CHEESY FISH BITES


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Tau fish bites kan? Biasanya tersedia di resto waralaba terkenal itu. Fish bites adalah ikan yang dipotong kecil-kecil dan digoreng kering. Biasanya dinikmati dengan cocolan mayonaise atau bisa juga dengan saus sambal favorit. Mirip-mirip laaah dengan chicken popcorn. Naaah kalau beli di resto waralaba itu mah harganya mahal dan dapetnya dikit, jadi mending bikin sendiri aja yuuuk. Maklum laaah saya kan termasuk emak-emak ngirit hahaha.

Bikinnya gampang kok, saya biasanya memakai fillet ikan dori. Kalau gak ada bisa juga pakai fillet tenggiri, gabus atau yang ada aja. Untuk variasi saya menambahkan sedikit keju parmesan. Masih punya sedikiiiit banget grated parmesan, jadi dimasukin aja. Variasi lain bisa ditambahkan cabe bubuk atau oregano. Bikin yuuuk...in shaa Allah bakal jadi kesukaan anak-anak. Seperti halnya yang saya alami, susaaah banget kalau mau fotoin fish bites ini karena waktu masih di wajan aja, udah ditungguin ama anak-anak saya.






CHEESY FISH BITES

Bahan :
300 gr fillet dori, potong dadu kecil kurang lebih 2 cm
1 jeruk nipis
1 sdm parmesan grated
1,5 sdm maizena
minyak goreng secukupnya

Bumbu Marinasi :
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Bumbu Pencelup :
2 butir telur, kocok lepas
Bread crumbs (tepung roti) secukupnya

Cara Membuat :
1. Kucuri potongan ikan dengan air jeruk nipis, diamkan kurang lebih 10 menit kemudian cuci bersih di bawah air mengalir.
2. Lumuri ikan dengan bumbu marinasi, biarkan meresap minimal 1 jam dan simpan di kulkas.
3. Tuang keju parmesan, aduk hingga rata kemudian tuang pula maizena. Aduk rata.
4. Celupkan potongan ikan ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan satu persatu ke dalam tepung roti  sambil dibulatkan hingga tertutup rata. Lakukan hingga habis.
5. Agar tepung roti menempel, simpan di kulkas sekitar 30 menit atau bisa juga difreezer sebentar. 
6. Panaskan minyak, deep frying atau goreng dengan minyak yang banyak hingga coklat keemasan. Gunakan api sedang saja ya agar tidak cepat gosong.
7. Sajikan hangat dengan saus atau mayonaise.

Kalau tidak pakai keju juga udah enak lho, guriiih banget. Kalau gak ada keju parmesan, boleh juga pakai keju cheddar yang diparut halus. Mau yang lebih spesial, sisipkan potongan kecil mozarella disaat kita membulatkan adonan. Wuiiih...enaaak deh.

Selamat berkreasi...semoga bermanfaat ya ^^



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »