TAHU BULAT



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Tahu kekinian niih. Kalau di tempat saya, tahu bulat ini baru ngetrend, sedangka di daerah Jawa Barat kayanya udah lama populer ya. Di tempat saya tahu bulat ini ada dijajakan menggunakan mobil pick up. Ntar tahu itu digoreng di bak belakang mobil sambil jalan pelan-pelan, lengkap juga dengan lagunya lho hihihi. 

Saya pastinya penasaran donk, tapi belum pernah beli. Ngerasain tahu bulat ya karena dikasih teman-teman saya yang sudah pernah bikin. Ternyata bikinnya gampang lho tapi habisnya juga cepat. Tahu masih digoreng, yang antri udah banyak hahaha. Kayanya kalau saya jualan tahu bulat bakal laris kali ya eaaaa.

Saya sudah beberapa kali membuat tahu bulat, mulai dari yang tanpa telur trus tahu langsung digoreng sampai akhirnya baca di cookpad kalau tahu disimpan dulu di kulkas sebelum digoreng. Ternyata memang beda hasilnya. Tahu yang langsung digoreng, hasilnya gak sebagus yang disimpan dulu di kulkas. Sedangkan tahu bulat tanpa telur, tentu saja tidak akan mulus karena memang telur itu sebagai perekatnya.

Tahu bulat ini enak sekali disajikan dengan sambal kecap, itu versi saya lho yaa karena saya kurang suka petis. Kalau mau pakai saus sambal juga enak atau sekedar gigit rawit. Atau boleh juga cobain versi anak saya, tahu bulat dicocol saus mayo hihihi. Ternyata cocok-cocok aja kok.




 Sesaat sebelum digoreng, setelah dikeluarkan dari kulkas

Yuuk..yuuk yang mau coba bikin tahu bulat sendiri di rumah. Gampang dan lebih terjamin kan, jadi kita juga gak was-was kalau anak kita makan banyak hihihi.

TAHU BULAT

Bahan :
700 gr tahu putih
3 kuning telur
3 siung bawang putih, haluskan
2 sdt kaldu bubuk non MSG
1,5 sdt baking powder
Garam, merica bubuk secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Hancurkan tahu hingga halus kemudian peras dengan memakai serbet bersih agar kadar airnya berkurang.
2. Campurkan tahu dengan telur, baking powder, bawang putih, garam dan merica. Aduk hingga rata kemudian test rasa degan cara menggoreng sedikit adonan tahu.
3. Bentuk bulat tahu hingga mulus, tata di loyang atau wadah kemudian simpan di kulkas selama kurang lebih 3 jam.
4. Keluarkan tahu panaskan minyak dan goreng tahu hingga kecoklatan. Gunakan api sedang saja ya dan tahu jangan terlalu sering dibalik agar tidak "ambyar"
5. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat dengan sambal favorit atau petis.

Notes :
1. Kaldu bubuk non MSG saya pakai merk Alania, ada juga merk Asultan.
2. Gunakan plastik ketika membentuk tahu atau olesi tangan dengan sedikit minyak agar tidak lengket.
3. Agar tahu "kopong" di dalamnya, goreng agak lama dengan api sedang cenderung kecil.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Anonymous
Sunday, 13 November 2016 at 15:23:00 GMT+7 delete

Assalammualaikum mbak Nina , terimaksih resepnya 😊

Wasalam vivian

Reply
avatar
Anonymous
Thursday, 24 November 2016 at 21:56:00 GMT+7 delete

Wah menarik sekali tahu bulatnya Bun, kalau stik tahu kediri itu seperti apa ya caranya, biar bisa jadi inspirasi usaha mungkin, hee

Reply
avatar