CHOCO CHEESE LAVA CAKE BERHANTU



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Ini diaaa cake yang lagi nge-hits, choco cheese lava berhantu. Cake ini lagi jadi viral di kalangan pecinta baking daaan saya pun ikut penasaran pengen mencoba membuat juga. Sekali mencoba saya langsung kesengsem berat dengan cake ini. Sebenarnya saya belum pengen posting tentang cake ini di blog karena tuuuh liat fotonya gak banget kan. Difoto cuma 5x jepret karena mendadak ada emergency call hehehe. Dan ternyata dari 5 itu jelek semua hahahah. Ada 1 foto yang iseng saya upload di IG dan banyak yang nanyain resepnya. Jadinya biarpun jelek, tetap saya posting deh disini. In shaa Allah lain kali bikin lagi yaaa.

Cake ini adalah perpaduan dari cake coklat yang lembut dengan filling cream cheese dan disiram dengan ganache. Kebayang kan gimana enaknya. Saya pertama kali liat di blog kak Azlita Masam Manis, masya Allah cake-nya cantik sekali dengan foto step by step yang sangat jelas. Ternyata membuatnya cukup mudah kok. Resep dan foto-foto cantik kak Azlita bisa dilihat disini. Awas terpesona lhoo hihihi

Entah kenapa cake ini dinamakan "berhantu" tapi menurut teman dari Malaysia cake ini dinamakan demikian karena cake ini bikin yang lagi diet takuuuut untuk memakannya, jadinya dinamakan cake berhantu hahaha. Selain itu menurut saya cake ini memang menghantui untuk makan lagi...makan lagi saking enaknya. Bahaya kaaan. Cake ini memang cocok banget untuk choco lovers. Nyoklaaat banget, ya iyalah ya cake coklat nan moist dipadukan dengan ganache, tapi karena ada cream cheese frosting jadinya gak mblenger coklat mulu hihihi.




Saya membuat base cakenya dengan cara dikukus. Bisa juga dengan dioven dan dipanggang dengan cara au bain marie atau steam bake. 

CHOCO CHEESE LAVA CAKE BERHANTU

Bahan Moist Chocolate Cake :
1 cup susu cair
1 cup minyak sayur
1 cup susu kental manis
1 cup coklat bubuk
1 cup gula pasir halus
2 butir telur
1 cup tepung terigu serbaguna
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam

Cara Membuat Cake :
1. Panaskan kukusan, siapkan loyang / pinggan / alufoil cup. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, baking soda, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Kocok telur menggunakan whisker. Sisihkan.
4. Campur susu cair, minyak, susu kental manis, coklat bubuk dan gula halus dalam panci. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga gula larut.
5. Masukkan telur yang sudah dikocok, masih tetap pakai api kecil ya kemudian masukkan campuran terigu. Masak sebentar sambil diaduk hingga tercampur rata. Matikan api.
6. Tuang adonan ke dalam alufoil (saya pakai 2 alufoil dengan ukuran seperti di gambar) kemudian kukus selama kurang lebih 45 menit atau hingga matang.

Bahan Cream Cheese Frosting :
250 gr cream cheese suhu ruang
500 ml whipping cream cair
3 sdm susu kental manis
1 sdt air lemon

Cara Membuat Cream Cheese Frosting :
1. Campur cream cheese dan susu kental manis.Kocok hingga tercampur rata.
2. Masukkan whipping cream dan air lemon dan kocok hingga lembut dan kental. Ingat jangan overmix ya.
3. Cream cheese frosting siap digunakan (saya masukkan ke plastik segitiga)

Bahan Ganache / Coklat Siram :
250 gr DCC / coklat masak pekat, cincang
250 ml whipping cream cair
1 sdt madu
1 sdm butter
1 sdt essens vanilla

Cara Membuat Ganache :
1. Dalam bowl, letakkan DCC dan butter. Sisihkan.
2. Dalam panci letakkan whipping cream dan madu. Panaskan hingga timbul buih-buih kecil di tepi panci. Angkat dan tuangkan dalam bowl DCC + butter., biarkan hingga coklat mencair.
3. Masukkan essens vanilla, aduk hingga rata.
4. Siap digunakan

Assembly :
1. Saya memakai 2 alufoil sehingga 1 cake saya keluarkan dari alufoil. Sisihkan.
2. Dalam alufoil yang berisi cake, beri isian cream cheese frosting hingga rata, tumpuk dengan 1 bagian cake yang lain dan beri cream cheese frosting lagi. Ratakan.
3. Simpan cake dalam kulkas hingga set baru disiram dengan ganache.
4. Untuk membuat motif ambil sedikit ganache dan cream cheese frosting, satukan dan aduk hingga rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga dan siap digunakan untuk membuat motif sesuai selera

Panjaaang ya resepnya, tapi sebenarnya gak rumit kok. Sementara menunggu cake matang, kita bisa membuat cream cheese frosting dan ganache, jadi bisa menghemat waktu. Menurut saya cake ini lebih oke dibuat di personal cup aja ya. Lebih gampang makannya. In shaa Allah next time pengen nyobain bikin versi ekonomisnya. Maklum bahan-bahan cake ini juga tidak mudah didapatkan oleh teman-teman yang tinggal di daerah. Pengennya sih suatu saat saya bikin pakai cream cheese homemade dan juga ganache ekonomis. Smoga malesnya gak dateng duluan ya hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

11 komentar

komentar
Thursday, 22 September 2016 at 05:30:00 GMT+7 delete

Baru buka blog mba Nina lagi, trus baca ada cake berhantu. Jadi penasaran, langsung saya klik, oohhh kirain bentuknya menyeramkan eh cantik begitu. 😃😀😁

Reply
avatar
Saturday, 24 September 2016 at 14:08:00 GMT+7 delete

Assalamu alaikum bun, terima kasih ya sdh sharing resepnya kliatannya enak sekali smg nanti bisa dicoba tp 1 cup itu brp gram ya atau pakai cup apa? Tqvm..😊😊

Reply
avatar
Tuesday, 27 September 2016 at 22:33:00 GMT+7 delete

Waalaykumsalam warahmatullah
Pakai measuring cup yang memang khusus untuk di takaran membuat kue. Bisa digugling ya dengan keyword "konversi cup ke gram" karena masing-masing bahan beda. Makasih

Reply
avatar
Thursday, 29 September 2016 at 11:41:00 GMT+7 delete

Mba, itu loyang ukuran 20x20 kah? kalo diitung2 modalnya gede yaa, hihi

Reply
avatar
Thursday, 29 September 2016 at 20:04:00 GMT+7 delete

untuk versi ekonomis apa saja yg bisa disubtitute?

Reply
avatar
Thursday, 29 September 2016 at 21:01:00 GMT+7 delete

iya mbak bahan2nya lumayan juga makanya mending dicoba bikin versi ekonomis

Reply
avatar
Thursday, 29 September 2016 at 21:02:00 GMT+7 delete

cream cheese bisa bikin sendiri dari susu dan keju cheddar trus ganache bisa bikin yang dari campuran susu dan cooking coklat

Reply
avatar
Saturday, 29 October 2016 at 12:47:00 GMT+7 delete

Assalamualaikum...
Mba nina, untuk bikin ganache nya kalau ga ada whipping cream yg cair pakai apa yah?? Apa bisa pakai yg bubuk?? Soalnya di merauke cuma ada yg bubuk aja. Mohon jawabannya. Makasih mba nina

Reply
avatar
Sunday, 5 March 2017 at 11:10:00 GMT+7 delete

Enaak deh kayanya...
Mba... itu habis brpa duit untk buat smuanya????

Reply
avatar