GREEN TEA LATTE CAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Lagi punya banyak stok green tea latte di rumah, berarti harus diolah nih, gak hanya dijadikan minuman aja. Kebetulan saya lama gak bikin cake, jadinya kali ini saya sempatkan untuk membuat cake dengan tambahan green tea latte. Dulu saya sudah pernah posting matcha steam cake, sekarang saya buat yang versi panggang. 

Warna dari green tea / matcha cake memang tidak selalu sama ya karena tergantung juga dari matcha powder yang kita pakai. Karena saya memang green tea latte instan, jadi warnanya memang tidak terlalu "keluar". Aroma green tea juga tidak sekuat kalau kita memakai matcha powder, tapi tetap enak donk cake-nya. Next time mau coba bikin yang versi kukusnya karena sepertinya kalau dikukus warnanya bisa lebih keliatan. 

Cake yang saya buat ini adalah jenis spongecake. Resep simple saja, bukan spongecake yang memakai banyak kuning telur. Teksturnya lumayan lembut kok sayangnya cake saya kurang rapat ya, masih kelihatan cukup banyak rongganya. Hal ini bisa jadi karena saya kurang menghentakkan adonan sesaat sebelum masuk oven sehingga masih banyak udara yang ada di dalam adonan. Lagian kalau dibandingkan dengan resep spongecake dengan 15 kuning telur yang dulu sering saya buat yaaa jelas beda lah ya hasilnya heheheh. Lumayan juga kok cake ini buat teman nyeruput green tea latte atau teh favorit. Yuuk monggo yang mau coba.




GREEN TEA LATTE CAKE

Bahan :
4 butir telur utuh
2 kuning telur
1/2 sdt emulsifier
100 gr gula pasir
140 gr tepung terigu serbaguna
2 sachet (@24 gr) green tea latte instan
2 sdm air panas
75 gr butter / margarin, lelehkan

Topping (optional) :
matcha powder
almond slice sangrai

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang 18x18 cm. Oles loyang dengan margarin, alas kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
2. Larutkan 1 sachet green tea latte instan dengan 2 sdm air panas, aduk hingga larut. Biarkan dingin.
3. Campur dan ayak tepung terigu dan 1 sachet green tea latte instan. Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
5. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula atau dikocok dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata.
6. Masukkan larutan green tea latte dan butter leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik memakai spatula hingga tercampur rata.
7. Tuang adonan ke loyang, hentakkan perlahan loyang dan panggang selama kurang lebih 40 menit hingga matang.
8. Angkat, balikkan dari loyang dan dinginkan di atas cooling rack.


Tuuuh...keliatan tekstur cake-nya

Happy baking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »