CINNAMON ROLL WITH CREAM CHEESE FROSTING




Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Haloo...apa kabar hari ini? Smoga tetap sehat dan semangat ya. Kali ini saya posting tentang rerotian, kayanya udah lama banget ya gak bikin rot. Jadi minggu lalu diniatin banget untuk bikinnya. Yang saya buat adalah cinnamon roll. Udah pada tau kan cinnamon roll? Roti yang satu ini banyak sekali penggemarnya, termasuk saya tentu saja. Kita dengan mudah dapat menjumpai cinnamon roll di bakery, tapi kalau bikin sendiri lebih puas tentunya.

Dulu saya pernah posting juga tentang cinnamon roll yang memakai resep dasar soft bread NCC. Kali ini saya membuat dengan resep dasar roti yang menggunakan water roux method atau ada pula yang menyebutnya adonan Tangzhong. Sebenarnya cinnamon roll bisa dibuat dengan resep roti andalan masing-masing kok, dan menurut saya tetap enak hehehe. Saya pernah bikin juga dengan resep Killer Soft Bread dan juga puas dengan hasilnya.

Metode water roux atau Tanzhong adalah bahan rahasia pembuatan roti yang konon berasal dari Jepang. Tanzhong dalam bahasa Jepang berarti pasta tepung. Adonan tanzhong dibuat dari  tepung dan air dengan perbandingan 1 bagian tepung dan 5 bagian air yang dimasak hingga mengental pada suhu 65'C. Adonan tanzhong akan berbentuk seperti gel dan bisa menahan air lebih lama dibandingkan dengan adonan roti biasa sehingga hasil roti akan lebih empuk.




Kembali lagi ke cinnamon roll yaa. Beberapa waktu yang lalu sempat booming cinnamon roll yang memakai frosting cream cheese frosting. Kali ini saya juga membuat dengan cream cheese frosting. Kalau teman-teman kesulitan untuk mendapatkan cream cheese, bisa membuat cream cheese sendiri di rumah. Bahannya cukup simpel yaitu keju cheddar parut, susu cair dan butter. Caranya juga cukup mudah, yaitu 75 gr keju cheddar parut, 75 gr susu cair dan 25 gr  butter dicampurkan dan ditim dengan api kecil hingga semua bahan tercampur rata, keju larut dan teksturnya lembut. Jadi deeh cream cheese homemade-nya.




Naaah...ini dia cinnamon roll saya sebelum diberi frosting cream cheese. Seksi dan eksotis ya warnanya, kalau gak mau dibilang menjelang gosong sih hahahaha. Eiits..tapi memang gak gosong, karena warna eksotis itu keluar dari gula palemnya. Aromanya ketika masih di oven sudah sedaaap banget, harumnya menuhin rumah hihihi. Monggo kalau ada yang berkenan mencoba resepnya

CINNAMON ROLL WITH CREAM CHEESE FROSTING

Bahan Water Roux :
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air

Cara Membuat Water Roux :
Campur air dan terigu, aduk hingga halus dan tidak bergerindil kemudian masak dengan api sedang hingga mengental. Tidak usah sampai mendidih ya, angkat dan dinginkan

Bahan Roti :
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk full cream
60 gr gula pasir
5 gr ragi instan
2 kuning telur
100 gr water rox
90-100 ml susu / air hangat
40 gr butter
1/2 sdt garam

Bahan Isian :
Gula palem secukupnya, beri kayu manis bubuk dan aduk rata
Butter / margarin untuk olesan

Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan ragi instan. Aduk hingga rata.
2. Masukkan water roux, kuning telur dan air / susu hangat. Uleni hingga kalis.
3. Tambahkan butter dan garam, uleni kembali hingga kalis dan elastis. Bulatkan adonan dan fermentasikan kurang lebih 30 menit.
4. Kempiskan adonan, pindahkan ke meja yang sudah ditaburi terigu kemudian gilas hingga tipis. 
5. Olesi dengan butter kemudian taburi campuran gula palem dan kayu manis. Gulung sambil dipadatkan, kemudian potong-potong adonan.
6. Tata di loyang yang sudah dioles margarin dan fermentasikan lagi hingga mengembang 2x lipat, kurang lebih 40 menit.
7. Panggang dengan suhu 190'C selama kurang lebih 25-30 menit atau hingga matang.
8. Angkat dan panas-panas olesi dengan margarin / butter, biarkan hangat baru disiram cream cheese frosting.

CREAM CHEESE FROSTING

Bahan :
3 sdm cream cheese
2 sdm unsalted butter (pakai yang salted juga gak apa-apa)
1 sdm gula pasir halus
3 sdm susu cari

Cara Membuat :
1. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan creamy. Saya menggunakan mixer sebentar saja.
2. Siap digunakan






Kalau mau cepat dan praktis, enak juga pakai resep Killer Soft Bread, cukup 1x fermentasi, udah jadi deh cinnamon roll-nya. Alhamdulillah...nikmat dinikmati bersama keluarga. Suka banget dengan lelehan cream cheese frostingnya. Perpaduan unik antara manis dan legitnya gula palem + kayu manis dengan gurihnya cream cheese. 

Happy baking...semoga bermanfaat yaa ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Wednesday, 7 September 2016 at 09:08:00 GMT+7 delete

Ya Allah, nampak sedap. Suka sangat cinamon rolls ni.. :)

Reply
avatar
Tuesday, 7 March 2017 at 13:56:00 GMT+7 delete

salam kenal Mba NIna..love your blog. udah beberapa resep Mba nina yang aku coba dan ikutin dan aku sukaaaa.....pas sama lidah aku dan keluarga.

Reply
avatar