COLENAK




Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

9 Dzulhijah 1436H
Terkenang safar setahun yang lalu, saat 9 Dzulhijah menjalani perjalanan paling berkesan di Arafah. Ya Allah...hanya rindu yang terus ada, semoga kelak suatu saat bisa kembali lagi kesana. Aamiin Allahumma Aamiin. Saya udah ngerasa mellow aja sejak tadi nih, ingat alm. Papa, ingat safar setahun yang lalu, trus ditambah lagi melihat digantinya kiswah Ka'bah di TV tadi. Kayanya apa yang saya alami setahun yang lalu masih teringat dengan jelas sekali. Saat itu harusnya saya berangkat ke Arafah pada tgl 8 Dzulhijah malam setelah Isya' tapi karena hujan badai keberangkatan diundur 9 Dzulhijah pagi. Allahu Akbar hal itu membuat saya sempat sedikit melihat proses penggantian kiswah ba'da subuh di Masjidil Haram. Gak bisa lama-lama karena harus segera berangkat ke Arafah. 

Menyempatkan duduk manis sebentar di sela-sela prepare untuk Lebaran besok ya. Maksudnya mumpung lagi mood untuk nge-blog hihihi, lagian biar saya gak ngerasa mellow terus. Kebetulan ada stok foto colenak, ya wiiis posting colenak aja ya. Duluu banget udah pernah posting ya, kalau gak salah tahun 2012. Sekarang gak apa kan kalau posting lagi, siapa tau bisa jadi inspirasi salah satu takjil saat ifhtar nanti.

Colenak adalah salah 1 jajanan tradisional dari Jawa Barat berupa tape singkong atau peuyeum yang dibakar dan disiram dengan kuah gula merah. Enak deh rasanya, perpaduan manis asam dari tape dan saus gula merah yang legit. Lebih istimewa kalau ditambahkan serutan kelapa muda dan irisan nangka di kuah gula merahnya. Saya lagi gak punya, jadi skip aja ya, tetap enak kok colenaknya.




Untuk membuat colenak yang enak pastikan memakai tape singkong yang manis. Saya paling suka dengan tape Jember karena manis sekali dan lembut. Kadang kalau ada tape Jember suka sayang ngolahnya karena dimakan gitu aja udah enak banget. Ini saya pakai tape biasa yang beli di tukang sayur, kebetulan bawa tape yang enak juga. Bikiin yuuk...enak disajikan hangat ataupun dingin.

COLENAK

Bahan :
500 gr tape singkong / peuyeum, buang seratnya
Margarin / butter secukupnya untuk olesan
Kelapa parut secukupnya

Bahan Kuah Gula Merah :
300 ml santan
175 gr gula merah, sisir halus
1 sdm gula pasir
sejumput garam
2 helai daun pandan, simpulkan
Kelapa muda dan irisan nangka (saya tidak pakai)

Cara Membuat :
1. Campurkan semua bahan saus, masak hingga mendidih, test rasa sesuai selera dan saring. Sisihkan.
2. Panaskan pan anti lengket, oles margarin secukupnya kemudian panggang tape sambil dibolak balik hingga kecoklatan kedua sisinya.
3. Sajikan tape bakar dengan parutan kelapa dan kuah merah.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Sunday, 11 September 2016 at 18:21:00 GMT+7 delete

Hai mba Nina,
mba maaf OOT, website mba Nina sedang error atau gimana ya mba? Kenapa kok isinya iklan semua ya? Itu beneran website mba Nina? Perasaan dulu ga gitu, apa masih proses maintenance? Itupun kolom search, kolom search ads..
oh iya mba satu lagi info mba, terkadang tapi sering buka blog mba Nina suka muncul warning gitu, tiba2 url mba Nina jadi aneh, jadi kayak ada url orang lain yang menyusup gitu..jadi kalau sudah gitu
saya buru2 close blog mba walaupun saya belum baca semua..

terima kasih mba..maaf ya sangat OOT, ga nyambung sama colenaknya

Reply
avatar
Tuesday, 13 September 2016 at 21:40:00 GMT+7 delete

Hai mbak
website yang mana apakah yang www.catatan-nina.com? Kalau yang itu memang rusak tuh mbak, tapi kalau yang ini, yang blogspot.co.id gak masalah. Saya sering buka via hp juga gpp. Terima kasih banget infonya ya mbak, nanti coba saya periksa lagi.

Reply
avatar