GULAI IKAN



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Masak apa hari ini? Tadi saya masak gulai ikan untuk makan siang keluarga. Kebetulan saya punya stok beberapa jenis ikan di freezer, menjelang liburan saya harus mulai nyicil bersih-bersih isi kulkas donk ya hihihi. Pertama saya udah bikin bakso ikan goreng dan kali ini saya pengen bikin gulai ikan. Awalnya saya kira ikan yang saya pakai ini adalah tenggiri, eeeh...ternyata bukan. Saya tanya ama yang ngasih ternyata ikan mackerel. Nah lhooo akhirnya saya gugling ternyata mackerel itu sama ya dengan tenggiri hihihi. 

Gulai ikan bisa menggunakan berbagai jenis ikan, antara lain adalah tuna, kakap, tongkol atau jenis ikan lain yang mempunyai daging tebal. Banyak versi juga tentang resep gulai ikan, ada yang berwarna kuning, erah atau orange, ada yang dicampur dengan daun singkong, ada juga yang di resepnya memakai tomat dan lain sebagainya. Banyak ya variasinya. Menurut saya sih semua versi itu benar dan tetap bisa disebut gulai ikan. Yang penting mah cocok dengan selera keluarga kaaan. Naah ini dia gula ikan versi saya.




Gulai ikan versi saya, memakai cabe merah di bumbu halusnya tapi saya tidak memakai cabe rawit. Pernah saya bikin gulai ikan tanpa cabe eeeh malah dikira bikin opor ikan heuheuheu. Jadinya sekarang tiap bikin gulai ikan, saya tambahkan cabe merah.

GULAI IKAN

Bahan :
1 ekor ikan, saya pakai tenggiri (mackarel)
5 daun jeruk
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
600 ml santan encer
200 ml santan kental
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
3 cm kunyit bakar
2 cm jahe
2 cabe merah
1/2 sdt merica
1/4 sdt ketumbar

Cara Membuat :
1. Potong-potong ikan, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan sebentar dan cuci bersih. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, lengkuas dan serai. Aduk- aduk.
3. Masukkan santan encer, garam dan gula pasir. Masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Biarkan hingga mendidih.
4. Masukkan potongan ikan dan santan kental, aduk perlahan. Masak sebentar hingga mendidih lagi. Jangan telalu sering diaduk agar ikan tidak hancur, jangan lupa test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Angkat dan siap dihidangkan.


Happy cooking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »