, segar, asam dan manis dengan aroma lemon yang kuat. Si adek aja ketika silky puddingnya masih di kompor udah penasaran banget karena aroma lemonnya kemana-mana kan. Akhirnya sisa-sisa adonan di whisker dan panci juga sukses "dibersihkan" si adek hihihi. Alhamdulillah, walau jadinya bukan lemon curd, tapi adek tetap suka.

Eh yaa...mohon maaf atas curhatan saya ya. Jujur gak ada maksud apa-apa kok, saya pun sering banyak salah juga kalau posting atau membalas komen atau pertanyaan. Maafin lagi yaa

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^