SAMOSA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Samosa adalah salah satu jajanan yang konon berasal dari Asia Tengah. Makanan ini sangat populer di kawasan Asia Selatan dan Semenanjung Arab. Samosa juga dipopulerkan oleh masyarakat India atau Pakistan atau Arab yang tinggal di Malaysia dan Singapura. Samosa dikenal juga dengan nama sambosa, samasa, samsa, sanbusak dan lain sebagainya. Jajanan ini berupa pastry yang digoreng dan berbentuk segitiga. Isiannya bisa bermacam-macam antara lain daging sapi, daging domba, ayam, sayuran atau bahkan tahu. Samosa biasanya dinikmati dengan cocolan saus tapi kalau saya mah cukup dengan cabe rawit aja hihihi. Kulit samosa mirip dengan kulit martabak, yang dibuat menggunakan tepung protein tinggi. Kalau malas bikinnya boleh lah pakai kulit lumpia siap pakai seperti yang saya buat kali ini.

Untuk isiannya saya memakai daging sapi cincang yang dibumbu kari. Rasa isiannya memang tidak "sekuat" isian samosa yang biasanya dijual di toko Arab sih ya, maklum saya hanya memakai bahan yang ada di rumah aja. Tapi Alhamdulillah lumayan juga kok untuk sekelas samosa ala-ala atau versi KW ini >_<



SAMOSA

Bahan :
10 lembar kulit lumpia siap pakai
minyak goreng secukupnya

Bahan Isian :
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
200 gr daging sapi cincang
1 sdt kari bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt merica butiran yang dihaluskan
1/2 sdt gula pasir
50 ml air / santan
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdm minyak untuk menumis 

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga harum, masukkan daging sapi cincang. Aduk hingga berubah warna.
2. Bumbui dengan bubuk kari, garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk rata.
3. Tambahkan air, masak sambil sesekali diaduk hingga daging empuk. Test rasa hingga sesuai selera.
4. Masukkan irisan daun bawang, aduk hingga rata.
5. Matikan api dan siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Siapkan selembar kulit lumpia, letakkan isian secukupnya dan lipat bentuk segitiga. Rekatkan dengan menggunakan terigu yang dicampur sedikit air atau putih telur. Lakukan hingga habis.
2. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan.
3. Angkat dan tiriskan.




Walau versi abal-abal, yang penting disuka oleh suami dan anak-anak. Fotoinnya susah banget karena udah ditungguin adek yang merengek-rengek minta samosa hangat. Sssttt...padahal dia udah abis 3 biji lho hahahah.

Cobain yuuk...semoga sesuai dengan selera keluarga ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »