DORAYAKI



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Yang suka nonton Doraemon pasti tahu banget ya dengan kue yang 1 ini, iyuup dorayaki adalah kue kesukaan Doraemon. Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang dan termasuk dalam golongan kue tradisional Jepang atau disebut wagashi. Kue ini berbentuk bulat dan terdiri dari 2 lembar pancake yang diisi dengan filling kacang merah. Yang khas pada dorayaki adalah adonannya diberi madu sehingga teksturnya menjadi lembut. Pada perkembangannya dorayaki tidak hanya berisi selai kacang merah, kita dapat membuat isisan sesuai selera.

Sejak jaman SD dulu saya nonton Doraemon dan hanya bisa membayangkan rasa dari pancake ala Jepang ini. Kalau dulu saya yang penasaran dengan dorayaki sekarang giliran anak saya yang pengen ngerasain. Pertama beli di supermarket, yang merk roti terkenal itu lho, kan juga punya dorayaki. Ternyata adek suka banget dan itu berarti saya harus bisa bikin dorayaki sendiri.

Membuat dorayaki cukup simpel, mirip laah dengan pancake, kan emang pancake dari Jepang yaa. Enak dan praktis untuk sarapan pagi, bikinnya cepat dan cukup mengenyangkan. Favorit anak-anak saya adalah dengan memberi isian selai coklat atau keju. Enak juga diberi isian selai kacang atau aneka selai buah.



Resep dorayaki yang biasa saya pakai adalah resep dari Nami - "Just One Cookbook". Beliau adalah foodblogger yang berasal dari Jepang dan sekarang tinggal di Amerika. Banyak resep-resep asyik disana lho, salah 1 nya ya resep dorayaki andalan ini ^^

DORAYAKI

Bahan :
4 butir telur
130 gr gula pasir
2 sdm madu
1 sdm olive oil
160 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
1 sdm air

Cara Membuat :
1. Dalam wadah, campurkan telur dan gula pasir, aduk rata menggunakan hand whisk.
2. Masukka madu dan olive oil, aduk hingga rata.
3. Masukkan tepung terigu dan baking powder dengan cara diayak sambil diaduk hingga rata dan teksturnya halus. Tutup dengan plastik wrap kemudian simpan di kulkas selama 15 menit.
4. Keluarkan adonan dari kulkas, siapkan wajan anti lengket tanpa dioles apapun. Sendokkan adonan dan biarkan hingga berlubang-lubang kecil. Masak hingga kecoklatan, balik dan masak sebentar hingga matang.
5. Angkat dan lakukan hingga habis.
6. Sajikan hangat dengan isian favorit



Empuuuk banget, enak deh pokoknya. In syaa Allah anak-anak pasti suka, apalagi kalau anaknya penggemar Doraemon bisa tambah semangat makannya hihihi.

Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Anonymous
Monday, 28 November 2016 at 10:58:00 GMT+7 delete

Mba nina mau tanya kenapa klo saya warna kecoklatannya ga rata gitu ya? belang2 malah tengahnya suka gosong duluan pinggir masih agak putih, saya pake teflon.thx

Reply
avatar
Tuesday, 4 April 2017 at 00:24:00 GMT+7 delete

assalamualaikum... Mbak Nina..
alternatif untuk poin ini apa ya?
"Tutup dengan plastik wrap kemudian simpan di kulkas selama 15 menit."

*blm punya n kemahalan beli plastik wrap...

Reply
avatar
Friday, 7 April 2017 at 02:56:00 GMT+7 delete

akhirnya aq pakein plastik yg dikaretin, Mbak Nina... hehehehe

Reply
avatar