ENGLISH FRUIT CAKE



Bismillahirrohmanrrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
English fruit cake adalah cake buah yang sangat populer di Inggris. Biasanya cake ini disajikan di acara-acara istimewa dan sudah populer sejak tahun 1400-an. English fruit cake adalah salah satu jenis cake tradisional Inggris yang punya sejarah panjang. Cake ini biasa disajikan dalam acara pernikahan keluarga kerajaan Inggris.

English fruitcake adalah cake yang terdiri cacahan buah kering dan kacang-kacangan dengan aroma rempah. Duuuh kebayang kan enaknya. Aslinya cake ini menggunakan alhokol berupa rhum atau brandy untuk merendam buah kering yang dipakai, tapi ternyata kita juga membuatnya tanpa alkohol, jadi halal ya. Selain digunakan untuk merendam buah-buahan, rhum atau brandy tersebut digunakan untuk disiramka pada fruit cake tersebut. Fruit cake yang sudah disiram, akan dibungkus dan disimpan dalam pendingin sehingga cake akan menjadi awet. Ada pula yang setelah disimpan, cake dikeluarkan untuk disiramkan lagi sampai berkali-kali. Hal ini membuat cake tahan hingga bertahun-tahun lamanya dengan rasa yang semakin intens. 

English fruit cake adalah salah satu jenis butter cake, jadi teksturnya memang padat ya bukan ringan dan spongy seperti halnya spongecake. Untuk menghasilkan buttercake yang moist, disarankan menggunakan full butter ya, bukan margarin. Aroma yang dihasilkan tentunya juga berbeda antara butter dan margarin. Kalau mau dimix juga boleh atau tetap pakai full margarin juga tetap akan jadi kok cakenya, hanya berbeda dengan yang menggunakan full butter.




English fruit cake yang saya buat ini menggunakan resep NCC. Tuh kan resep-resep NCC mah selalu jadi idola ya karena udah terpercaya banget. Saya hanya menyesuaikan bahan-bahannya dengan yang saya punya. Untuk buahnya kayanya kurang heboh ya, karena saya hanya memakai manisan cherry merah dan hijau, raisin, golden raisin, kenari dan almond yang tinggal seuprit hahahah. Aslinya di resep NCC juga menggunakan sukade, manisan kulit jeruk dan juga mede. Untuk merendam buah-buahan ini saya menggunakan jus apel sebagai pengganti brandy atau rhum. Kalau menurut resep NCC sebenarnya gak usah direndam gak apa-apa kok. Resep asli hanya menggunakan gula pasir biasa sebanyak 100 gr, saya mix dengan gula palem karena memang sukaaa banget dengan aroma gula palem yang dipadukan dengan kayu manis. Sedap banget kan yaa aromanya.

Yuuk..yuuk cobain bikin. Menurut bu Fatmah, english fruit cake ini gak cuma enak lho tapi enaaaak banget hahahaha

ENGLISH FRUIT CAKE

Bahan :
800 gr buah-buahan dan kacang-kacangan (saya hanya memakai 500 gr yang terdiri dari manisan cherry merah dan hijau, golden raisin, kismis, almond dan kenari)
100 ml jus apel
25 gr tepung terigu
150 gr butter
50 gr gula pasir halus
40 gr gula palem
3 butir telur
125 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1 sdt kayu manis
1 sdt bumbu spekoek (saya skip)

Cara Membuat :
1. Cincang kasar buah-buaha dan kacang-kacangan lalu rendam dengan jus apel dan diamkan minimal 2 jam atau bisa juga semalaman. Tiriskan dan campur dengan 25 gr tepung terigu. Aduk agar butirannya terpisah. Sisihkan.
2. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (saya pakai loyang loaf), olesi  margarin dan alas dengan kertas roti. Sisihkan.
3. Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan kayu manis bubuk. Sisihkan.
4. Kocok butter dan gula hingga mengembang dan creamy kemudian masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
5. Masukkan campuran terigu, aduk hingga rata dan masukkan buah-buahan. Aduk rata.
6. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama kurang lebih 45-60 menit atau hingga matang.
7. Angkat, keluarkan dari loyang dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong. 

English fruit cake ini biasanya disajikan dengan taburan gula halus. Saya gak pakai tabur-taburan lagi deh, menurut saya udah cakep gini keliatan warna warni buahnya hihihi. English fruit cake juga lebih enak bila disajikan setelah diinapkan, naaah...saya mah gak sabar donk pengen ngicipinnya, jadi ya gak perlu nunggu diinapkan juga udah habis. Beneran rasanya enaaak kok, padahal saya pakai buah seadanya aja kan. Kalau memakai buah dan kacang yang lebih lengkap pastinya bisa lebih enak lagi. Eh ya biarpun namanya fruit cake, tetapi cake ini kan juga memakai kacang-kacangan ya dan kalau bisa jangan diskip. Kacang-kacangan ini yang bikin cake terasa lebih enak, ada krenyes-krenyesnya gitu kaan saat digigit hihihi.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya
Happy Baking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Sunday, 18 December 2016 at 07:35:00 GMT+7 delete

*lap iler* Jadi kepengen tapi males bikin hiks. Save aja dulu ya resepnya siapa tahu nanti ada mood bikin hihi. Makasih udah share resep mba :)

Reply
avatar