PANDAN ROLL CAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Sudah lama sekali saya tidak membuat roll cake, kayanya terakhir kali bikin ya di postingan blac forest roll. Beberapa waktu yang lalu saya melihat roll cake pandan di salah satu bakery di mall, duuh kok ya pengen dan diniatin lah untuk bikin sendiri di rumah. Roll cakenya cantik karena saya lihat kulitnya diletakkan di bagian dalam sehingga saat digulung lapisannya berwarna coklat yang tidak lain adalah kulit permukaan atas roll cake itu sendiri. Yo wis laaah ntar mau nyontek.

Sebenarnya resep roll cake andalan saya adalah resep dari Mama yang memakai 9 kuning telur, tapi kali ini saya membuat memakai resep roll cake ekonomis yang memakai 6 butir telur utuh dari bunda Ricke. Enaaak juga kok. Untuk fillingnya saya memakai buttercream tipis-tipis saja dan atasnya memakai topping keju. Voilaaa....jadilah pandan roll cake dengan topping keju.

Ternyata eh ternyata setelah matang, mood untuk foto-foto hilang sama sekali. Gak ada ide sama sekali mau distyling gimana tuh roll cake. Akhirnya saya diemin aja gak "ngangkat kamera" hihihi. Setelah roll cake tinggal 2 potong baru deh kepikiran untuk "remake" foto roll cake coklat  yang pernah saya posting disini. Tuuuh mirip banget kan fotonya heuheuheu




PANDAN ROLL CAKE

Bahan :
6 butir telur
90 gr gula pasir halus
1/2 sdm emulsifier
70 gr tepung terigu protein sedang
10 gr maizena
10 gr susu bubuk
125 gr butter leleh
1 sdm pasta pandan

Filling + Topping :
Buttercream 
Keju cheddar parut

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang (saya memakai 32 x 32 cm, bisa juga memakai 30x 30 cm atau 2 buah 22 x 22 cm). Oles dengan margarin, alasi kertas roti dan oles margarin kembali. Sisihkan.
2. Ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
3. Kocok semua bahan menjadi 1 kecuali butter leleh hingga mengembang dan kental (all in one methode).
4. Masukkan buter leleh dan pasta pandan, aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata.
5. Tuang ke dalam loyang dan panggang dengan suhu 190'C selama kurang lebih 10-15 menit. Waktu memanggang tergantung masing-masing oven ya.
6. Keluarkan dari loyang dan dinginkan, baru dioles dengan filling dan digulung sambil dipadatkan.

Variasi roll cake beserta tips membuat roll cake sudah beberapa kali saya posting. Monggo bisa dilihat di archive roll cake disini.




Happy baking.. Selamat mencoba  dan semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »