SERABI PANDAN KINCA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Serabi adalah salah satu jajanan tradisional favorit saya. Serabi ala notosuman Solo dengan berbagai topping ataupun serabi kinca benar-benar my comfort food....tsaaaah...comfort food. Yaa karena memang saya suka banget. Demikian juga halnya dengan Mama, beliau hobby banget deh dengan serabi hihihi.

Kebetulan saya masih punya ragi instan yang sudah terbuka, sisa nge-roti beberapa waktu yang lalu. Karena lagi gak pengen bikin roti, saya membuat serabi kinca. Tambah cocok lagi karena saya punya nangka, karena memang kinca atau kuah gula merah yang dipadukan dengan irisan nangka itu enak banget. Kalau yang hoby dengan durian, bisa juga ditambahkan durian ya, saya mah gak doyan durian hihihi. Serabi yang saya buat ini masih belum mirip dengan serabi langganan saya, masih terasa kurang "kenyal" gitu. Saya cuma pakai tepung beras dan sedikit tepung terigu. Kalau terasa kenyal, apa dimix juga dengan sedikit kanji ya. Ada yang tau? Let me know ya ^^

Rasanya udah enak sih, lembut dan seratnya juga asyik banget hahahah. Saya membuat dengan menggunakan teflon kecil yang mempunyai diameter bawah 10 cm dan ada pula yang saya masak dengan memakai hole pan kecil. Ini dia serabi yang versi imutnya, cakep juga kaaan.




SERABI PANDAN KINCA

Bahan :
250 gr tepung beras
25 gr tepung terigu
60 gr gula pasir
1/2 sdt ragi instan
1 butir telur
600 ml santan yang sudah dimasak
1/2 sdt garam
1 sdt pasta pandan

Cara Membuat :
1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk hingga rata.
2. Masukkan telur, aduk rata kemudian tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisker.
3. Masukkan pasta pandan, aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
4. Setelah didiamkan, masukkan garam. Aduk hingga rata.
5. Panaskan cetakan, oles tipis margarin dan tuang adonan.
6. Biarkan adonan hingga berlubang kecil-kecil di seluruh permukaan atasnya, tutup dan masak hingga matang. Gunakan api kecil aja ya biar tidak cepat gosong. Lakukan hingga habis.
7. Sajikan dengan irisan nangka dan kuah kinca

KINCA / KUAH GULA MERAH

Bahan :
500 ml santan
350 gr gula merah, sisir halus
2 sdm gula pasir atau sesuai selera
1/2 sdt garam
2 helai daun pandan, simpulkan
Irisan nangka (optional)

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan kecuali irisan nangka, rebus hingga mendidih.
2. Angkat dan saring, panas-panas masukkan irisan nangka. Dinginkan dan siap digunakan.




Cobain bikin yuuuk....Semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »