KEPITING SAUS MENTEGA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Haloo...lama ya update blog, lagi kumat penyakit malesnya nih. Biasaa lagi sok sibuk, jadi kalau malam udah gak mikir lagi duduk manis buat ngeblog. Liat bantal dan guling aja yang sudah melambai-lambai hahaha. Kali ini juga gak bisa lama-lama, jadi posting kilat aja ya.

Kebetulan kemarin mbak tukang sayur langganan bawa kepiting nih, cuma 2 ekor aja, berat 500 gr. Ya wis lah saya beli aja karena ingat beberapa waktu yang lalu kakak Naira bilang pengen makan kepiting. Sebenarnya saya mah suka males masak kepiting, karena gak pernah makannya hahahah. Maksudnya sih suka gak tega ikutan makan karena anak-anak suka banget. Kalau udah masak kepiting, pak suami yang selalu mbongkarin kepitingnya, ngorek-ngorek buat ambil dagingnya. Daaan...nasibnya nyaris mirip saya, cuma kebagian sedikit hihihi. Yang penting mah anak-anak suka ya. Favoritnya ya dimasak mentega ini, atau saya masak saus padang yang agak pedas.  Enak juga kalau disaus tiram ya, aaah namanya juga kepiting diapain aja enak deh.



KEPITING SAUS MENTEGA

Bahan :
2 ekor kepiting (500 gr)
Minyak goreng secukupnya
1 butir bawang bombay, iris memanjang atau bundar
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
5 sdm butter / margarin
5 sdm saus tiram
4 sdm kecap manis
2 sdm kecap inggris ( worcestershire sauce)
Garam dan merica bubuk secukupnya
1 batang daun bawang, iris

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, goreng kepiting hingga kemerahan. Angkat dan tiriskan,
2. Panaskan butter / margarin hingga leleh, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Aduk hingga harum dan layu.
3. Masukkan saus tiram, kecap manis dan kecap inggris. Aduk-aduk hingga rata kemudian masukkan garam dan merica. Aduk rata.
4. Masukkan kepiting, aduk perlahan hingga kepiting tertutup saus, masak sebentar hingga meresap. Test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang.
6. Angkat dan segera sajikan.

Kalau bisa kecap inggris jangan diskip ya karena nanti rasanya akan beda. Kalaupun gak ada, ya gak apa-apa gak usah pakai, tapi nanti rasanya hanya akan gurih aja dan dominan rasa saus tiramnya. Seperti olahan saus mentega lainnya, keping saus mentega ini sebaiknya dimasak sesaat sebelum dihidangkan karena kalau kelamaan nanti menteganya akan "ngendal". Duuh apa coba bahasa Indonesianya. Maksudnya saus menteganya akan berubah menjadi padat gitu hihihi. Susah amat mau nulisnya.

Happy cooking...semoga bermanfaat ya ^^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »