TUMIS CUMI ASIN



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Salah satu menu yang bikin niat pak suami untuk "diet" atau mengurangi porsi makan, jadi gagal total. Iyuuup tumis cumi asin ini selalu jadi favorit dan bikin nambah-nambah nasi mulu hihihi. Gimana donk, susah banget nolak tumisan cumi yang dimasak pedas ini. Padahal bumbu-bumbunya mah sederhana aja ya, cuma diiris-iris tapi ya itu masya Allah sedaaap.

Kalau di tempat saya yang lumayan pelosok ini, cumi asin harus beli di supermarket. Mungkin kalau yang tinggal di kota besar, bisa dengan gampang belanja cumi asin di pasar tradisional ya. Makanya kalau memang pas lagi belanja di supermarket dan ada stok cumi asin ini, saya langsung beli. Yuuk..yuuk yang mau coba bikin, gampang banget deh. Pasti siapapun udah jago donk kalau masak tumisan kaya gini hihihi.




TUMIS CUMI ASIN

Bahan :
300 gr cumi asin, seduh dengan air panas, diamkan 20 menit
7 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
5 cabe merah, iris tipis
5 cabe rawit, iris tipis
2 helai daun salam
1 ruas lengkuas
1 papan pete, belah 2
2-3 sdm kecap manis
Garam secukupnya (saya pakai sedikiiit aja karena cumi sudah asin)
1/2 sdt gula pasir
1 buah tomat, belah
100 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, cabe, daun salam dan lengkuas. Aduk-aduk hingga harum dan layu.
2. Masukkan pete, bumbui kecap, garam dan gula. Aduk rata.
3. Tuang air dan cumi asin, masak hingga meletup-letup dan test rasa hingga sesuai selera.
4. Masukkan tomat, masak hingga air menyusut. Matikan api.
5. Siap disajikan.

Hati-hati penggunaan garam ya, karena cumi asin ini ada yang asin banget, ada juga yang samar-samar aja asinnya dan ada juga yang gak asin. Kebetulan yang saya pakai ini tidak begitu asin, jadi saya masih tambahkan sedikit garam. Kalau pas nemu yang asin banget, garam bisa diskip yaa. 



Selamat mencoba....awas bikin boros nasi hihihi.

Happy cooking...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »