BROWNIES KUKUS NCC



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Kangen lama gak bikin brownies kukus, jadi beberapa hari yang lalu diniatin lah untuk bikin. Setiap bikin brownies kukus yang jadi andalan tentu saja resep ala Ny. Liem dan NCC. Kedua resep tersebut sebenarnya mirip-mirip kok dan saya selalu suka hasilnya. Resep-resep tersebut juga sudah pernah saya posting, tapi karena kali ini saya lagi punya fotonya, jadi gak apa-apa ya resepnya saya tulis lagi hehehehe.

Setiap membuat brownies kukus saya suka menuangkan coklat glaze di atasnya. Ala-ala ganache gitu deh, tapi ini yang versi ekonomis karena hanya memakai susu cair dan cooking chocolate. Hasilnya nanti bisa set kok tapi tentu saja tidak sekeras kalau hanya memakai cooking chocolate yang dilelehkan saja. Lebih recomended kalau dicampur dengan susu cair seperti ini.

Ada pertanyaan dari beberapa teman yang bercerita kalau brownies kukusnya tidak bisa matang sempurna. Ternyata yang digunakan adalah loyang yang tinggi dan adonan langsung saja dituang. Sebenarnya bisa saja matang tetapi waktunya lebih lama. Untuk brownies kukus yang menggunakan loyang tinggi disarankan tidak menuang langsung semua adonan, bisa dibuat berlapis dengan atau tanpa filling. Fillingnya bisa memakai meises, keju slice atau adonan dicampur dengan susu kental manis seperti yang sering saya buat. Kalaupun tidak menggunakan filling juga gak apa-apa tetep enaak. Apabila loyang yang dipakai adalah loyang dengan tinggi sekitar 3-4 cm, bisa langsung dituang ya semua adonannya.




BROWNIES KUKUS NCC

Bahan A :
6 butir telur
225 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
sejumput garam

Bahan B :
35 gr coklat bubuk (saya pakai bensdrop)
150 gr tepung terigu
1/2 sdt vanilla

Bahan C :
100 ml minyak kualitas baik
50 gr butter
100 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
1 sdt pasta coklat (optional)

Bahan E (optional) :
2 sachet susu kental manis coklat / putih

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan, siapkan loyang, oles margarin atau minak, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
2. Bahan C : tim butter dan DCC hingga leleh, matikan api. Tuang minyak goreng, aduk hingga rata kemudian masukkan pasta coklat. Aduk, sisihkan.
3. Kocok bahan A hingga mengembang dan kental. Masukkan bahan B dengan cara diayak. Aduk hingga rata atau dikocok dengan mixer speed rendah.
4. Tuang bahan C, aduk balik hingga tercampur rata.
5. Ambil sedikit adonan, campurkan dengan bahan E, aduk hingga rata. Sisihkan.
6. Tuang sebagian adonan ke dalam loyang, kukus dengan api sedang selama kurang lebih 15 menit. Buka kukusan tuang adonan yang sudah dicampur susu kental manis. Kukus kembali selama sekitar 10 menit.
7. Tuang sisa adonan dan kukus hingga matang. Lakukan tes tusuk ya.
8. Angkat dan biarkan dingin.

CHOCOLATE GLAZE

Bahan :
100 gr susu cair
200 gr DCC cincang
2 sdm madu

Cara Membuat :
1. Panaskan susu, tidak usah sampai mendidih, cukup hingga ada gelembung kecil di pinggir panci. Matikan api.
2. Masukkan DCC cincang, aduk hingga rata dan leleh. Masukkan madu, aduk rata.
3. Siap digunakan.




Happy Steaming....semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Anonymous
Sunday, 27 November 2016 at 13:06:00 GMT+7 delete

Mbak, emulsifier itu kaya baking powder gitu ta? Ato apa? Kalo beli bilamg gimana ke tokonya hehehehe.. Maaf mbak, sy pemula bikin kue2
😂 jadinya ga tahu istilah2


Aisha

Reply
avatar