ROTI MARYAM / CANAI



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Roti maryam atau ada yang menyebutnya sebagai roti canai atau roti prata adalah sejenis flat bread atau roti yang berbentuk pipih. Roti ini di India dikenal dengan nama roti Naan. Pada awalnya di Indonesia, roti maryam ini hanya dapat dijumpai di daerah kampung Arab atau di rumah makan yang menyajikan menu timur tengah. Biasanya roti maryam disajikan dengan pelengkap gulai kambing, sedangkan untuk mendapatkan rasa manis, biasa disajikan dengan madu dan gula. 

Yang unik dari roti maryam adalah mempunyai lapisan-lapisan tipis dengan rasa yang cenderung hambar dengan semburat gurih. Sekarang ini roti maryam tidak hanya dikenal diantara orang-orang keturunan Arab tetapi sudah menjadi salah satu jajanan yang "ngetrend" hehehe. Pelengkapnya pun tidak harus dengan gulai kambing, tapi menjadi lebih beragam. Bagi saya, roti maryam hangat paling enak disajikan dengan olesan tipis margarin dan taburan gula pasir. Anak-anak saya paling senang menikmati roti maryam dengan taburan meises. 



Tuuh...lihat lapisan-lapisan tipis khas roti maryam ^^

Ternyata untuk membuat roti maryam juga tidak sulit, tapi bagi saya yang dulu belum bisa, bayanginnya aja udah males hihihi. Beberapa kali trial resep roti maryam, saya paling cocok dengan resep salah satu sahabat sekaligus teman curhat saya, mbakyu Fifi Fitriyanto penulis blog Jajane Vivi. Beliau sudah terkenal sekali dengan roti maryam homemade-nya. Jadiii...resepnya sudah pasti recomended donk. 

Berikut resep roti maryam dan sedikit tutorial yang sempat saya dokumentasikan. Maklum sering males banget pegang kamera kalau lagi nguprek di dapur hihihi

ROTI MARYAM / CANAI

Bahan :
1 kg tepung terigu serbaguna
2 butir telur utuh
2 kuning telur
4 sdm susu bubuk
1 sdt garam
175 ml minyak goreng
450 ml air hangat

Cara Membuat :
1. Siapkan bowl, campur minyak goreng, air hangat dan telur. Aduk asal rata menggunakan whisk. 
2. Masukkan campuran tepung terigu, susu bubuk dan garam, uleni hingga benar-benar kalis.
3. Siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng, bagi adonan hingga sama besar (bisa jadi kurleb 20-22 pcs atau sesuai selera). Bulatkan adonan dan tata di atas loyang kemudian olesi dengan minyak goreng agar permukaannya tidak kering. Tutup dengan plastik atau lap basah dan diamkan 1 jam.
4. Gilas atau tipiskan adonan, oles seluruh permukaannya dengan margarin / butter


5. Gulung hingga berbentuk memanjang
.

6. Setelah digulung memanjang, tarik perlahan adonan (jangan terlalu keras ya, nanti putus) dan  digulung melingkar.


7. Pipihkan adonan dengan tangan hingga tipis, jangan pakai rolling pin ya. Lakukan hingga habis.


8. Panaskan wajan anti lengket, oles tipis margarin permukaan adonan dan panggang hingga kecoklatan. Siap disajikan hangat.



Apabila roti maryam akan disimpan dalam bentuk frozen, cukup dipanggang sebentar saja, tidak usah sampai kecoklatan seperti di foto-foto ini ya. Simpan roti maryam di wadah tertutup dan sebelum dipanggang dithawing dulu ya. Naaah siap dikeluarkan saat kita males uprek di dapur tapi pengen ngemil hihihi.






Penasaran ingin membuat roti maryam sendiri di rumah....hayuuuk cobain yuk. Nanti tinggal diberi topping sesuai selera aja, sssttt...dimakan plain ketika masih hangat juga udah enak kok.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Wednesday, 28 September 2016 at 10:12:00 GMT+7 delete

Simple tp rasanya nagih ya mba cantik. thanks utk resepnya☺

Reply
avatar