BAKED CARAMEL CHICKEN WINGS



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Masak sayap ayam lagi buuuund? Heheheh...maafkan kalau postingannya lagi-lagi tentang baked chicken wings ya. Habis gimana donk, serumah pada doyan, jadi ya masaknya ini lagi ini lagi. Saya pun juga suka hasil jadinya karena menurut saya baked chicken itu sexy hihihi.

Kalau kemarin saya posting yang versi pedas, kali ini yang versi manis. Walaupun judulnya caramel, tapi sebenarnya gak pakai karamel beneran sih melainkan memakai kecap manis yang ketika dimasak akan mengkaramel gitu. Selain dengan cara dipanggang enak juga kalau yang versi goreng. Kalau saya biasanya ayam diungkep dulu baru digoreng sebentar baru dicampurkan dengan aneka sausnya dan dimasak hingga keluar karamelnya. Kalau yang versi oven ini hasilnya lebih kering, sedangkan yang versi digoreng, sausnya lebih sticky. Enaaak deh. Ntar ya in shaa Allah kalau udah bikin saya posting juga.




BAKED CARAMEL CHICKEN WINGS

Bahan :
750 gr sayap ayam, cuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis / lemon, diamkan 15 menit kemudian cuci bersih kembali.
2 sdm kecap manis
1 sdm air lemon

Bumbu Marinasi :
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1 ruas jahe, parut
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap ikan
2 sdm madu
1/4 sdt lada hitam, haluskan
1/2 sdt garam

Taburan (optional) :
wijen sangrai

Cara Membuat :
1. Campur sayap ayam dengan bumbu marinasi, aduk rata sambil diremas-remas. Simpan di kulkas selama minimal 1 jam atau bisa juga semalaman.
2. Siapkan wajan anti lengket, tuang ayam beserta bumbunya, tambahkan kecap dan air lemon. Masak hingga berkaramel dan ayam 1/2 matang. Matikan api.
3. Pindahkan ayam beserta bumbunya ke dalam loyang dan panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 45-50 menit. Sesekali balikkan ayam dan oles dengan bumbunya.
4. Angkat, taburi dengan wijen sangrai dan siap disajikan.






Digadoin enaaak, dimakan dengan nasi juga enak. Pokoknya ini kesukaan anak-anak banget apalagi rasanya kan manis-manis legit gitu ya hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar