MANGO STICKY RICE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Ternyata di blog saya ini belum ada postingan tentang mango sticky rice ya? Padahal katanya belum kekinian kalo belum pernah nyobain mango sticky rice ini hihihi. Sebenarnya saya sudah beberapa kali bikin, tapi memang belum pernah fotoin. Maklum aja, kadang kalau bikin mango sticky rice itu ya dari sisa-sisa. Misalnya mau bikin lemper, disisihkan dikit ketannya untuk dibuat mango sticky rice ini.

Mango sticky rice atau khao niao mamuang adalah salah satu dessert yang berasal dari Thailand. Terbuat dari ketan yang disajikan dengan kuah santan beserta potongan mangga segar. Biasanya mango sticky rice ini disajikan dengan potongan mangga dalam bentuk besar memanjang. Punya saya ini versi ngirit karena mangganya dipotong kotak kecil hahaha. Maklum cuma bikin dikit dan mangganya juga cuma seuprit. Mangga yang digunakan bisa apa aja, asal matang dan manis. Kali ini saya memakai mangga khas Kedir yaitu mangga podang yang mempunyai rasa asam manis segar. Enak juga kalau pakai mangga manalagi atau mangga Indramayu ya. Sayangnya di rumah Mama, mangga manalagi kali ini panennya gak bagus, banyak yang rusak. Kalau mangga Indramayu mah memang gak ada disini hihihi.



Untuk membuat mango sticky rice sangat mudah. Kita tinggal memasak ketan seperti halnya kita membuat untuk ketan bubuk atau lemper. Jadi ketan dimasak bersama santan. Monggo yang belum pernah nyobain, bisa dicoba bikin yaaa

MANGO STICKY RICE

Bahan :
250 gr beras ketan, rendam 3 jam (saya biasanya semalaman)
2 sdm gula pasir
500 ml santan
1/2 sdt garam
2 helai daun pandan
2 sdm gula pasir
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
Mangga, potong-potong
Wijen sangrai untuk taburan

Cara Membuat :
1. Kukus beras ketan dan daun pandan selama 20-30 menit.
2. Rebus santan, 2 sdm gula pasir, garam dan daun pandan hingga mendidih.
3. Tuang 250 ml santan yang sudah direbus ke dalam wadah lain, masukan ketan kukus. Aduk hingga rata dan santan terserap habis. Kukus kembali hingga ketan matang.
4. Masak kembali sisa santan, tambahkan 2 sdm gula pasir. Masak hingga mendidih, tambahkan larutan maizena. Setelah mendidih kembali dan meletup-letup, matikan api.
5. Sajikan ketan dengan saus santan, wijen sangrai dan potongan mangga.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »