BAKSO BAKAR ASAM MANIS



Bismillahirrohmanirrohim

Postingan penutup bulan Februari ^^ Berharap sekali kalau di bulan-bulan ke depan bisa lebih rajin posting hiiks. Kali ini postingan saya tentang bakso bakar asam manis. Ceritanya tuh sebenarnya saya lagi pengen banget makan cilok dengan bumbu kacang super pedas. Ternyata bahan-bahannya gak lengkap karena saya lagi gak punya tepung tapioka. Buka freezer masih ada bakso frozen, jadi kita buat bakso bakar aja yuuk. Akhirnya juga gak jadi bikin bakso bakar sambal kacang, tapi ganti haluan disiram saus asam manis gara-gara liat stok nanas di kulkas. Tuh kaaan yang namanya masak tuh ternyata memang harus belok-belok dulu karena menyesuaikan bahan hihihi.

Bikin bakso bakar asam manis ini jelas gampang banget. Untuk pelengkapnya juga bisa disesuaikan aja dengan selera. Saya cuma pakai nanas aja, sedangkan kalau mau yang lebih lengkap bisa banget ditambahkan wortel, kacang polong atau bahkan jamur. Enaak deh. Eh ya dulu saya sudah pernah posting juga bakso bakar dengan memakai bumbu kecap, bisa dilihat disini ya.




BAKSO BAKAR ASAM MANIS

Bahan :
25 butir bakso, kerat jangan sampai terputus
1 butir bawang bombay, iris tipis
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang
2 cabe merah, iris tipis
4 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
2 sdm saus tiram
1 sdm saus inggris
3-4 sdm gula pasir
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
500 ml air
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
1/2 buah nanas, potong-potong
1 batang daun bawang, iris
2 sdm minyak untuk menumis
tusuk sate

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu kemudian masukkan irisan cabe merah. Aduk hingga rata.
2. Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, saus inggris, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk hingga rata.
3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masak hingga mendidih dan test rasah ingga sesuai selera.
4. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
5. Masukkan potongan nanas dan bakso. Masak sebentar hingga meresap.
6. Menjelang diangkat masukkan potongan daun bawang. Matikan api.
7. Tusukkan bakso pada tusuk sate kemudian bakar sambil sesekali diolesi saus.
8. Angkat, tata di piring saji dan siram dengan sisa saus asam manis.



Alhamdulillah...olahan asam manis selalu jadi favorit keluarga saya, termasuk juga bakso bakar asam manis ini. Semoga bisa menjadi salah satu alternatif hidangan buat keluarga ya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ^^


CHOCOLATE CUPCAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Entah ada angin apa ya kok tiba-tiba pengen banget menikmati cupcake coklat hangat. Ngidam bund? Hiyaaa...ngidam alias kepengen aja. Akhirnya diniatin banget nguprek di dapur demi cupcake coklat. Kebetulan juga saya beberapa waktu yang lalu menyimpan resep cupcake hasil nyontek di IG, jadi sekalian nyobain resep baru kaan.

Untuk membuat cupcake coklat ini memang paling asyik kalau pakai filling. Bisa memakai selai strawberry, selai bluberry, nutella, ovomaltine atau bahkan lemon curd. Kali ini saya memakai filling dulce de leche yang dulu sudah pernah saya posting ya. Sengaja kali ini saya gak bikin frosting, karena memang lagi pengen menikmati cupcake coklat yang "plain" aja. Kalau ingin memakai frosting paling enak memang menggunakan ganache. Selain itu saya juga suka memakai buttercream coklat atau buttercream kopi. Silahkan disesuaikan aja dengan selera aja yaa.

Eh ya ngomong-ngomong soal buttercream, sebenarnya saya udah pernah posting juga lho resep buttercream andalan saya di blog ini. Memang bukan postingan khusus buttercream tetapi jadi satu dengan postingan BDCK anak saya dan juga postingan opera cake. Pengennya sih nanti bikin postingan khusus tentang buttercream karena memang seriiing banget yang nanya resepnya. In shaa Allah ntar kalau saya bikin buttercream ya, difotoin deh hihihi. Sejak Dapur Nays off saya mah jarang banget bikin buttercream.





Resep cupcake ini saya adaptasi dari resep Dhea Meirina dan sedikit dimodif. Karena saya tidak memakai frosting, saya tambahkan sedikit gula pasir pada adonannya. Kalau akan memakai frosting menurut saya tidak perlu ditambahkan gulanya karena akan ada rasa manis dari frostingnya. Cupcake-nya  moist dan nyoklat. Monggo yang pengen nyobain

CHOCOLATE CUPCAKE

Bahan A :
200 gr butter
100 gr gula palem
30 gr gula pasir (resep asli tidak pakai)

Bahan B :
200 gr tepung terigu serbaguna
40 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam

Bahan C :
100 ml plain yoghurt (bisa juga pakai buttermilk atau susu)
4 butir telur
----> kocok ringan

Bahan Tambahan :
75 gr chocochips
dulce de leche untuk filling

Cara Membuat  :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan cupcase dan letakkan di loyang cupcake. Sisihkan.
2. Campur dan ayak bahan B. Sisihkan.
3. Kocok bahan A hingga tercampur rata kemudian masukkan sebagian bahan B bergantian / berselang-seling dengan bahan C. Kocok dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata.
4. Masukkan chocochips, aduk hingga rata.
5. Tuang adonan hingga 1/2 penuh, beri filling dulce de leche kemudian tuang kembali adonan hingga 3/4 penuh. Lakukan hingga habis.
6. Panggang selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.
7. Angkat dan pindahkan ke cooling rack. Siap disajikan atau dihias ketika sudah dingin.


Tuuh...keliatan gak filling dulce de leche-nya ^^

Chocolate cupcake ini bisa jadi salah satu alternatif base cupcake-nya. Enak kok rasanya. Cobain deeh...smoga aja sesuai dengan selera yaa.

Happy baking...semoga bermanfaat ^^


LEMON CURD



 Bismillahirrohmanirrohim

Ada yang sudah pernah bikin lemon curd? Saya baru pertama kali ini bikin. Kalau di luar negeri lemon curd bisa dengan mudah diperoleh dalam bentuk jadi, kalau disini kayanya susah ya atau saya aja yang belum nemu karena tinggal di desa ya hihihi. Biasanya lemon curd digunakan untuk olesan cookies, roti, cake atau bahkan untuk pie. Saya membuat lemon curd ini karena tertarik ingin mencoba  lemon curd tart alias lemon curd pie ala Joy of Baking. Ternyata...oh ternyataa...sebelum dibuat pie, lemon curd ini udah menipis karena kebanyakan dicolekin dan dijadikan olesan roti hahaha.

Lemon curd ini teksturnya seperti vla dengan rasa asam manis yang segar. Aroma lemonnya tentu saja sangat kuat karena memang terbuat dari lemon asli. Kalau anak saya sih bilangnya ini selai lemon hehehe. Dari sekian banyak resep homemade lemon curd yang ada, saya memilih mencoba resep dari Joy of Baking. Menurut saya resep tersebut yang paling simpel. Bahan-bahan yang digunakan juga relatif mudah. Kebetulan saya lagi punya banyak stok lemon modis alias modal diskon, jadi niat banget dibedayakan menjadi lemon curd ini. 




LEMON CURD

Bahan :
3 butir telur
90 ml air perasan lemon (resep asli 80 ml)
150 gr gula pasir
56 gr unsalted butter, potong dadu
1 sdm lemon zest (parutan kulit lemon)

Cara Membuat :
1. Panaskan air. Sisihkan.
2. Dalam sauce pan, campur telur dan gula, aduk menggunakan whisker hingga rata kemudian masukkan air lemon.
3. Letakkan sauce pan di atas panci yang berisi air tadi (double boiler), kecilkan api. Aduk terus menerus agar tidak ada yang menggumpal. Setelah 10 menit, tekstur lemon curd akan mengental.
4. Angkat dari panci, masukkan butter dan lemon zest. Aduk hingga butter leleh dan rata.
5. Biarkan uap panaskan hilang kemudian tutup dengan cling wrap. Setelah dingin bisa disimpan di kulkas.





Seperti biasa, hati-hati kalau memarut kulit lemon (lemon zest) ya, jangan sampai terkena bagian putihnya karena nanti rasanya bisa getir atau pahit. Lemon curd ini memang tidak begitu tahan lama, konon di kulkas hanya tahan selama seminggu. Mungkin hal ini disebabkan karena ada penggunaan telurnya ya, mungkiiin sih. Ntar deh saya coba gugling lagi. Hasil dari 1 resep ini gak saya timbang sih, jadi 2 jar kecil saja. Pas menurut saya, tidak terlalu banyak.

Penasaran dengan lemon curd yang segar ini? Cobain bikin yuuuk. Recomended deh.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya ^^

KAKI NAGA



 Bismillahirrohmanirrohim

Emang naga itu ada yaa? Kok ada juga makanan yang namanya kaki naga hihih. Waktu bikin ini saya malah jadi ingat dengan salah 1 film favorit saya yaitu "Harry Potter and the Goblet of Fire". Kenapa jadi malah ingat Harry Potter? Karena di film tersebut ada tuh adegan si Harry harus melawan naga hahaha. Tuh kaan malah gak nyambung kemana-mana. 

Kembali ke kaki naga ini ya. Saya sendiri gak tau kenapa ini dinamakan kaki naga, bahkan sebenarnya saya belum pernah makannya. Cuma tau aja kalau kaki naga itu adalah mirip-mirip nugget tetapi ditusuk dengan stick. Sebenarnya lebih cakep tuh ya kalau pakai stick es krim, karena sticknya gede jadi ntar kaki naganya kita buat gede-gede juga. Naah kalau punya saya ini gak montok sama sekali hihihi. Cuma punya tusuk sate di rumah, itupun yang kecil jadinya kaki naga yang saya buat menyesuaikan gini. Alesaaan banget deh yaa.

Untuk resepnya bisa menggunakan resep nugget, tetapi kali ini saya memakai resep yang tanpa roti tawar. Saya tambahkan juga sedikit parutan wortel dan keju parut di dalamnya, biar lebih bergizi gitu maksudnya.




KAKI NAGA

Bahan :
200 gr fillet ayam (saya pakai full bagian paha)
100 gr udang kupas
50 gr wortel parut halus
1/2 butir bawang bombay, cincang hingga halus
5 siung bawang putih, cincang
1 butir telur 
50 gr keju cheddar parut
50 gr tepung kanji
1,5 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
tusuk sate bagi menjadi 3 atau 4 bagian, atau bisa juga memakai stick es krim

Pelapis :
1-2 butir telur, kocok lepas (saya pakai stok putih telur)
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
1. Masukkan fillet ayam, udang kupas, wortel, keju parut, bawang bombay, bawang putih, telur, garam, kaldu bubuk, merica dan gula pasir dalam food processor. Proses hingga halus.
2. Tambahkan tepung kanji, aduk hingga rata dan halus.
3. Olesi tangan dengan sedikit minyak, ambil adonan dan bentuk lonjong, beri tusuk sate. Lakukan hingga habis.
4. Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan dinginkan.
5. Celupkan kaki naga ke kocokan telur kemudian gulingkan ke dalam tepung panir. Lakukan hingga habis.
6. Panaskan minyak, goreng hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
7. Sajikan hangat dengan saus sambal favorit.

Notes :
- Kalau gak punya food processor, bisa diaduk aja langsung ya, tetapi pastikan ayam dan udang sudah halus. 
- Setelah dipanir, kaki naga bisa disimpan di wadah kedap udara dan letakkan di freezer. Sebelum digoreng bisa dithawing dulu sebentar yaa.
 



Akhirnya bisa juga ngerasain kaki naga hehehe. Anak-anak jelas sukaaa sekali. Bolak-balik dicemilin gitu aja. Gak perlu khawatir juga makannya, karena kita bikin sendiri jadi tau kualitas bahan yang dipakai.

Selamat mencoba ya...semoga bermanfaat

CHIFFON CAKE COKLAT



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo...kita bikin cake lagi yuuk. Kali ini saya pengen bikin chiffon cake. Ngebet banget deh pengen bikin chiffon cake coklat, eh tapiiii ternyata coklat bubuknya gak ada. Ya wiiis lah, pakai pasta coklat aja yang penting warnanya coklat hihihi. Ternyata setelah jadi, warna bagian dalamnya juga coklatnya malu-malu aja nih, gak bisa coklat gelap. Ya iyaa lah cuma pakai pasta coklat ya. Padahal kalau pakai coklat bubuk, bisa cakep deh hasilnya. It's oke lumayan laah buat tombo pengen makan chiffon cake.

Ada yang merasa "tricky" membuat chiffon cake? Yeeess...dulu saya juga merasa gitu. Waktu awal-awal baking dulu, butuh beberapa kali remidi sampai akhirnya bisa jadi chiffon cake-nya. Pertama kali dulu adonan sukses luber dari loyangnya karena waktu itu gak mudeng dengan konversi loyang, asal tuang aja padahal loyangnya kekecilan hahaha. Trus pernah juga chiffon cake-nya mengkerut alias gak bisa menul-menul gitu, mungkin karena kocokannya gak benar ya. Ada juga ngerasain chiffon cake yang hancur gara-gara gak bisa ngeluarinnya dari loyang dan beberapa kejadian lainnya. Pokoknya lengkap deh sampai akhirnya bisa bikin chiffon cake yang "lumayan berhasil". Jadi...memang harus berani untuk coba dan gagal untuk bisa menguasai salah satu jenis cake. Saya pun juga bukan pernah gagal lagi, tapi sering laah hihihi. Buat yang belum berhasil bikin chiffon cake, jangan lelah untuk mencoba lagi ya. Jangan pula nyalahin resep kalau belum berhasil, karena semua kembali lagi pada "tangan" masing-masing ya. Resep sama tapi tangan beda, hasilnya juga beda kaan. 




Kembali lagi ke chiffon cake yang "agak coklat" ini ya. Base resepnya saya memakai resep chiffon favorit saya yaitu chiffon cake pandan NCC. Udah pada tau kan resepnya karena resep ini mah udah kondang banget. Dulu saya juga sudah pernah posting juga. Saya tuliskan lagi yang sudah dimodifikasi menjadi chiffon cake coklat.

CHIFFON CAKE COKLAT

Bahan Adonan Pasta :
50 gr gula pasir
20 gr susu bubuk full cream
20 gr maizena
140 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder double acting (saya pakai baking powder biasa)
100 ml minyak sayur
100 ml susu cair
140 gr kuning telur (kurang lebih dari 9 kuning telur)
1 sdt pasta coklat

Bahan Adonan Putih Telur :
300 ml putih telur (kurang lebih dari 9 putih telur)
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
 1 sdt air perasan lemon / jeruk nipis

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 150'C, siapkan loyang chiffon tanpa dioles apapun. Masukkan loyang chiffon ke dalam oven sementara oven dipanaskan.
2. Adonan Pasta : Campur dan ayak susu bubuk, maizena dan tepung terigu kemudian campur dengan gula pasir dan baking powder. Aduk hingga rata kemudian buat lubang di tengahnya, tuang kuning telur dan aduk searah dari arah dalam menggunakan hand whisk sambil dituangi minyak sayur dan susu cair.
3. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus kemudian masukkan pasta coklat. Aduk hingga rata. Sisihkan.
4. Adonan Putih Telur : Kocok putih telur, gula pasir, garam dan air lemon hingga soft peak (bila gagang mixer diangkat, akan membentuk jambul tumpul).
5. Tuang 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan pasta, aduk balik menggunakan spatula hingga rata kemudian tuang kembali ke adonan putih telur. Aduk rata.
6. Keluarkan loyang chiffon dari oven, percikkan sedikit air ke dinding loyang kemudian tuang adonan.
7. Panggang selama kurang lebih 70-90 menit (tergantung masing-masing oven ya) hingga matang dan kokoh. Lakukan test tusuk dan tekan perlahan permukaan cake, apabila ketika ditekan permukaannya kembali membal berarti sudah matang.
8. Keluarkan loyang dari oven dan segera balikkan loyang dengan disangga kaki-kaki loyang. Apabila menggunakan loyang tulban biasa bisa disangga dengan menggunakan botol. Biarkan loyang dalam keadaan terbalik hingga benar-benar dingin.
9. Setelah dingin, keluarkan chiffon cake dari loyangnya. Sajikan.

Note :
- Karena ukuran telur yang berbeda, lebih baik putih dan kuning telur yang dipakai ditimbang aja ya. 9 telur yang saya gunakan dalam chiffon cake ini adalah telur ukuran standar.
- Loyang chiffon ikut dipanaskan dalam oven agar rapat di bagian bongkar pasangnya sehingga adonan tidak merembes keluar. Apabila memakai loyang tulban biasa tidak perlu dipanaskan ya. 




Tuh beneran kan....warna coklatnya malu-malu keluarnya hihihi. Gak apa-apa yang penting bisa menikmati chiffon cake coklat. Eh ya coretan coklat putih itu sih sesuai selera aja ya, gak pakai juga tetap enak kok. Ini juga nurutin adek yang suka banget ama coklat putih dan Bundanya cuma punya WCC ini . Melaas yaa >_<




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya.
Happy Baking ^^

PASTA SAUS PEDAS



 Bismillahirrohmanirrohim

Postingan kali ini spesial saya bikin untuuuuk....saya sendiri hahaha. Maklum ini salah satu obat mumet saya, yaitu pasta yang dimasak super pedas. Sengaja bikin dikit aja ya karena untuk dimakan sendiri. Sebenarnya ini mirip-mirip dengan saus padang yang sering saya buat, jadi memang cuma di judulnya aja gak ditulis saus padang. Iseng aja bikin pakai pasta karena memang cuma itu yang ada di rumah. Kalau mau pakai mie juga enak kok, karena yang penting memang sausnya itu. Mantap banget kalau dibuat super pedas.

PASTA SAUS PEDAS

Bahan :
150 gr pasta, rebus hingga al dente
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1 cabe merah, iris serong
5 sdm saus sambal
3 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
1 sdm kecap manis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
1 gelas air
1 batang daun bawang, iris
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
3 butir bawang merah
4 cabe merah
5 cabe rawit

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bumbu halus hingga harum dan matang.
2. Masukkan cabe merah. Aduk hingga rata.
3. Masukkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, kecap manis dan kecap ikan. Aduk hingga rata.
4. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk kemudian bumbui garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan pasta, aduk saus merata dan air menyusut. Menjelang diangkat masukkan irisan daun bawang.
6. Angkat dan sajikan hangat.  

Masya Allah pedesnya mantaap, akhirnya saya malah nangis-nangis dan kembung karena kebanyakan minum hiiiks. Jadi pedasnya silahkan disesuaikan dengan selera aja.



Selamat mencoba....semoga bermanfaat ^^

MUSHROOM FRITATA



 Bismillahirrohmanirrohim

Keluarga saya selalu suka dengan cemilan gurih. Kalau udah bikin yang gurih dan ngeju-ngeju gitu selalu cepat habisnya. Biasanya sih cemilan yang gurih itu gak jauh-jauh dari gorengan atau macaroni schotel, tapi kali ini saya membuat fritata. Fritata adalah salah satu makanan dari Italia yang menggunkan bahan dasar telur. Proses pembuatan cukup mudah dan simple, mirip dengan pembuatan telur dadar tetapi fritata dipanggang. Fritata bisa menggunakan berbagai bahan pelengkap, misalnya sayuran, daging, keju atau bahkan pasta.

Fritata yang saya buat ini diadaptasi dari resep fritata italia NCC. Pada resep asli menggunakan smoke chicken sebagai salah satu pelengkapnya. Karena saya tidak punya smoke chicken, sebagai gantinya saya memakai daging giling dan irisan jamur kancing. Saya tambahkan juga paprika merah di dalamnya. Bisa juga memakai pelengkap ayam giling, smoke beef, sosis atau bahkan kornet. Kalau gak punya paprika merah, bisa juga memakai irisan cabe merah, enaaak juga, saya udah pernah nyobain.



MUSHROOM FRITATA

Bahan :
1 butir bawang bombay, cincang halus
5 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
150 gr daging giling
10 jamur kancing, iris tipis
1/2 paprika merah, potong dadu kecil
1 sdt merica hitam
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk non MSG
1/4 sdt gula pasir
12 butir telur
75 gr keju cheddar parut
3 sdm parsley cincang
3 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Panaskan olive oil, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
2. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna. Masukkan jamur dan paprika kemudian bumbui dengan garam, merica hitam, kaldu dan gula. Aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera.
3. Kocok telur hingga rata, saya menggunakan mixer sebentar saja hingga telur berbusa. Masukkan keju parut dan parsley. Aduk hingga rata.
4. Siapkan loyang muffin, beri tumisan daging hingga 1/3 penuh kemudian tuang adonan telur hingga penuh. Lakukan hingga habis.
5. Panggang dengan suhu 200'C selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.
6. Angkat, keluarkan dari loyang dan sajikan dengan saus sambal favorit.





Selain untuk cemilan keluarga, fritata ini bisa juga menjadi salah satu alternatif isian snack box. Letakkan fritata di atas paper cup, tambahkan saus sambal sachet, cantiik deh jadinya. 

Happy baking...semoga bermanfaat ya

PUDING ROTI TAWAR VLA COKLAT



Bismillahirrohmanirrohim

Hujan terus yaa...bikin gampang lapar dan pengennya ngemil aja. Nah karena masih dalam rangka malas uprek di dapur, bikinnya puding aja ya yang cepat dan praktis. Cocok gak sih puding dinikmati di cuaca kaya gini, yaaa...dicocok-cocokin aja deh ya. Alhamdulillah puding buatan saya ini juga langsung ludes hehehe. Kali ini saya membuat puding roti tawar. Bikinnya juga menyesuaikan bahan yang ada aja, roti tawar tinggal 3 lembar, susu UHT juga adanya yang coklat. Resepnya sebenarnya juga sudah pernah saya posting dulu, kali ini hanya saya modif sedikit aja dan saya hanya membuat memakai 1 bungkus agar-agar bubuk.

Puding roti tawar ini sebenarnya sangat mudah divariasikan. Untuk penggemar matcha, cappuccino, moka atau bahkan pandan, bisa banget dijadikan variasi rasa pudingnya. Kalau keluarga saya lebih suka yang marmer atau coklat. Untuk vla-nya juga bisa memakai vla vanilla, vla strawberry atau vla coklat seperti yang saya buat. Silahkan disesuaikan aja dengan selera keluarga.




PUDING ROTI TAWAR

Bahan :
3 lembar roti tawar tanpa kulit, potong-potong
500 ml susu UHT coklat (bisa juga pakai yang plain)
200 ml air
1 (7 gr) bungkus agar-agar bubuk
115 gr gula pasir atau sesuai selera
sejumput garam
50 gr dark cooking chocolate, lelehkan
2 sdm chocochips
1/2 sdt pasta coklat

Cara Membuat :
1. Blender roti tawar dengan susu hingga lembut. Sisihkan.
2. Dalam panci, campurkan agar-agar bubuk, garam dan gula. Aduk hingga rata kemudian tambahkan campuran roti tawar dan susu serta air. Masak dengan api sedang sambil diaduk.
3. Masukkan chocohips dan coklat leleh. Masak hingga mendidih, matikan api.
4. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air, biarkan hingga uap panasnya hilang dan dinginkan di dalam kulkas.

VLA COKLAT

Bahan :
350 ml susu cair
50 gr gula pasir
50 gr dark cooking chocolate, leleh
1 sdm maizena
1/8 sdt garam
1/2 sdt pasta coklat

Cara Membuat :
1.Campur semua bahan menjadi satu, masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
2. Setelah uap panasnya hilang, masukkan pasta coklat. Aduk hingga rata dan dinginkan.
3. Siap digunakan.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

BANANA CINNAMON PASTRY



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin cemilan yang gampang-gampang dan cepat aja karena menyesuaikan kondisi tubuh yang lagi males uprek di dapur hihihi. Kalau udah males gini, biasanya gorengan dan puding yang jadi penyelamat. Bagi saya ada lagi yang bisa jadi andalan disaat malas melanda yaitu puff pastry. Sejak bisa bikin puff pastry sendiri saya biasanya selalu ada stok di kulkas. Kalaupun stok habis dan males (lagi-lagi males) bikinnya, ya beli puff pastry siap pakai di supermarket. 

Seperti kali ini saya bikin pastry isi pisang yang dicampur dengan kayu manis bubuk, gula palem dan chocochips. Nama kerennya ya itu banana cinnamon pastry hihihi.  Bahannya ketauan banget ya, pakai yang ada aja di rumah, standar banget sih. Biarpun isiannya minimalis gitu, tapi enak juga lho. Apalagi buat yang suka paduan pisang dan kayu manis bubuk, pasti suka deh. Bikinnya jelas gampang, mirip-mirip dengan apple turnovers yang pernah saya posting disini.

BANANA CINNAMON PASTRY

Bahan :
Puff pastry siap pakai, potong ukuran 10x10 cm
3 buah pisang, potong-potong
40 gr gula palem
40 gr chocochips
1 sdt kayu manis bubuk
25 gr almond sangrai, cincang kasar
1 kuning telur untuk olesan

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang, oles dengan margarin dan alasi kertas roti kemudian oles margarin kembali.
2. Campur gula palem, chocochips, kayu manis dan almond sangrai. Aduk hingga rata kemudian masukkan potongan pisang. Aduk rata kembali.
3. Ambil puff pastry, beri isian pisang di tengahnya dan lipat hingga berbentuk segitiga. Tekan bagian tepi memakai garpu.
4. Olesi dengan kuning telur kemudian kerat bagian tengahnya menggunakan pisau kecil.
5. Panggang hingga berwarna keemasan kurang lebih selama 20 menit.
6. Angkat dan siap disajikan




Mohon abaikan foto yang noise dan burem ini yaa huhuhu. Ternyata memang males bebikinan itu berbanding lurus dengan semangat belajar foto. Asli maleees banget. Hiiiks..

Happy Baking ^^


LEMON MOJITO



Bismillahirrohmanirrohim

Mojito (dibaca : mouhito) sebenarnya adalah sejenis minuman beralkohol yang berasal dari Kuba. Mojito dibuat dari rhum putih, gula, limun, air soda dan daun mint. Dalam pembuatan mojito, limun dicampurkan dengan gula dan ditambahkan daun mint. Daun mint hanya boleh dimemarkan sedikit hanya untuk mengeluarkan minyaknya dan tidak diiris kecil-kecil. Selanjutnya rhum ditambahkan dan mojito diaduk sedikit untuk melarutkan gula dan mengangkat daun mint dari dasar gelas. Mojito kemudian ditambahkan es batu dan air soda, siap untuk disajikan (Wikipedia)

Pada perkembangannya mojito populer ke berbagai negara dan dikenal sebagai minuman yang dinikmati pada musim panas. Mojito juga mengalami beberapa penyesuaian, yaitu tidak menggunakan rhum sehingga bisa dinikmati siapa saja. Mojito juga dikreasikan dengan aneka buah, misalnya strawberry, lemon, jeruk atau bahkan kiwi. Mojito yang saya buat ini tentunya juga menggunakan bahan-bahan yang halal, zero alcohol pastinya. Saya membuat lemon mojito dengan memakai air soda, simple syrup, lemon dan mint.

Sebenarnya aneeh juga ya, katanya mojito tuh minuman yang populer pada saat musim panas, lha ini saya bikinnya pas musim penghujan hahaha. Di tempat saya pun setiap hari hujan, tapi kalau siang tuh tetap terasa gerah. Sinar matahari gak terik sih bahkan suka malu-malu gitu, tapi ya itu geraaah banget. Apalagi kerjaan saya banyak di luar ruangan, jadinya kalau sampai rumah suka pengen minum yang dingin biar kerasa nyeeess gitu hihihi. Padahal saya sebenarnya jarang juga minum minuman dingin, bahkan air putih juga saya jarang minum yang dingin. Minum minuman bersoda juga jarang banget. Jadi sesekali gak apa-apa laah ya bikin mojito, mumpung lagi punya banyak lemon juga. Biasaaa lemon modis alis modal diskon heuheuheu.






LEMON MOJITO

Bahan :
2 buah lemon, iris tipis dan peras airnya
500 ml air soda
simple sirup (air gula)
daun mint secukupnya
es batu secukupnya

Cara Membuat :
1. Siapkan gelas saji, masukkan beberapa irisan lemon dan daun mint ke dalamnya kemudian gepuk-gepuk hingga sari lemon dan daun mint keluar.
2. Tuang 2-3 sdm simpel sirup dan air lemon.
3. Tuang air soda hingga hampir penuh dan beri es batu. Aduk perlahan sebentar saja.
4. Segera sajikan.

Note :
Simple sirup dibuat dengan cara melarutkan gula dan air hingga mendidih. Biasanya saya menggunakan perbandingan gula dan air 2:1. Misalnya 200 gr gula dicampurkan dengan 100 ml air, dimasak hingga mendidih dan gula larut. Setelah dingin biasanya saya menambahkan vanilla essens untuk menambah aroma




Subhanallah nikmat sekali. Segeeer banget. Mungkin karena memang enak atau mungkin juga karena saya yang gak gaul jarang-jarang minum minuman soda jadi terasa nikmat banget hihihi. Ntar pengen bikin juga yang pakai strawberry, pasti enak juga ^^

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya.

BOLA NASI ISI ABON



Bismillahirrohmanirrohim

Lama ya gak nge-blog, biasa penyakit malas melanda hiiikss. Selain lagi malas, kesibukan di luar rumah juga mulai menyita waktu. Biasanya selesai masak ya langsung berangkat, boro-boro mau fotoin, bisa tetap masak tiap hari aja saya udah bersyukur banget hihihi. Iya laah walau lagi repot, tetap diusahakan masak buat keluarga. Bikin cemilan juga yang gampang-gampang aja dan itu berarti gak jauh-jauh dari puding dan gorengan hahaha. Ampuun dah.

Saya bikin bola nasi ini tentu saja dalam rangka menghabiskan sisa nasi. Bahasa kerennya bitterbalen nasi atau ada juga yang bilang arancini. Kebetulan setelah semua selesai makan sore, masih ada sisa nasi. Biasanya saya selalu masak nasi waktu subuh. Ketika tau ada sisa nasi yang kebayang jelas bukan nasi goreng, karena udah keseringan. Bukan juga nasi bakar karena bikinnya lumayan lama. Akhirnya saya bikin bola nasi aja. Saya pakai isian abon pedas karena memang yang ada cuma itu. Untuk nasinya juga cuma saya masak lagi dengan air kaldu agar lebih lunak dan gurih. Dulu pernah  juga saya bikin yang isian mozarella, silahkan bisa dilihat disini.




BOLA NASI ISI ABON

Bahan :
350 gr nasi (1 piring)
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
200 ml air kaldu
1-2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
Abon secukupnya
Minyak goreng

Pelapis :
2 butir telur, kocok lepas
Tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
2. Masukkan nasi, aduk-aduk hingga rata kemudian bumbui garam, gula pasir dan merica bubuk.
3. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit, masak hingga air meresap.  Test rasa hingga sesuai selera. Matikan api dan biarkan hangat.
4. Pulung nasi dan pipihkan, beri isian abon dan bentuk bulat. Lakukan hingga habis.
5. Celupkan bola nasi ke kocokan telur kemudian gulingkan ke tepung panir. Proses ini bisa diulang 2x agar panirnya lebih tebal dan merata. Simpan kurang lebih 1 jam di kulkas agar tepung panir menempel.
6. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga keemasan, Angkat dan tiriskan.

Mau yang lebih special? Campurkan nasi dengan daging atau ayam cincang, enaaak deh. Karena lagi gak punya, jadi bikinnya polosan aja yaa hihihi. Kalau mau bikin bola nasi abon seperti ini, pakai abon yang enak ya biar rasanya tambah mantap. 

Saya bikin bola nasi ini malam hari, jadi setelah selesai disimpan di kulkas dan besok pagi tinggal goreng aja. Enak disajikan untuk sarapan atau oke juga untuk bekal. 




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

AYAM SAWI MASAK KECAP (KRENGSENGAN ALA KAKI 5)



Bismillahirrohmanirrohim

Menu apa lagi ini bund kok judulnya aneh bin ajaib gini hihihi. Bulan lalu saya kan posting tentang krengsengan ayam ya, resepnya bisa dilihat disini. Saya sempat cerita tuh tentang krengsengan yang dijual di pinggir jalan di Kediri dan beda banget dengan krengsengan yang pernah saya posting itu. Daaan...seperti ini lah krengsengan ala kaki 5 di tempat saya. Tuh beda banget kan "penampakannya". Jadilah saya ganti aja deh judulnya biar keliatan bedanya hahaha. 

Di tempat saya, penjual nasi goreng ala Kediri biasanya memasak memakai arang. Kebayang kan enaknya aroma masakan yang dimasak menggunakan arang. Selain nasi goreng, ada juga menu mie goreng, mie kuah, cap cay dan juga nasi mawut yaitu nasi goreng yang dicampur dengan sedikit mie goreng. Pada beberapa penjual ada lagi menu yang cukup unik, yaitu krengsengan, sop bening dan sop masak. Nah lhoo apa tuh sop masak, kan semua sop juga pasti dimasak. Sop masak dibuat dadakan juga ketika ada yang pesan. Isinya suwiran ayam, kol, sawi, tomat yang dimasak dengan kuah kaldu serta dibumbui dengan kecap, saus tomat dan sambal bila suka. Enak lhoo rasanya unik dan pastinya segar. Kalau sop bening tidak memakai kecap dan saus tomat, jadi ya kuahnya dari kuah kaldu yang bening gitu. Lain lagi kalau krengsengan. Beda banget dengan krengsengan yang biasanya kita tau itu. Krengsengan dibuat dari suwiran ayam beserta tulang-tulangnya, memakai telur, kol, sawi dan tomat serta memakai kecap. Kuahnya biasanya sedikit aja atau kalau orang Jawa bilang "nyemek-nyemek". Yang dominan tentu saja rasa manis kecap dan gurihnya kuah kaldu. Krengsengan ini juga pasti dibuat mendadak ketika ada yang pesan.

Krengsengan ala saya atau yang sekarang ini punya nama baru ayam sawi masak kecap, masaknya tentu saja di atas kompor karena saya gak punya arang. Inipun bahannya gak lengkap, saya gak punya kol dan lupa masukin tomat hahaha. Enak dimakan dengan nasi putih hangat atau bisa juga digadoin. Bikinnya simpel aja dan rasanya lumayan laaah.




AYAM SAWI MASAK KECAP

Bahan :
500 gr ayam, rebus hingga matang dan keluar kaldunya kemudian suwir-suwir atau iris tipis
3 ikat sawi, potong-potong
kol secukupnya (skip)
1 buah tomat, belah 6 (skip, lupa gak masukin)
2 butir telur, kocok lepas
3 siung bawang putih, memarkan
7 sdm kecap manis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
200 ml air kaldu
2 batang daun bawang, iris tipis
7 cabe rawit (optional)
3 sdm minyak bawang

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak bawang, masukkan telur kocok dan sebagian daun bawang kemudian buat orak-arik. Sisihkan ke tepi wajan.
2. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum dan layu, masukkan sawi dan kol. Aduk-aduk hingga layu.
3. Masukkan irisan ayam dan tulang-tulangnya bila suka, kecap manis, garam, merica bubuk dan gula pasir kemudian tuang kuah kaldu. Tutup wajan .
4. Masak hingga mendidih kemudian test rasa hingga sesuai selera. Masukkan irisan tomat dan cabe rawit. Masak sebentar hingga layu.
5. Setelah kuah menyusut dan bumbu meresap, masukkan irisan daun bawang. Aduk rata dan matikan api.
6. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Ini versi tidak pedas ya, karena saya hanya memakai cabe rawit utuh. Enak juga dibuat super pedas dengan menambahkan cabe rawit yang diuleg kasar. Di resep saya menggunakan minyak bawang yang memang biasa digunakan oleh abang-abang penjual nasi goreng Kediri. Kalau gak punya minyak bawang bisa aja kok pakai minyak goreng biasa. Minyak bawang ini gampang sekali dibuat dan berguna banget kalau mau bikin nasi goreng atau mie goreng. Pengen bikin juga??

MINYAK BAWANG

Bahan :
20 siung bawang putih
200 ml minyak goreng

Cara Membuat :
1. Kupas bawang putih tanpa dicuci langsung diuleg. Pastikan juga ulegan dalam keadaan kering. Bawng putih bisa juga dicuci kemudian dilap hingga benar-benar kering bahkan dijemur kalau perlu.
2. Campur bawang putih yang sudah halus dengan minyak kemudian simpan di wadah kedap udara yang bersih dan benar-benar kering. 
3. Diamkan selama 1 minggu dan siap digunakan.

Minyak bawang dibuat dari bawang putih yang benar-benar kering agar bawang putih tidak mudah berjamur. Setelah didiamkan 1 minggu, minyak bawang siap digunakan. Biasanya setelah 1 minggu saya menyimpan minyak bawang ini di dalam kulkas. Kalau pengen bikin nasi atau mie goreng tinggal pakai minyak bawang ini aja dan tambahkan sedikit bawang putih yang dimemarkan. Sedaap deh.




Happy Cooking...Semoga Bermanfaat yaaa ^^